Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Buah Plum? Berikut Hasil Penelitiannya


Apa Manfaat Buah Plum? Berikut Hasil Penelitiannya


Buah Plum merupakan Buah yang bentuknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dan bentuknya seperti ukuran batu. Salah satu varian yang paling dikenal adalah varian buah plum yang berwarna ungu gelap sampai yang berwarna merah dengan daging buah berwarna kuning. Walaupun tidak sepopuler buah lainnya di Indonesia ternyata berbagai penelitian menunjukan manfaat buah plum yang luar biasa bagi kesehatan kita. Untuk itu berikut ini kami tampilkan beberapa manfaat dan khasiat dari buah ini:

1. Memiliki Nutrisi Yang Luar Biasa


Manfaat Buah Plum yang pertama adalah buah ini memiliki banyak nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Paling tidak buah ini memiliki lebih dari 15 vitamin dan mineral yang berbeda serta serat dan antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh kita

Menurut nutritiondata.self.com, Buah plum memiliki kadar kalori yang rendah dan memiliki vitamin dan mineral yang penting. Dalam satu porsi buah plum mengandung nutrisi sebagai berikut:

Kalori : 30
Vitamin A : 5% Kebutuhan Tubuh
Vitamin C: 10% Kebutuhan Tubuh
Vitamin K: 5% Kebutuhan Tubuh
Kalium : 3% Kebutuhan Tubuh
Zat Tembaga: 2% Kebutuhan Tubuh
Zat Mangan: 2% Kebutuhan Tubuh
Karbohidrat: 8 gram
Serat: 1 gram
Gula: 7 gram

Untuk Buah Plum dengan porsi agak besar atau 165 gram. Maka berikut ini adalah kandungannya

Kalori : 76
Serat 2,3 gram
Vitamin C : 15,7 gram atau 26% Kebutuhan Tubuh
Vitamin K : 10,6 mikrogram atau 13% Kebutuhan Tubuh
Vitamin A : 569 IU atau 11% Kebutuhan Tubuh
Kalium : 7% Kebutuhan Tubuh
Zat Tembaga: 5% Kebutuhan Tubuh
Zat Mangan: 4% Kebutuhan Tubuh
Karbohidrat: 18,8 gram
Serat: 2,3 gram atau 9% Kebutuhan Tubuh
Gula: 16,4 gram

Sebagai tambahan yang lain, satu buah plum juga memiliki kandungan Vitamin B, Fosfor, dan Magnesium. Tetapi zat zat ini berada dalam jumlah yang sedikit.

2. Buah Plum Kaya Akan Kandungan Antioksidan


Bua plum memiliki kandungan anti oksidan yang banyak dan berguna untuk mengurangi inflamasi yang terjadi dan melindungi sel tubuh kita dari kerusakan. Jika kita memiliki pola hidup yang tidak sehat atau terpapat polusi yang berbahaya, maka zat zat radikal bebas dapat masuk kedalam tubuh kita dan radikal bebas ini akhirnya akan merusak sel sel dalam tubuh kita. Dengan adanya kandungan antioksidan dalam buah plum ternyata dapat menangkap radikal bebas yang telah masuk kedalam tubuh kita dan membantu tubuh untuk mengeluarkannya.

Antioksidan yang banyak dalam buah plum contohnya adalah polyphenol yang berkhasiat bagus untuk kesehatan tulang kita dan dimungkinkan mengurangi resiko sakit jantung dan diabetes. Hal tersebut dikemukakan dalam penelitian dari Ezinne O Igwa tahun 2016 dalam jurnal Phytotherapy Research.

Faktanya dalam studi dari peneliti University of California pada tahun 2002 menunjukan bahwa buah plum sebenarnya memiliki kandungan polyphenol antioksidan lebih banyak 2 kali dari buah buahan lain yang mungkin lebih populer seperti buah Nectarine dan Peach

Dalam Laboratorium dan dari peneliti Department of Food Science and Technology Cornell University di Amerika Serikat yang dilakukan terhadap hewan menunjukan bahwa polyphenol dalam buah plum merupakan kandungan yang sangat kuat melawan inflamasi dan juga efek lain seperti mencegah kerusakan pada sel el tubuh yang nantinya bisa menjadi penyakit penyakit tertentu di masa yang akan datang.

Tipe Polyphenol dalam buah Plum yang paling berpengaruh adalah Anthosianin yang juga merupakan antioksidan. Zat anthosianin ini bisa membawa efek kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita termasuk didalamnya melindungi kita dari resiko penyakit jantung dan resiko penyakit kanker.

Selain itu Royal Society of Chemisty menunjukan polyphenol dalam buah plum yang dikeringkan menunjukan manfaat yang bagus dalam mengurangi inflamasi yang berkaitan dengan penyakit pada persendian dan pada paru paru.
 

3. Bisa Menurunkan Tingkat Gula Darah


Buah Plum memiliki kandungan yang dapat membantu mengkontrol tingkat gula dalam darah. Meskipun buah ini termasuk buah yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak, tetapi ternyata buah plum ini tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan gula darah saat selesai memakannya. Hal tersebut karena buah ini bisa memicu meningkatnya tingkat adiponectin suatu zat hormon yang berperan penting dalam regulasi gula dalam darah.

Sebagai tambahan serat pada buah plum bisa juga menyebabkan efek pada tingkat gula darah agar menurun. Dengan kerja memperlambat tubuh untuk menyerap karbohidrat saat setelah makan menjadikan gula dalam darah kita meningkat secara bertahap dan tidak langsung meninggi. Hal ini sesuai dengan penelitian dari World Journal of Diabetes pada tahun 2014.

Penelitian Jurnal Kesehatan BMJ pada tahun 2013 menunjukan bahwa mengkonsumsi buah seperti buah Plum dan sejenisnya menunjukan bisa mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2 pada tubuh kita. Selain itu haruslah juga diperhatikan juga asupan makanan yang masuk dan konsumsi buah yang tidak terlalu berlebihan.

Bahan Bahan Bioaktif yang memiliki peran lainnya dalam penurunan tingkat gula darah adalah Sorbitol, Asam Quinic, Asam Chlorogenik, Vitamin K1, Zat Tembaga, Kalium dan Boron. Berbagai macam komponen ini bekerja bersamaan untuk membantu kita melawan resiko diabetes.

4. Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Jantung


Mengkonsumsi Buah Plum segar atau buah plum yang dikeringkan (Prem / Prune) dengan rutin ternyata bisa memberikan efek yang bagus untuk perlindungan dan kesehatan jantung kita. Keduanya terlah diteliti karena potensi nya sebagai buah yang mampu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi kita serta tingkat kolestrol dalam tubuh. Kedua faktor tersebut terkenal karena merupakan beberapa diatara faktor terbesar penyebab penyakit jantung.

Publikasi Medis dari National Institutes of Health di Amerika Serikat menunjukan dengan meminum jus prem dan memakan nya 3 atau 6 buah setiap pagi selama delapan minggu dapat mengurangi secara signifikan tingkat tekanan darah, jumlah kolestrol yang terdapat dalam tubuh, serta Kolestrol jahat LDL dibandingkan dengan orang orang yang hanya mengkonsumsi air putih setiap pagi saat perut masih kosong.

Studi dari peneliti Departmen of Nutrition University of California menunjukan bahwa pria yang sebelumnya telah didiagnosis dengan tingkat kolestrol yang tinggi akan menurun tingkat kolestrol jahat LDL nya setelah mengkonsumsi 12 buah plum kering setiap hari selama delapan minggu. Hasil yang sama juga terjadi saat penelitian ini dilakukan pada subjek berupa binatang percobaan.

Efek Positif pada kesehatan jantung dari buah plum dan prem ini dimungkinkan karena tingginya kandungan serat, antioksidan dan kalium. Walaupun terlihat menjanjikan, tetapi penelitian yang lain juga harus dilakukan untuk melihat apakah ada efek samping terhadap manusia. Karena penelitian diatas masih berada pada tahap awal.

5. Buah Plum Yang Dikeringkan Berpotensi Menyehatkan Tulang


Buah Plum Kering atau prem dimungkinkan meningkatkan kesehatan tulang. Sebagaimana Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Florida State of University menunjukan bahwa Mengkonsumsi Prem dapat mengurangi resiko osteoporosis dan osteopenia serta berbagai berbagai kelainan tulang akibat kurangnya kepadatan tulang.

Tidak hanya menjaga kerusakan tulang tetapi Prem diketahui dapat mengganti kerusakan tulang yang mungkin telah terjadi. Walaupun masih belum jelas bagaimana cara Prem melakukannya tetapi diketahui bahwa kandungan antioksidannya cukup baik untuk mencegah inflamasi.

Sebagai tambahan Penelitian diatas juga menghasilkan kesimpulan bahwa memakan buah plum kering dapat meningkatkan beberapa hormon yang ada dalam tubuh dan hormon hormon ini memiliki fungsi dalam pembentukan tulang.

Prem juga mengandung beberapa Vitamin dan Mineral yang meningkatkan daya perlindungan tulang pada tubuh, diantaranya adalah kandungan Vitamin K, Kandungan Fosfor, Magnesium dan Kalium. Dengan semua penelitian yang dilakukan diatas masih dalam batas percobaan pada hewan karena minimnya penelitian yang dilakukan terhadap manusia. Meskipun demikian penelitian yakin bahwa jika dibandingkan dengan buah lain, buah ini tampaknya memiliki efek yang paling berpotensi mengurangi degradasi tulang.

6. Jika Dikeringkan Buah Plum Juga memiliki Kandungan Yang Luar Biasa


Sebagaimana dijelaskan diatas, buah plum kering atau Prem (dalam bahasa inggris Prunes) juga memiliki efek positif yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah kandungan 1 buah plum kering seberat 28 gram:

Kalori : 67
Vitamin B6 : 3% Kebutuhan Tubuh
Vitamin B3 : 3% Kebutuhan Tubuh
Vitamin B2 : 3% Kebutuhan Tubuh
Vitamin K : 21% Kebutuhan Tubuh
Vitamin A : 4% Kebutuhan Tubuh
Kalium : 6% Kebutuhan Tubuh
Karbohidrat : 18 Gram
Serat : 2 Gram
Gula : 11 Gram
Zat Tembaga : 4% Kebutuhan Tubuh
Zat Mangan : 4% Kebutuhan Tubuh
Zat Magnesium : 3% Kebutuhan Tubuh
Fosfor : 2% Kebutuhan Tubuh 

Jika dibandingkan dengan buah plum yang belum diolah, maka kandungan vitamin dan mineral pada satu porsi buah plum dan prem berbeda sedikit, Prem memiliki kandungan Vitamin K yang lebih banyak dibandingkan dengan Plum serta kandungan Vitamin B dan beberapa mineral. Tetapi Prem memiliki tingkat kalori yang banyak dibandingkan dengan buah plum yang masih segar. Meskipun demikian keduanya tetap baik bagi tubuh dan kesehatan kita.

7. Prem Dimungkinkan Untuk Meredakan Sembelit


Kandungan Prem menjadikannya memiliki kemampuan untuk meredakan sakit sembelit kita, hal tersebut karena buah plum kering memiliki kandungan serat yang sebagian besar tidak larut dalam air menjadikannya tidak mudah tercampur bersama. Pada penelitian University of Kentucky tahun 2009 menunjukan Prem bisa menjadi salah satu media untuk mencegah sembelit dengan cara menambahkan padatan pada kotoran yang akan dibuang serta dapat mempercepat tingkat kecepatan kotoran bergerak pada saluran pencernaan. Sebagai Tambahan Prem mengandung Sorbitol yang merupakan salah satu bentuk gula yang memiliki efek pencahar alami.

Memakan Prem diketahui menunjukan hasil yang bagus dalam mengobati sembelit menurut penelitian School of Medicine King’s College London tahun 2014. dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa Prem lebih efektif dibandingkan berbagai pencahar lain seperti Psyllium yang merupakan salah satu bentuk serat. Dalam suatu Kasus penelitian, orang yang mengkonsumsi 50 gram Prem setiap hari selama 3 minggu dilaporkan memiliki tingkat buang air yang konsisten serta frekuensi yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok orang yang mengkonsumsi Psyllium.

Tetapi perlu digaris bawahi jika kita mengkonsumsi terlalu banyak buah plum kering saat bersamaan maka akan timbul efek samping yang tidak mengenakan seperti diare. Untuk itu lebih baik untuk mengkonsumsinya dalam batas wajar yaitu sekitar 44 - 87 gram setiap hari. Jika dijadikan jus dipastikan bahwa kita tidak menambahkan jus tersebut dengan gula dan dengan porsi sekitar 120 - 240 milliliter per hari.

8. Dimungkinkan Untuk Mencegah Kanker


Penelitian menemukan bahwa Serat dan Polyphenol pada Buah Plum kering bisa membantu menurunkan faktor resiko dan kanker. Ekstrak Plum juga dapat membunuh sebagian besar sel kanker ganas dari kanker Payu dara, yang lebih bagus lagi efek ini tidak berlaku bagi sel sel sehat lainnya. Efek ini dimungkinkan karena dua komponen kandungan plum yaitu Chlorogenic dan Asam neochlorogenik. Dua kandungan ini sebenarnya banyak ditemukan di buah buahan lainnya tetapi pada buah plum kandungan ini lebih banyak (Journal of Agricultural and Food Chemistry).

9. Meningkatkan Kesehatan Kognitif


Studi dari Peneliti Taipei Medical University menunjukan bahwa polyphenol pada buah plum bisa meningkatkan fungsi kognitif pada tubuh kita dan menurunkan tingkat kolestrol pada organ otak kita, ha ini juga berarti bisa mengurangi resiko terkena penyakit neurodegeneratif.

Penelitian yang dilakukan pada hewan tikus menunjukan bahwa mengkonsumsi jus plum terbukti efektif untuk melawan berkurangnya fungsi kognitif yang terjadi karena penuaan, hal ini tidak berlaku pada Plum bubuk kering. Selain itu Asam Chlorogenik pada Plum dan Prem juga bisa mengurangi rasa kegelisahan kita (Jurnal Scientifica Kairo)

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat buah Plum yang terakhir menunjukan bahwa buah plum berpotensi bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Penelitian ini dilakukan oleh Animal and Natural Resources Institute (di Amerika Serikat) pada hewan unggas dengan cara memberi makan unggas yang diteliti dengan buah plum. Hasilnya terlihat bahwa unggas dapat kembali sehat dari penyakit parasit. Walaupun begitu penelitian ini masih dalam tahapan awal sehingga efeknya terhadap manusia masih harus lebih di teliti.

Efek Negatif


Disamping beragam efek positif diatas yang menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa efek negatif yang mungkin kita rasakan saat terlalu banyak mengkonsumsi buah plum atau produk turunan lainnya.

1.Perut Menjadi Kembung dan Bergas


Banyak Makan buah plum kering dengan berlebihan bisa menjadikan tubuh kita menjadi kembung karena kandungan serat yang terlalu banyak. Jika terlalu banyak gas yang dihasilkan maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Hal ini juga berpengaruh bagi yang menjalankan diet tinggi serat.

2.Bisa menyebabkan Diare


Kandungan buah plum yang terlalu banyak masuk tubuh akan mengakibatkan beragam permasalahan tubuh salah satunya adalah terkena penyakit diare. Dan jika terlalu banyak air yang hilang akibat diare maka bisa menyebabkan dehidrasi bagi tubuh kita

3.Bahaya Keracunan


Mengkonsumsi Buah plum dan buah plum kering dalam jumlah dikit mungkin tidak akan terlalu berpengaruh bagi kesehatan kita, tetapi bila terlalu banyak maka kandungan Acrylamide pada buah ini bisa menjadi zat yang berbahaya dan menyebabkan tubuh kita keracunan zat ini.

4.Meningkatkan Berat Badan


Karena Buah Plum baik yang segar dan kering memiliki kandungan kalori dan gula yang tidak sedikit, maka jika kita terlalu banyak mengkonsumsi buah ini ada kemungkinan bahwa berat badan kita akan bertambah. Hal tersebut mungkin akan menjadi lebih buruk jika kita jarang melakukan olah raga sehingga kalori yang masuk dalam tubuh tidak akan keluar dengan mudah dan semakin menumpuk didalam tubuh kita.

Penutup


Manfaat Buah Plum ternyata Sangat Banyak dan baik bagi kesehatan kita, selain itu buah ini bisa diolah menjadi berbagai camilan yang menyehatkan seperti menjadikannya buah plum kering atau menambahkan buah plum ini kedalam es krim, Kue, makanan penutup dan snak lainnya. Meskipun sebaiknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah ini karena beberapa efek samping mungkin saja terjadi seperti perut yang menggembung atau dilarang dimakan bagi yang menderita penyakit batu ginjal.

Jika kita termasuk kelompok yang alergi atau merasa menjadi sakit setelah mengkonsumsi buah plum ini alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter atau konsultan kesehatan karena beberapa orang mungkin tidak bisa menerima kandungan yang ada di dalam buah plum

Demikianlah artikel tentang manfaat buah plum bagi kesehatan kita berdasarkan hasil penelitian yang ada. Mudah mudahan informasi diatas dapat menjadi pengetahuan yang berguna bagi kita dan menjadikan kita lebih paham tentang manfaat dari buah plum. Sekian terimakasih…

Daftar Pustaka:




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Buah Plum? Berikut Hasil Penelitiannya"