Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Terluas di Dunia dari zaman dahulu Hingga Sekarang

Negara Terluas di Dunia dari zaman dahulu Hingga Sekarang


Negara pasti memiliki Penduduk, Pemerintahan, dan yang penting juga adalah wilayah kekuasaan. Wilayah kekuasaan suatu negara bisa didapatkan dari kerelaan warga suatu daerah mengikuti pemerintahan negara yang di maksud atau diambilnya wilayah suatu negara akibat terjadinya perang antar negara.


Beberapa negara pada masa lalu memiliki luas yang berbeda dengan yang ada pada saat ini. Jika pada masa modern kita mengetahui bahwa Rusia adalah negara terluas di dunia membentang lebih dari 17 juta kilometer, tetapi pada beberapa ratus tahun yang lalu ada negara yang lebih besar yang berdiri di muka bumi ini.

Contoh kedua adalah Negara Belanda yang dulu luasnya lebih besar dibandingkan dengan yang sekarang karena wilayah jajahan nya termasuk negara Indonesia juga terhitung sebaai luas wilayah negara belanda. Tetapi setelah negara Indonesia Merdeka, Belanda kehilangan kuasa atas wilayah kita sehingga hanya menyisakan wilayah asli mereka yang terletak di benua Eropa

Contoh lainnya adalah Kekuasaan Romawi tahun 117 dengan Kekuasaan negara Italia pada zaman modern. Atau kekuasaan Jepang pada tahun 1945 dibandingkan dengan Negara Jepang pada masa sekarang dan Masih banyak lagi contoh contoh negara yang dahulunya lebih besar dari sekarang.

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas Negara Terluas di dunia yang pernah ada di dunia termasuk yang sudah runtuh atau yang masih ada. Berikut daftar nya:

1.Kekaisaran Inggris --- 35 juta Km²


Kekaisaran Inggris merupakan negara dengan luas wilayah terbesar yang pernah ada di muka bumi ini. Meliputi kurang lebih 35 500 000 kilo meter persegi, menjadikan negara ini menguasai 24 persen total permukaan bumi yang ada. Kekuasaan puncak kekaisaran Inggris ini mencapai puncaknya pada tahun 1920. dan tercatat pernah memiliki jumlah penduduk 412 juta orang atau 23 persen total penduduk dunia dan merupakan jumlah yang sangat besar pada saat itu.



Ekspansi wilayah kekaisaran Inggris dimulai saat keinginan negara ini melebarkan sayap perdagangannya dan kekuasaannya saat zaman Penjelajahan berlangsung. Pada saat zaman penjelajahan atau Age of Discovery ini, beberapa negara Eropa termasuk Inggris berlomba lomba mendirikan koloni untuk tinggal di tempat yang baru dan melebarkan kekuasaan mereka untuk mendapatkan berbagai macam sumber daya alam yang berharga. 

Dengan kekuasaan yang besar tersebut, negara ini pada masa lalu di istilahkan sebagai “The empire on which the sun never sets” atau kekaisaran yang matahari tidak pernah terbenam. Karena setiap saat kekaisaran ini paling tidak mendapatkan pancaran sinar matahari di wilayahnya yang lain di muka bumi saat wilayah lain tidak.

2.Kekaisaran Mongol --- 24 juta km²


Kekaisaran Mongol merupakan salah satu kekaisaran yang terbesar di dunia sekitar abad ke 13 - 14. dibawah kekuasaan Temujin yang di gelari Genghis Khan Mongol memiliki kekuasaan hingga 12 juta kilometer persegi, saat masa penerusnya yaitu Kublai Khan kekuasaan Mongol sampai 23,5 juta kilometer persegi. Dan mencapai puncaknya pada tahun 1309 mencapai 24 juta kilometer persegi.



Tetapi setelahnya, perebutan kekuasaan oleh para penerusnya mengakibatkan mulai runtuhnya kekaisaran mongol ini. Dari negara terluas di dunia saat itu kemudian terbagi menjadi 4 wilayah kekuasaan besar. Yaitu Golden Horde, Ilkhanate, Chagatai Khanate, dan Dinasti Yuan di China.

Tercatat hanya beberapa Negara yang beruntung bisa menang melawan kekaisaran mongolia. Diantaranya adalah kekalahan Mongol di Ain Jalut yang menyelamatkan Negara Mamluk dari kehancuran pada saat itu, kemudian ada negara Jepang yang terselamatkan karena “bantuan” alam yang menyebabkan kerusakan kapal Mongol. Lalu kekalahan invasi mongol ke wilayah Nusantara pada saat itu. Dan beberapa kekalahan lainnya.

3.Kekaisaran Rusia --- 22 juta km²


Negara terluas di dunia yang pernah ada selanjutnya adalah kekaisaran Rusia. Kekaisaran Rusia tentu saja berbeda dengan Rusia yang ada sekarang, baik dari segi wilayahnya, dan sistem pemerintahan yang di pakai. Jika Rusia pada zaman modern ini menggunakan Presiden dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara. Maka kekaisaran rusia pada saat itu menggelari pemimpin tertinggi mereka sebagai Kaisar. Beberapa Kaisar yang terkenal adalah Peter yang Agung dan Katerina yang Agung. 



Kekaisaran Rusia dimulai pada tahun 1721 hingga 1917 dan mencapai puncak wilayahnya mencapai 22 juta kilometer persegi dari Eropa TImur hingga ke Alaska di benua Eropa. Namun Kekaisaran Rusia kemudian runtuh akibat revolusi berdarah kaum Bolsheviks yang membunuh kaisar terakhir Kekaisaran Rusia beserta keturunannya pada saat itu dan mengganti sistem kekaisaran dengan Komunis yang akhirnya menjadi Uni Soviet.

4.Rusia --- 17 juta km²


Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Negara Rusia dan Kekaisaran Rusia memiliki sistem pemeritahan yang berbeda. Selain itu wilayah nya pun banyak memiliki perbedaan. Beberapa negara pecahan Kekaisaran Rusia diantaranya adalah Ukraina, Polandia, Kazakhstan, Rusia dan beberapa negara lainnya. Dan negara Rusia lah yang mendapatkan pecahan wilayah paling besar.




Kekaisaran Rusia yang sebelumnya memiliki wilayah alaska juga tidak dimiliki Negara Rusia pada saat ini karena kekaisaran Rusia menjual WIlayah tersebut kepada Amerika Serikat karena khawatir perlindungan wilayah tersebut di masa mendatang. Meskipun demikian, Rusia modern sekarang ini masih menjadi negara terkuat di dunia ke dua dari segi militer setelah AMerika Serikat

5.Kekaisaran Spanyol --- 13,7 juta km²



Kekaisaran Spanyol memiliki daerah kekuasaan yang luas di Benua Amerika atau disebut dengan “Dunia Baru” pada saat itu. Istilah dunia baru mulai mengemuka saat ditemukannya sebuah benua baru di barat benua eropa yang kemudian pada akhirnya benuar tersebut dinamakan benua Amerika. Penaklukan benua Amerika oleh spanyol pada saat itu bisa di bilang sangat berdarah menimbulkan korban jiwa dari suku asli seperti Suku Aztek Suku Maya, dan Suku Inca.




Kekaisaran Spanyol berlangsung mulai dari tahun 1492 hingga 1976 dan mencapai wilayah puncak nya pada abad ke 18 mencapai 13,7 juta km² atau 10,17 persen total wilayah darat permukaan bumi. Setelah itu beberapa negara perlahan lahan mulai memerdekakan diri dari kekaisaran Spanyol hingga Spanyol kehilangan banyak wilayahnya sampai pada wilayahny yang sekarang ini.

6.Dinasti Qing --- 12 juta km²


Dinasi Qing yang ada di China memiliki luas wilayah sekitar 12 juta km² (9 persen luas daratan bumi) atau sumber lain ada yang mengatakan hingga 14, 7 juta km km² atau 10,91 persen wilayah permukaan daratan bumi. Dinasti ini berlangsung mulai tahun 1636 hingga 1912. Ekonomi Dinasti Qing pada saat itu menjadi perhatian banyak negara Eropa yang ingin melakukan perdagangan dengan China. Tetapi akibat tertinggalnya teknologi Dinasti Qing pada saat itu, mereka kalah dalam beberapa kali perang dengan negara Eropa dan salah satu yang paling terkenal adalah Perang Opium 1 dan perang opium 2 saat melawan Inggris.





Selain beberapa Negara diatas, berikut ini adalah negara negara lainnya yang memiliki luas wilayah yang cukup luas :

7.French colonial empire ke dua

Luas Wilayah : 11.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 8.53%
Pada Tahun : 1920 

8.Umayyad Dinasty

Luas Wilayah : 11.1 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 8.24%
Pada Tahun : 720 

9.Abbasid Dinasty

Luas Wilayah : 11.1 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 8.24%
Pada Tahun : 750  

10.Yuan dynasty

Luas Wilayah : 11.0 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 8.16%
Pada Tahun : 1310

11.Kanada

Luas Wilayah : 9.9 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 7,1%

12.Republik Rakyat China

Luas Wilayah : 9.59 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 6,9%

13.Amerika Serikat

Luas Wilayah : 9.52 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 6,9 %

15.Xiongnu Empire

Luas Wilayah : 9.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 6.68%
Pada Tahun : 176 BC  

16.Brazil (modern)

Luas Wilayah : 8,5 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 6,3%


17.Empire of Brazil

Luas Wilayah : 8.337 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 6.19%
Pada Tahun : 1889 

18.Australia

Luas Wilayah : 7,6 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 5,6%


19.Empire of Japan

Luas Wilayah : 7.4 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 5.49%
Pada Tahun : 1938

20.Iberian Union

Luas Wilayah : 7.1 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 5.27%
Pada Tahun : 1640 

21.Eastern Han dynasty

Luas Wilayah : 6.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 4.82%
Pada Tahun : 100 

22.Ming dynasty

Luas Wilayah : 6.5 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 4.82%
Pada Tahun : 1450  

23.Khulafaur Rasyidin

Luas Wilayah : 6.4 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 4.75%
Pada Tahun : 655 

24.Western Han dynasty

Luas Wilayah : 6.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 4.45%
Pada Tahun : 50 SM 

25.Göktürk Khaganate
Luas Wilayah : 6.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 4.45%
Pada Tahun : 557  

26.Golden Horde Khanate

Luas Wilayah : 6.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 4.45%
Pada Tahun : 1310  

27.Achaemenid Empire

Luas Wilayah : 5.5 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 4.08%
Pada Tahun : 500 SM  

28.Portuguese Empire ke dua

Luas Wilayah : 5.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 4.08%
Pada Tahun : 1820 

29.Tang dynasty

Luas Wilayah : 5.4 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 4.01%
Pada Tahun : 715

30.Macedonian Empire

Luas Wilayah : 5.2 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.86%
Pada Tahun : 323 SM  

31.Ottoman Empire

Luas Wilayah : 5.2 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.86%
Pada Tahun : 1683  

32.Roman Empire

Luas Wilayah : 5.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.71%
Pada Tahun : 117  

33.Tibetan Empire

Luas Wilayah : 4.6 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.41%
Pada Tahun : 800  

34.Timurid Empire

Luas Wilayah : 4.4 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.27%
Pada Tahun : 1405  

35.Fatimid Dinasty

Luas Wilayah : 4.1 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 3.04%
Pada Tahun : 969  

36.Hunnic Empire

Luas Wilayah : 4.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.97%
Pada Tahun : 441  

37.Hephthalite Empire

Luas Wilayah : 4.0 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.97%
Pada Tahun : 470 

38.Eastern Turkic Khaganate

Luas Wilayah : 4.0 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.97%
Pada Tahun : 624 

39.Mughal Empire

Luas Wilayah : 4.0 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.97%
Pada Tahun : 1690  

40.Seleucid Empire

Luas Wilayah : 3.9 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.89%
301 SM  

41.Great Seljuq Empire

Luas Wilayah : 3.9 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.89%
Pada Tahun : 1080  

42.Italian Empire

Luas Wilayah : 3.798 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.82%
Pada Tahun : 1938

43.Ilkhanate

Luas Wilayah : 3.75 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.78%
Pada Tahun : 1310  

44.Western Xiongnu
Luas Wilayah : 3.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.60%
Pada Tahun : 20 

45.Sasanian Empire
Luas Wilayah : 3.5 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.60%
Pada Tahun : 550  

46.Western Turkic Khaganate

Luas Wilayah : 3.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.60%
Pada Tahun : 630 

47.Chagatai Khanate

Luas Wilayah : 3.5 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.60%
Pada Tahun : 1310  

48.Maurya Empire

Luas Wilayah : 3.4 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.52%
Pada Tahun : 261 SM

49.Ghaznavid Empire
Luas Wilayah : 3.4 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.52%
Pada Tahun : 1029  

50.French colonial empire Pertama
Luas Wilayah : 3.4 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.52%
Pada Tahun : 1670 

51.India (modern)

Luas Wilayah : 3,2 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 2,4%


52.Delhi Sultanate (Tughlaq dynasty)
Luas Wilayah : 3.2 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.37%
Pada Tahun : 1312  

53.German colonial empire

Luas Wilayah : 3.199 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.37%
Pada Tahun : 1912 

54.Western Jin dynasty

Luas Wilayah : 3.1 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.30%
Pada Tahun : 280 

55.Uyghur Khaganate
Luas Wilayah : 3.1 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.30%
Pada Tahun : 800  

56.Song dynasty
Luas Wilayah : 3.1 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.30%
Pada Tahun : 980  

57.Sui dynasty

Luas Wilayah : 3.0 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.23%
Pada Tahun : 589 

58.Samanid Empire

Luas Wilayah : 2.85 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.12%
Pada Tahun : 928  

59.Median Empire
Luas Wilayah : 2.8 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.08%
Pada Tahun : 585 SM 

60.Parthian Empire

Luas Wilayah : 2.8 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.08%
Pada Tahun : 0 Masehi  

61.Eastern Jin dynasty

Luas Wilayah : 2.8 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.08%
Pada Tahun : 347 

62.Rouran Khaganate
Luas Wilayah : 2.8 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi : 2.08%
Pada Tahun : 405  

63.Argentina

Luas Wilayah : 2,7 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 2,05%

64.Kazakhstan

Luas Wilayah : 2,7 juta km²  
Setara dengan area daratan bumi kurang lebih : 2,02%
65.Byzantine Empire
Luas Wilayah : 2.7 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 2.00%
Pada Tahun : 555

66.Indo-Scythian Kingdom
Luas Wilayah : 2.6 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 1.93%
Pada Tahun : 20 

67.Liao dynasty

Luas Wilayah : 2.6 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 1.93%
Pada Tahun : 947

68.Greco-Bactrian Kingdom
Luas Wilayah : 2.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 1.86%
Pada Tahun : 184 SM 

69.Later Zhao

Luas Wilayah : 2.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 1.86%
Pada Tahun : 329 

70.Maratha Empire

Luas Wilayah : 2.5 juta km²
Setara dengan area daratan bumi : 1.86%
Pada Tahun : 1760


Demikian lah artikel Negara Terluas di Dunia pada dari zaman dahulu hingga sekarang, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Sekian terimakasih…
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Negara Terluas di Dunia dari zaman dahulu Hingga Sekarang"