Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah? Berikut Pembahasannya

Apa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah? Berikut Pembahasannya


Jeruk Nipis merupakan salah satu buah yang dikenal luas oleh masyarakat indonesia. Salah satu nya dengan mencampurkannya pada makanan atau menggunakannya salam sabun pencuci piring serta cara lainnya. Tetapi jeruk nipis ini juga bisa dijadikan ramuan dan digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kita terutama kulit pada wajah. Dalam artikel ini kita akan membahas 9 manfaat jeruk nipis untuk wajah kita serta beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi, berikut ini daftarnya:

1. Mengurangi Bakteri Pada Kulit Wajah



Kerusakan Wajah yang disebabkan oleh jerawat mungkin bisa saja terjadi saat kotoran, minyak, atau sel kulit mati menghambat pori pori kulit wajah. Akibatnya adalah munculnya bakteri yang tejebak pada pori pori tersebut yang bisa menyebabkan inflamasi dan membuat menjadi kemerahan pada wajah dan bisa menimbulkan rasa sakit. 

Membersihkan wajah dengan jeruk nipis bisa membantu menangani bakteri yang tumbuh akibat jerawat. Hal tersebut karena jeruk nipis mengandung properti anti biotik alami. Penelitian pada tahun 2006 dari jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menunjukan bahwa saat berbagai macam jenis bakteri seperti e coli dan staphylococcus aureus dengan jeruk nipis maka akan mengalami perlambatan pertumbuhan pada bakteri ini.

2. Mengecilkan Pori Pori Kulit Wajah


Astringent adalah kandungan yang ada dalam jeruk nipis yang mampu secara sementara mengencangkan kulit. Dengan demikian astringents bisa digunakan untuk menambah penampilan kulit wajah. Zat astringent juga bisa mengurangi produksi minyak pada kulit kita sehingga bisa menambah kecerahan dan kebersihan kulit. Selain itu zat ini juga terdapat dalam berbagai macam produk kecantikan yang di jual belikan di luar sana. Sehingga manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah bisa mengecilkan pori porinya.

3. Menghilangkan Sel Yang Telah Mati pada Kulit


Manfaat jeruk nipis untuk wajah selanjutnya adalah bisa mengangkat sel kulit mati. Diketahui Asam bisa mengelupas keluar sel sel yang telah mati pada kulit. Metode ini terkenal di kalangan perawatan kecantikan spa dan telah digunakan bertahun tahun sebagai ramuan rumahan yang bisa meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit wajah. Jeruk nipis merupakan buah keluarga cirtus yang mengandung asam sitrat. Selain sebagai penambah rasa dan aroma, asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis juga diketahui dapat membantu kulit kita untuk menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Dengan hilangnya sel kulit mati yang menumpuk pada wajah maka sel sehat yang sebelumnya tertumpuk sel mati bisa tampak dan keluar memungkinkan wajah untuk menjadi lebih terpancar dan cerah. 

4. Membantu Melawan Jerawat


Manfaat lain jeruk nipis adalah dengan membersihkan sel kulit mati yang tertumpuk dapat menjadikan pori pori kita lebih sehat dan tidak menimbulkan jerawat. Selain itu juga terdapat astringent suatu zat yang memiliki tingkat asam. Astringent ini memiliki PH yang tinggi sehingga bisa membantu mengurangi inflamasi dan minyak yang dihasilkan, karena keduanya mungkin bisa membentuk jerawat pada kulit wajah kita. Selain zat astingent, kandungan jeruk nipis adalah asam sitrat yang bisa membantu mengurai sel kulit mati yang jika tidak ditangani maka akan muncul jerawat. Hal tersebut karena asam sitrat pada jeruk nipis merupakan tipe Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang telah digunakan oleh industri produk perawatan kulit.

5. Mengobati Bintik Hitam Pada Kulit


Ramuan jus jeruk nipis diketahui dapat berperan sebagai agen pemutih karena kandungan alaminya yang bisa mencerahkan kulit. Sehingga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit hitam. Salah satu caranya adalah dengan mengusap air jus jeruk nipis dengan kain atau kapas kemudian usapkan di daerah kulit yang menghitam. Tetapi lebih baik tetap di rumah dan tunggu 30 menit sebelum di basuh, karena kulit yang di usap dengan ramuan ini bisa sensitif terhadap cahaya matahari.

6. Kandungan Anti Penuaan


Dengan bertambahnya usia dan semakin lama terkena sinar UV matahari, maka melanin yang bertugas memberikan warna kulit bisa terkumpul dan tertumpuk pada kullit, sehingga bisa mejadikan kulit kita menghitam serta gejala gejala penuaan lain. Manfaat Jeruk nipis untuk wajah bisa digunakan sebagai bahan alami yang memperlambat atau menghambat produksi melanin. Caranya adalah dengan menggosok kulit wajah dengan kupasan jeruk nipis atau dengan menggunakan masker wajah yang mengandung parutan jeruk nipis. Cara tersebut diyakini dapat menjadi solusi kulit yang seakan akan menua dan juga hyper pigmentasi.

7. Jika Dikonsumsi Dipercaya Bisa Mencerahkan Kulit


Dengan adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh baik melalui makanan yang kita konsumsi, saat terpapar polusi atau cara lainnya maka efeknya dapat terjadi kerusakan pada sel tubuh yang berkontribusi terhadap penuaan dan jaringan tubuh yang tidak sehat. Kandungan jeruk nipis salah satunya adalah vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan. Zat anti oksidan ini dapat menyerap atau menetralisir efek radikal bebas dan mengeluarknnya melalui urin kita. Menurut USDA National Nutrient database, dalam 100 gram jeruk nipis mentah, terdapat 29,1 mg vitamin C dan 50 IU vitamin A. 

Menambahkan jeruk nipis kedalam pola makan kita dapat mencegah dan atau mengurangi sirkulasi radikal bebas yang sudah terlanjur masuk dalam tubuh kita. Dengan berkurangnya radikal bebas yang ada dalam tubuh ini bisa mengurangi kerusakan jaringan kulit kita dan mengurangi tanda tanda penuaan yang kemudian menyehatkan kulit. Jika kulit kita sehat terutama kulit wajah, maka kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan lebih muda.

8. Dipercaya Bisa Mengatasi Psoriasis


Psoriasis adalah peradangan kulit yang ditandai dengan ruam merah pada kulit, kulit menjadi kering, seperti bersisik mudah terkelupas dan terasa tebal. Dugaan penyebab penyakit ini masih belum diketahui secara pasti, tetapi diperkirakan terjadi akibat kelainan pada imunitas tubuh atau faktor gen. 

Dengan salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah sebagai penghilang sel kulit mati, maka dimungkinkan jeruk nipis juga bisa meringankan gejala kulit yang mengidap Psoriasis dan lama kelamaan bisa mengikis kulit hitam atau kulit yang tebal. Kandungan yang ada seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) juga turur meningkatkan kesehatan kulit.

9. Meningkatkan Kolagen yang Bagus Untuk Wajah


Kolagen sebenarnya merupakan protein yang secara alamiah terurai seiring dengan bertambahnya usia. Saat semakin banyak kolagen yang menghilang, maka kulit wajah kita akan terlihat garis garis dan kerutan menjadikannya seperti gejala penuaan. Kolagen juga bisa rusak saat terdapat radikal bebas yang menyerang zat ini, menjadikan kolagen lebih cepat berkurang dari yang seharusnya.

Kandungan anti oksidan yang terdapat pada jeruk nipis seperti Vitamin C dapat mencegah radikal bebas ini yang bisa merusak kolagen pada tubuh kita, dengan kolagen yang normal pada tubuh kita, maka kulit wajah akan tampak lebih sehat dan lebih lembut.

Efek Samping Yang Mungkin Terjadi



Jeruk nipis memiliki beberapa efek samping khususnya pada orang orang yang memiliki jenis kulit sensitif. Atau alergi terhadap jeruk nipis. Berikut ini kami berikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi jika kita tidak mengolah ramuan jeruk nipis dengan benar:

1. Bisa membuat Kulit Iritasi


Salah satu kandungan jeruk nipis adalah cairan asamnya. Walaupun tidak sekuat dengan asam keras lainnya tetapi tetap saja terkena cairan asam dari jeruk nipis yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Kondisi tersebut bisa menjadi lebih buruk saat kulit kita termasuk dalam kulit yang sensitif.

2. Menjadi Lebih Sensitif Terhadap Sinar UV


Menurut PubMed Central National Institutes of Health di Amerika, Efek Negatif lainnya adalah jika kita mengoleskan cairan jeruk nipis langsung ke kulit maka bisa terjadi peningkatan sensitifitas kulit terhadap sinar UV dari Matahari. Jika kulit kita menjadi lebih sensitif, maka akan terjadi inflamasi pada kulit kita. Hal ini dalam bahasa kedokteran disebut dengan phytophotodematitis

3. Merusak Gigi


Jika kita mengkonsumsi jeruk nipis dengan berlebihan, maka zat asam yang ada pada jeruk nipis akan menjadikan gigi kita rusak. Hal tersebut juga berlaku bagi keluarga buah jeruk yang lain yang mengandung kandungan asam yang cukup tinggi.

Penutup


Bisa disimpulkan bahwa jeruk nipis memiliki beberapa efek positif bagi kulit wajah kita karena kandungan yang dimiliki buah ini. Tetapi jika kita menggunakan atau membuat ramuan jeruk nipis ini asal asalan dan tanpa panduan yang benar, maka efek negatif atau efek samping juga bisa kita rasakan. Selain itu juga tidak disarankan menggunakannya secara berlebihan termasuk menggunakannya dalam jangka waktu lama yang tidak sesuai dengan petunjuk ahli kesehatan. Disarankan juga bagi yang mengkonsumsinya untuk mengkombinasikan dengan buah, atau sayur jenis lain, bukan hanya untuk meningkatkan motivasi kita agar tidak bosan tetapi juga bisa melengkapi manfaat lain yang dibutuhkan bagi tubuh kita.

Demikianlah artikel tentang manfaat jeruk nipis untuk wajah dan pembahasaannya, mudah mudahan informasi diatas bisa menjadi pembuka wawasan kita dan menambah ilmu kesehatan kita serta menjadi salah satu cara untuk menyehatkan kulit wajah kita. Sekian terimakasih…




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah? Berikut Pembahasannya"