Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Infused Water? Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Apa Manfaat Infused Water? Berikut Penjelasan Ilmiahnya


Seiring dengan tren masa kini minum air yang dicampur dengan potongan buah buah segar, sayuran, dan atau ramuan herbal lainnya. Minuman ini lebih dikenal dengan nama detox water / infused water. Dan kadang bisa juga disebut dengan air rasa buah. Cara membuat infused water ini berbeda dengan membuat jus yang langsung menggunakan blender dan menjadikan buah atau sayuran menjadi bentuk yang mudah diminum.

Cara membuat infused water ini sangat sederhana, yaitu dengan cara memotong bahan baku yang ingin digunakan berdasarkan selera atau resep yang tersedia dan menambahkan air minum hangat atau dingin. Jika ingin menggunakan air dingin, perendaman 1 - 12 jam di rekomendasikan untuk proses infus bahan buah atau sayur menjadi lebih efektif. Atau bisa juga dengan menumbuk beberapa bahan baku sehingga rasa dan nutrisinya lebih cepat keluar. Beberapa jenis buah yang digunakan tentu saja sesuai selera beberapa resep di dunia maya antara lain infused water timun plus daun mint, lemon plus jahe, blackberry plus jeruk, lemon plus lada, semangka plus mint, jeruk plus lemon, apel plus kayu manis dan lain sebagainya.

Beberapa manfaat mengkonsumsi minuman infused water ini di KLAIM dapat membuat:

  • Berkurangnya berat badan
  • Menambah energi
  • Meningkatkan sistem imun
  • Menyeimbangkan ph tubuh
  • Mengeluarkan racun tubuh
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan kecantikan tubuh

Hal tersebut dikarenakan nutrisi dari buah yang direndam dalam air bisa keluar dan bercampur dalam air. Tetapi apakah hal yang di klaim tersebut SESUAI dengan FAKTA PENELITIAN? Berikut ini kami jelaskan beberapa fakta dan mitos terkait manfaat infused water bagi kesehatan.

FAKTA KESEHATAN Manfaat Infused Water


Kadar nutrisi yang terkandung dalam infused water tergantung pada bahan baku yang digunakan dan ke efektifan proses infusi. Tetapi beberapa fakta kesehatan yang diklaim dari manfaat infused water sebenarnya bisa di lacak dari manfaat minum air itu sendiri terutama air putih atau air mineral. Hal tersebut karena nutrisi yang didapat dari air infused ini tidak sebanyak yang di duga jika tidak dimakan beserta buah atau sayuran yang menjadi bahan utama infused water.

Jadi meminum infused water dapat memberikan dampak kesehatan jawabannya adalah IYA, tetapi karena efek dari air putih itu sendiri bukan dari nutrisi yang ter infus kedalam air, karena jumlahnya yang minim. Walaupun hal tersebut bisa diakali jika kita juga ikut memakan buah atau sayurannya. Selain itu dengan meminum infused water yang rasa nya sesuai dengan keinginan, membuat kita ingin rutin meminum air sehingga kebutuhan air dalam tubuh menjadi tercukupi dan akhirnya potensi kesehatan akibat jumlah air putih yang optimum dalam tubuh juga ikut meningkat.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan


Meminum Air bisa membantu tubuh kita untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut juga berlaku saat kita meminum air infused ini. Meminum Air putih telah menunjukan peningkatan sementara laju metabolisme tubuh sehingga membakar sedikit lebih banyak kalori.

Studi tahun 2007 dari Michael Boscmann peneliti dari Universitary Medicine Berlin menunjukan bahwa meminum setengah liter air dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sebanyak 30 persen selama kurang lebih satu jam. Faktanya orang yang meminum jumlah air yang cukup sesuai rekomendasi ahli dokter dapat menjalani program pengurangan berat badan dengan lebih baik dari jumlah berat badan yang hilang. Hal tersebut sebagaimana dinyatakan oleh Jodi D Stookey tahun 2008 dari Children's Hospital Oakland Research Institute Amerika Serikat. tentu saja program penurunan berat badan tidak hanya bergantung pada minum air putih saja tetapi beberapa faktor lain seperti pola hidup sehat dan olah raga

Suatu studi tahun 2009 dari Department of Human Nutrition, Foods and Exercise, Virginia Tech di Virginia Amerika Serikat menunjukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan rutin mengkonsumsi air setengah liter sebelum makan utama mereka, cenderung dapat kehilangan 40 persen lebih banyak berat badan dibandingkan dengan yang tidak.

Salah satu faktor kenapa hal tersebut bisa terjadi dapat dijelaskan karena peningkatan metabolisme sementara akibat meminum air dalam jumlah yang cukup dan juga karena efek air yang mengubah tingkat keinginan kita untuk makan. Tentu saja jika kita banyak minum air atau sepertiga ruang perut kita untuk air, dapat mengurangi rasa lapar dan dengan minum air yang cukup sebelum makan dapat membuat kita makan lebih sedikit (Parretti HM, 2015)

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


Proses Hidrasi atau penggantian cairan tubuh dengan cara meminum air putih merupakan hal yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan gerak usus. Dehidrasi yang banyak dapat membuat tubuh menjadi sembelit dan menjadikan rasa tidak nyaman menurut peneliti Barry M Popkin dari Department of Nutrition, University of North Carolina Amerika Serikat pada jurnalnya tahun 2010. dengan meminum air yang cukup dapat membantu makanan lewat pada sistem pencernaan dengan mudah dan dapat mencegah terjadinya sembelit

3. Meningkatkan Energi


Penelitian menunjukan Hasil penelitian pada tahun 2014 yang dipublikasikan oleh The British Journal of Nutrition bahwa jika tubuh mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dalam jumlah 1 persen saja dapat menjadikan emosi kita menjadi berkurang, konsentrasi menurun serta dapat mengakibatkan sakit kepala

Selain itu Nathalie Pross peneliti dari Biotrial Neuroscience, Didenheim, Perancis pada tahun 2014 menyatakan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi kurang dari 1,2 liter air per hari kemudian ditambah asupannya menjadi 2,5 liter per hari maka mereka cenderung lebih senang, lebih berenergi dan lebih tenang

4. Meningkatkan Fungsi Imun


Manfaat infused water dalam meningkatkan fungsi imun rasanya sangat berlebihan mengingat kandungan nutrisi dalam buah yang mengalir kedalam air bervariasi dan cenderung sangat sedikit untuk setiap bahan baku yang digunakan. Walaupun demikian bukan tidak mungkin karena penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2006 dari Jurnal Annals of Nutrition & Metabolism menunjukan vitamin c (seperti pada buah) dapat meningkatkan sistem kekebalah tubuh.

Fungsi sebagai peningkat imun tubuh masih tidak sebanyak jus buah atau memakan buah utuh karena lebih banyak kandungan yang dikonsumsi. Karena Penelitian dari Centre for Public Health, Queen's University Belfast tahun 2012 menunjukan mengkonsumsi buah dan sayur yang di jus dapat juga meningkatkan imun tubuh. Maka dengan demikian jika kita hendak mengkonsumsi infused water lebih baik juga memakan buah atau sayur yang menjadi bahan baku utama nya untuk mendapatkan semua nutrisi yang terkandung didalamya

Mitos Seputar Manfaat Infused Water



1. Mengeluarkan Racun atau Detoksifikasi Tubuh


Detoksifikasi adalah salah satu klaim yang dimiliki dari produk produk infused water ini dengan cara mengeluarkan racun racun pembawa penyakit keluar dari tubuh. Walaupun sebenarnya tubuh memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Menurut studi dari penelitian Faculty of Medicine and Health Sciences di Australia tidak tampak bukti atau hasil secara nyata bahwa suatu produk dapat meningkatkan pengeluaran racun tersebut atau membuatnya menjadi lebih efisien.

Faktor utama kenapa manfaat infused water berfungsi sebagai detoks merupakan mitos, karena sedikitnya bukti atau penelitian ilmiah yang mendukung hal tersebut, salah satunya seperti jenis racun spesifik apa yang dikeluarkan dan dihilangkan dengan metode ini. Sehingga sampai ada penelitian lain yang mendukung teori ini maka masih dikatakan hal ini sebagai mitos

2. Menyeimbangkan PH Tubuh


Mitos yang kedua adalah infused water dapat memberikan manfaat sebagai penyeimbang PH tubuh dengan alasan bahwa minuman tersebut dapat meningkatkan kadar alkaline dalam tubuh dan kemudian dapat berdampak pada meningkatnya kesehatan. Namun pada studi dari peneliti Geneva University Hospitals and Faculty of Medicine tahun 2013 menunjukan bahwa secara ilmiah atau saintis tidak dimungkinkan mengubah kadar PH dalam tubuh seperti PH darah atau PH sel melalui makanan yang kita makan.

3. Menjadikan Lebih Cantik/Tampan


Mitos yang ke tiga adalah manfaat infused water untuk meningkatkan penampilan. Beberapa orang mengklaim bahwa air infus ini dapat membuang racun dalam kulit dan meningkatkan penampilannya. Dari penelitian University of North Carolina Amerika Serikat tahun 2010 menunjukan bahwa klaim tersebut memiliki sedikit bukti. Serta perubahan yang tampak saat mengkonsumsi air tidak sampai meningkatkan penampilan kulit. Kecuali jika kita mengalami dehidrasi yang parah sehingga menyebabkan kondisi kulit tidak bagus kemudian meminum cukup air setelahnya, barulah tampak perbedaannya. Serta tidak cukup bukti bahwa air detoks atau infused water ini lebih efektif dalam menangani hal tersebut dibanding air biasa.

Pendapat Para Ahli


Menurut Dr. Joshua Thurman nephrologist dan Professor of Medicine di University of Colorado School of Medicine menyatakan: Meminum Cairan yang cukup merupakan hal yang penting, beberapa orang mungkin lebih suka mengkonsumsi infused water menjadikannya lebih mudah untuk tetap terhidrasi. Secara umum penambahan nutrisi mungkin merupakan hal yang biasa terutama bagi orang orang yang menerapkan pola makan yang biasa. Di satu sisi, infused water secara spesifik tidak mengandung jumlah gula yang signifikan dan tidak ada efek buruk meminumnya

Menurut Dr. Robert Parker ia menyatakan: ada 3 elemen penting yang penting bagi tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup. Ke tiga elemen penting tersebut adalah udara atau oksigen, air, dan nutrisi dari makanan. Hidrasi yang cukup adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pada tingkat sel sel tubuh. Setiap sel dalam tubuh manusia bergantung pada air untuk menunjang fungsi yang baik.

Menurut Dr. Arturo Olivera seorang gastroenterologist dari Advocate Illinois Masonic Medical Center di Chicago Amerika Serikat menyatakan bahwa, manfaat kesehatan yang diklaim dari detox water (atau infused water) ini sebagian besar karena air nya itu sendiri. Walaupun dengan meminum infused water ini dapat mendapatkan beberapa manfaat serta terlihat lebih menyenangkan dan menawan, tetapi aktifitas meminum air tersebutlah yang memberikan manfaat terbesar.

Beberapa manfaat yang diklaim sebagai mana dijelaskan diatas seperti penurunan berat badan, mengeluarkan racun, meningkatkan imun tubuh, meningkatkan tingkat energi, dan fungsi pencernaan yang lebih baik, menurut Dr Arturo bahwa beberapa potensi manfaat tersebut berkaitan langsung dengan meminum air itu sendiri (infused water dan air biasa memiliki manfaat yang sama) walaupun tidak ada ruginya juga menambahkan beberapa bahan bahan tambahan untuk di infuse kan. Hal tersebut bisa memotivasi kita untuk meminum lebih banyak air karena minum air putih biasa kadang bisa terasa membosankan.

Infused water memiliki sangat sedikit kalori karena proses infusi beberapa kandungan buah tidak seperti dengan minuman jus yang lebih banyak mengandung kalori. Dan mengenai manfaat infused water untuk menurunkan berat badan yang langsung bisa berpengaruh terhadap berat badan kita Dr Arturo menambahkan bahwa pola makan yang sehat serta cukup melakukan olah raga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai dan menjaga tingkat berat badan yang menyehatkan. Dan meminum infuse water atau air putih yang cukup saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang efektif dalam menurunkan berat badan. Selain itu dirasa lebih baik mengkonsumsi minuman infuse ini dibanding dengan kebiasan mengkonsumsi minuman yang tinggi gula dan kalori. Jika keduanya sama sama memiliki rasa yang sama sama enak bagi lidah kita.

Di sisi lain Buah buahan serta sayur mayur (seperti Buah pepaya, Buah jeruk lemon, Buah Naga, Tomat Sereh dan lainnya) telah diketahui manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun dibandingkan jika seseorang mengkonsumsi infused water. Menurut Dr Arturo Olivera buah dan sayuran memiliki nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan yang terinfus kedalam air meskipun melakukannya juga tidak mengapa. Yang terpenting masing tetap mengkonsumsi jumlah buah dan sayur yang sesuai rekomendasi.

Berbagai Macam Resep Infused Water


Untuk lebih memotivasi kita mengkonsumsi air yang mungkin bosan jika hanya mengkonsumsi air putih biasa, berikut ini kami sediakan beberapa resep infused water yang mungkin cocok dengan lidah kita:

A. Strawberi plus Mint

Bahan: Strawberi 6 - 8 potong (3 buah - 5 buah), Daun Mint satu mangkok kecil, air dingin satu liter, Es batu. Butuh 12 jam agar terinfus sempurna

B. Lemon plus Jeruk Nipis plus Timun

Bahan: 12 potong lemon (dari lemon ukuran sedang), 12 jeruk nipis (2 buah), 16 potong timun (bisa menggunakan ukuran 15 cm), 4 gelas air. Jumlah potongan buah bisa sesuai selera. Butuh 2 - 4 jam agar terinfus sempurna

C. Nanas plus Mint

Bahan : Nanas (ukuran 1,5 kg), 1 liter air atau 4 gelas air, 2-4 tangkai mint. Dihabiskan dalam satu hari agar tidak berubah rasa. Tetapi jika dalam kulkas bisa tahan sampai 3 hari.

D. Jahe Plus Lemon

Bahan : Jahe dengan berat 30 - 40 gram, 1 buah lemon ukuran sedang sampai besar. Satu liter atau 4 gelas air putih. Potongan lemon bisa diperas dalam air sebelum dimasukan agar nutrisi keluar semua.

E. Strawberi Plus Lemon

Bahan: 1 buah lemon, 1 gelas buah strawberi, 10 daun mint (komposisi bisa ditambah sesuai selera). setelah dipotong potong dan dimasukan bisa disimpan kedalam kulkas selama 4 jam sebelum disajikan

F. Kiwi Plus Mint

Bahan: 3-4 buah kiwi sehar, 4 gelas air atau setara dengan satu liter, satu genggam penuh daun mint segar. Setelah dipotong potong dan dijadikan satu dalam air, bisa disimpan di dalam lemari es selama paling tidak 2 jam atau semalaman.

G. Lemon plus Mint

Bahan: 4 gelas air atau setara dengan 1 liter air putih, 3 sendok gula (opsional) 3 buah lemon, 6 tankai mint. Sebelum memasukan lemon lebih baik di peras terlebih dahulu. Setelah selesai dipotong potong, dapat di masukan dalam kulkas dan ditunggu paling tidak 2 jam sebelum dikonsumsi

Penutup


Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa manfaat infused water yang diklaim berbagai pihak lebih kepada manfaat meminum air minum itu sendiri karena nutrisi yang terinfus kedalam air sangat minim dan tidak konsisten. Kandungannya pun tidak sebanyak meminum jus buah atau jus sayur serta mengkonsumsi buah dan sayur secara utuh. Namun mengkonsumsi infused water dirasa sangat baik jika hal tersebut memotivasi kita untuk rutin minum air dalam jumlah yang cukup serta memakan buah atau sayur infusi tadi setelah selesai.

Dan infused water tentu lebih baik dibandingkan tidak menerima asupan air minum yang cukup dan lebih baik juga dibandingkan mengkonsumsi minuman yang banyak sekali mengandung gula seperti soda. Sehingga jika mengkonsumsi infused water dapat mengubah pola makan kita dari meminum minuman yang tidak sehat, maka tidak ada salahnya mulai menerapkan tren infused water ini.

Jadi kesimpulannya infused water baik tetapi tidak sebaik yang kita duga, dan untuk mendapatkan beragam manfaatnya tentu saja harus diimbangi dengan asupan makanan sehat lainnya. Demikianlah artikel tentang manfaat infused water untuk kesehatan dan beberapa penjelasan mengenai manfaat serta mitos yang diklaim dari infused water ini, semoga dapat menjadi penambah wawasan serta menjadikan kita lebih sadar akan kesehatan kita, sekian terimakasih…

infografik mitos manfaat infused water

Daftar Pustaka


Bonjour JP. Nutritional disturbance in acid-base balance and osteoporosis: a hypothesis that disregards the essential homeostatic role of the kidney. Br J Nutr. 2013;110(7):1168‐1177. doi:10.1017/S0007114513000962

Boschmann M, Steiniger J, Franke G, Birkenfeld AL, Luft FC, Jordan J. Water drinking induces thermogenesis through osmosensitive mechanisms. J Clin Endocrinol Metab. 2007;92(8):3334‐3337. doi:10.1210/jc.2006-1438

Dennis EA, Dengo AL, Comber DL, et al. Water consumption increases weight loss during a hypocaloric diet intervention in middle-aged and older adults. Obesity (Silver Spring). 2010;18(2):300‐307. doi:10.1038/oby.2009.235

Parretti HM, Aveyard P, Blannin A, et al. Efficacy of water preloading before main meals as a strategy for weight loss in primary care patients with obesity: RCT. Obesity (Silver Spring). 2015;23(9):1785‐1791. doi:10.1002/oby.21167

Pross N, Demazières A, Girard N, et al. Effects of changes in water intake on mood of high and low drinkers. PLoS One. 2014;9(4):e94754. Published 2014 Apr 11. doi:10.1371/journal.pone.0094754

Stookey JD, Constant F, Popkin BM, Gardner CD. Drinking water is associated with weight loss in overweight dieting women independent of diet and activity. Obesity (Silver Spring). 2008;16(11):2481‐2488. doi:10.1038/oby.2008.409

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Infused Water? Berikut Penjelasan Ilmiahnya"