Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Jeruk Lemon? Berikut 14 Manfaatnya

manfaat jeruk lemon

Apa Manfaat Jeruk Lemon? Berikut 14 Manfaatnya


Lemon adalah Buah buahan yang termasuk dalam keluarga Citrus (satu keluarga dengan Jeruk). Lemon memiliki banyak kandungan gizi, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang paling banyak terdapat dalam buah ini adalah Vitamin C dan mineral yang terbanyak adalah Kalium. Berikut adalah kandungan Jeruk Lemon untuk setiap 100 gramnya:

Energi 29 kcal

Kalium 138 mg
Kalsium 26 mg
Fosfor 16 mg
Magnesium 8 mg
Sodium 2 mg
Zat besi 0,6 mg
Zinc 0,06 mg
Tembaga 0,037 mg
Mangan 0,03 mg

Vitamin C 53 mg
Vitamin B4 5,1 mg
Vitamin B5 0,19 mg
Vitamin E 0,15 mg
Vitamin B6 0,08 mg
Vitamin B1 0,04 mg
Vitamin B2 0,02 mg
Vitamin B3 0,1 mg
Vitamin B9 11 mikrogram
Vitamin A 1 mikrogram

Protein 1,1 gram
Lemak 0,3 gram
Karbohidrat 9,32 gram

Dengan kandungan buah jeruk lemon diatas maka dibawah ini dapat kita lihat beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat jeruk lemon untuk jantung

Manfaat jeruk lemon yang pertama adalah ia dapat menjaga kesehatan Jantung kita. Lemon dikenal dengan sebagai sumber vitamin C yang baik. Penelitian menunjukan jika kita memakan buah buahan atau sayur mayur yang kaya akan vitamin C maka akan mengurangi resiko penyakit jantung. Tidak hanya Vitamin C pada lemon yang bagus untuk kesehatan jantung kita tetapi kandungan lain seperti serat juga secara signifikan mengurangi resiko sakit jantung. 

2. Mengurangi Kolestrol Dalam Darah

manfaat jeruk lemon untuk kolestrol darah

Suatu Studi menyatakan bahwa mengkonsumsi 24 gram ekstrak serat citrus setiap hari selama sebulan bisa mengurangi kolestrol yang ada dalam darah. Selain itu menurut publikasi medis dari National Institute of Healt bahwa kandungan dalam lemon yaitu hesperidin dan diosmin diketahui dapat menurunkan tinkat kolestrol dalam tubuh. Tentu saja di tambah dengan kandungan Vitamin C semakin membuat buah ini mampu melawan tingkat kolestrol dalam tubuh.

3. Berpotensi Mencegah Batu Ginjal

manfaat jeruk lemon untuk ginjal

Sebagaimana yang kita tahu, batu ginjal adalah padatan yang terbentuk dari sisa proses dalam tubuh. Ternyata asam sitrat bisa membantu mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan volume urin dan sekaligus meningkatkan PH urin. Menjadikannya kombinasi yang sulit bagi batu ginjal untuk terbentuk. Dengan mengkonsumsi 1/2 gelas jus lemon atau setara dengan 125 ml per hari, bisa memberikan asam sitrat yang dibutuhkan bagi tubuh. Walaupun ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa lemon bisa mencegah batu ginjal tetapi perlu penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

4. Mengurangi Resiko Kanker

manfaat jeruk lemon untuk kanker

Diet yang sehat dengan buah buahan dan sayuran yang bergizi bisa membantu kita mencegah dari resiko kanker. Suatu penelitian National Institute of Health di Amerika Serikat menyatakan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi buah Citrus (termasuk Jeruk) bisa menurunkan resiko kanker dan beberapa ada yang mengatakan lemon bisa membunuh sel kanker, walaupun efeknya mungkin berbeda untuk setiap orang.

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

manfaat jeruk lemon untuk pencernaan

Lemon terdiri dari 10% karbohidrat yang sebagian besar tersusun atas serat yang mudah terlarut dan beberapa jenis gula sederhana. Serat utama pada lemon adalah pektin. Serat ini bisa meningkatkan kesehatan pecernaan kita. Tetapi serat yang menyehatkan ini perlu dikonsumsi bersamaan dengan bulir lemonnya, jika dibuat jus tanpa bulir kemungkinan kita akan kehilangan manfaat dari serat ini.

6. Melindungi Dari Anemia

manfaat jeruk lemon untuk anemia

Sedikitnya kadar Besi dalam tubuh dapat menimbulkan Anemia, dan terjadi karena kita kurang mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat besi. Buah lemon mengandung kadar zat besi yang bisa membantu anemia. Walaupun zat besi pada buah sulit dicerna tubuh, tetapi kandungan vitamin C dan asam sitrat bisa membuat tubuh mudah menyerap zat besi ini dan kedua zat pembantu penyerapan zat besi ini secara kebetulan juga terdapat dalam buah lemon

7. Membantu Menkontrol Berat Badan

manfaat jeruk lemon untuk berat badan

Salah satu manfaat Jeruk Lemon adalah mampu bertindak sebagai media diet mengkontrol berat badan. Beberapa teori kenapa lemon bisa melakukannya adalah karena ada serat pektin yang berguna bagi pencernaan kita yang akan mengembang saat masuk kedalam perut dan menjadikan kita kenyang lebih lama. Karena kita merasa kenyang lebih lama tentu saja ada dorongan untuk mengkonsumsi lebih sedikit makanan yang akhirnya dapat membatasi terbentuknya lemak atau berat badan.

8. Mengurangi Resiko Strok

manfaat jeruk lemon untuk strok

Menurut Penelitian pada tahun 2012 menunjukan bahwa flavonoids pada buah buahan sitrus bisa membantu mengurangi terjadinya strok pada wanita. Penelitian lain menunjukan dari sekitar 70 ribu wanita diatas 14 tahun yang mengkonsumsi buah buahan stitrus (seperti lemon) 19% lebih tahan terhadap resiko strok dibandingkan dengan yang tidak. Penelitian tahun 2019 dari nature Research menunjukan bahwa jika rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoids dapat melindungi dari penyakit kanker dan jantung.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

manfaat jeruk lemon untuk kulit

Vitamin C yang terdapat pada buah lemon, berperan penting dalam pembentukan kolagen yang dibutuhkan untuk menjaga kulit. Jika kulit kita banyak terkena paparan sinar matahari, berbagai macam polusi, karena penuaan, atau faktor lainnya, maka vitamin C merupakan bahan alami yang dapat mencegah kerusakan kulit tersebut.

10. Mencegah Asma

manfaat jeruk lemon untuk asma

Orang orang dengan gejala Asma yang mengkonsumsi vitamin C dan nutrisi lain dimungkinkan akan mengalami kambuh yang lebih sedikit dibanding yang tidak. Hal tersebut di kutip dari AACI Journal dari Biomedcentral. Selain itu penelitian tersebut menyatakan bahwa Vitamin C juga dimungkinkan untuk orang orang yang mengalami masalah pernapasan bronchial walaupun perlu penelitian lebih lanjut.

11. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat jeruk lemon untuk imun

Manfaat Jeruk Lemon lainnya adalah bisa meningkatkan Imun tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan buah ini kaya akan Vitamin C dan jenis Antioksidan lain yang akan memperkuat imun tubuh dalam menghadapi kuman penyebab demam dan flu. Vitamin C juga bisa mempersingkat sakit demam yang kita rasakan dibanding yang tidak mengkonsumsinya.

12. Mengkontrol Gula Darah

manfaat jeruk lemon untuk gula darah

Kandungan buah lemon terutama seratnya berguna untuk meningkatkan kesehatan perut serta berfungsi memperlambat pencernaan Pati dan Gula. Karena gula diserap jauh lebih lama, maka efek selanjutnya adalah dimungkinkannya kadar gula dalam darah kita akan lebih terkontrol dan terjaga bahkan menguranginya untuk beberapa saat. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan National Institutes of Health di Amerika  Serikat.

13. Menyegarkan Nafas

manfaat jeruk lemon untuk menyegarkan nafas

Cara mendapatkan nafas yang bagus adalah dengan mencampurkan lemon dengan segelas air caranya dengan memeras buah lemon yang sudah dibelah dua. Kemudian ditambahkan dengan air hangat atau air ingin. Lebih baik menggunakan Lemon yang Organik atau yang tanpa kimiawi. Kemudian ditambahkan penyegar lain seperti Mint, atau sirup sesuai dengan selera. Manfaat yang bisa kita dapatkan adalah mencegah mulut yang kering dan bisa berakibat pada tumbuhnya bakteri yang ada di mulut.

14. Sumber Kalium Yang Bagus


Lemon memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dengan kalium ini bisa bagus untuk kesehatan jantung, dan juga untuk meningkatkan Fungsi saraf tubuh kita.

Penutup 


Lemon merupakan salah satu buah yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi alangkah baiknya jika kita menggabungkan atau mengkombinasikan dengan makanan makanan yang lain untuk lebih melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. Dan juga yang patut di perhatikan adalah segala sesuatunya tidak baik juga dikonsumsi berlebihan termasuk mengkonsumsi buah lemon dan lebih baik mengkonsumsinya dengan kadar yang cukup. Demikianlah artikel tentang manfaat jeruk lemon untuk kesehatan kita. Mudah mudahan informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian terimakasih…

Daftar Pustaka:




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Jeruk Lemon? Berikut 14 Manfaatnya"