Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Buah Pir? Berikut Hasil Penelitiannya

Apa Manfaat Buah Pir? Berikut Hasil Penelitiannya

Apa Manfaat Buah Pir? Berikut Hasil Penelitiannya


Buah Buahan tentu saja memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi, tidak terkecuali adalah buah pir. Buah ini walaupun mungkin di Indonesia tidak setenar buah buah lain seperti mangga, Pisang atau Pepaya tetapi ternyata memiliki banyak khasiat didalam kandungannya. Berikut ini adalah pembahasannya:

1. Kandungan Nutrisi Yang Luar Biasa


Buah pir adalah buah yang cukup manis dan memiliki berbagai macam serat didalamnya. Buah ini juga memiliki kandungan anti oksidan, komponen nabati yang baik untuk tubuh serta bebas lemak dan kolestrol dan cocok untuk pola diet serat kita.

Buah Pir memiliki beragam varietas, diantara yang paling populer adalah varietas Barlett, Bosc, dan D’anjou. Selain varietas yang paling populer tersebut masih ada lagi 100 macam buah pir yang tersebar di seluruh penjuru Dunia. Menurut FoodData Central dari departemen agrikultur Amerika Serikat, dalam buah pir ukuran sedang ( 178 gram) maka dapat memiliki kandungan sebagai berikut:

Kalori : 101
Vitamin C : 12% AKG
Vitamin K : 6% AKG
Zat Kalium : 14% AKG
Zat Tembaga : 16% AKG
Protein : 1 gram
Serat : 6 gram
Karbohidrat : 27 gram

Kandungan dalam jumlah sedikit diantaranya:
Kalsium
Zat Besi
Magnesium
Riboflavin
Vitamin B6
Folate

Selain kandungan diatas, menurut PubMed (publikasi medis di Amerika Serikat) dalam satu porsi buah pir yang sama dapat mengandung Provitamin A, Folate, dan Niacin. Folate dan Niacin merupakan zat yang penting bagi fungsi sel tubuh serta penting bagi produksi energi. Sedangkan provitamin A membantu kesehatan kulit serta penyembuhan luka

Manfaat Buah Pir salah satunya adalah dengan kandungan mineral penting yang kaya seperti kalium dan zat tembaga. Zat tembaga memiliki peran penting dalam imunitas tubuh, metabolisme kolestrol, dan terkait juga dengan fungsi saraf kita. Sedangkan kalium memiliki peran untuk membantu otot melakukan kontraksi serta menjaga fungsi jantung kita.

Buah ini juga memiliki kandungan polyphenol yang baik bagi tubuh kita karena berfungsi sebagai antioksidan. Anti oksidan ini berfungsi melindungi sel tubuh kita dari kerusakan yang disebabkan proses oksidatif. Dalam penelitian dari National Institute of Health di Amerika Serikat, menyatakan bahwa memakan buah pir sekaligus dengan kulitnya akan meningkatkan asupan kandungan polyphenol dalam tubuh. Hal tersebut karena kulit buah pir memilliki kandungan polyphenol lebih banyak enam kali dibandingkan daging buahnya.

2. Bisa meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan


Manfaat buah pir yang kedua adalah buah ini memiliki kandungan serat yang mudah tercerna dan serat yang tidak mudah tercerna yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat serat ini akan menjaga Usus dalam melakukan tugasnya dengan melembutkan dan menumpuk kotoran. Hal tersebut sesuai dengan Publikasi medis dari NUTRIENT yang dipublikasikan pada tahun 2013 lalu. Dalam satu buah pir berukuran sedang atau 178 gram terdapat serat sebanyak 6 gram atau 22% dari kebutuhan harian kita.

Manfaat yang lain dari serat ini adalah dapat memberikan asupan makanan bagi bakteri yang baik didalam tubuh atau biasa disebut dengan prebiotik. Bakteri bakteri yang baik ini sering di kaitkan dengan kesehatan imunitas kita. Serat juga bisa membantu kita meredakan masalah sembelit. 

Dalam penelitian yang berlangsung selama 4 minggu, 80 orang dewasa dengan masalah sembelit diberikan dosis 24 gram pektin yang merupakan salah satu jenis serat yang bisa ditemukan dalam buah buahan. Dosis diberikan adalah per hari selama orang tersebut mengalami sembelit. Setelah itu hasil penelitian menunjukan sembelit mereka menjadi lebih mereda dan meningkatnya kesehatan bakteri baik yang terdapat dalam usus. Dengan demikian juga menjadi lebih baik jika kita memakan buah pir tanpa dikupas agar mendapatkan kandungan serat yang lebih banyak. 

3. Bisa Menyehatkan Tubuh 


Manfaat Buah pir ternyata cukup banyak untuk kesehatan tubuh, hal tersebut karena buah ini memiliki komponen tumbuhan yang baik untuk tubuh. Contohnya adalah komponen anthosianin yang memberikan warna merah rubi pada beberapa jenis buah pir. Anthosianin ini menurut penelitian bisa meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat pembuluh darah. Penelitian lainnya menunjukan bahwa anthosianin pada buah buahan berries yang cukup banyak, jika dikonsumsi maka akan ada penurunan resiko terjadinya penyakit jantung. Walaupun anthosianin dari buah pir belum diteliti lebih lanjut tetapi kandungan anthosianin berries dan pir kemungkinan hampir sama.

Selain itu beberapa varietas buah pir memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Kedua komponen ini penting untuk meningkatkan penglihatan kita agar tetap tajam terutama saat umur kita semakin bertambah. Dan kandungan ini terletak pada kulit buahnya, jadi memang disarankan untuk mengkonsumsi buah pir dengan sekaligus kulitnya dan tidak dikupas agar mendapatkan kandungan zat yang berguna tersebut.

Buah pir bisa juga untuk meningkatkan kesehatan sel tubuh. Karena kandungan phytonutrient nya semacam zat mirip dengan flavonoid. Kandungan ini bisa berfungsi sebagai penetralisir dari radikal bebas yang kemungkinan telah masuk kedalam tubuh kita. Kandungan radikal bebas yang banyak dalam tubuh bisa mengakibatkan kerusakan sel dalam tubuh sehingga jika radikal bebas ini di netralisir bisa membuat sel kita menjadi lebih sehat.

4.  Memiliki Kandungan Anti Inflamasi


Walaupun Inflamasi biasanya bisa ditangani dengan sistem kekebalan tubuh kita tetapi jika suadh menjadi tahap kronis atau dalam jangka panjang, hal tersebut bisa saja mempengaruhi kondisi keseluruhan kesehatan tubuh. Karena jika dibiarkan maka bisa komplikasi dengan penyakit lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Buah pir merupakan buah dengan kandungan flavonoid yang kaya, dan flavonoid ini merupakan anti oksidan yang membantu melawan inflamasi serta menjadikan resiko penyakit lainnya berkurang. Beberapa penelitian menunjukan bahwa asupan flavonoid yang tinggi bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. Efek ini bisa terjadi karina flavonoid tadi merupakan zat anti inflamasi dan anti oksidan.

Selain itu, manfaat buah pir juga bisa dirasakan dengan adanya beberapa gabungan kandungan vitamin dan mineral seperti zat tembaga, vitamin C, vitamin K yang juga membantu kita dalam melawan inflamasi. Hal tersebut sesuai dengan PubMed National Institutes of Health di Amerika Serikat.

5. Bisa Berpotensi Sebagai Zat Anti Kanker


Buah pir memiliki kandungan yang berbagai macam dan beberapa diantaranya mungkin bisa menjadi zat anti kanker. Menurut Publikasi Jurnal Agricultural and Food Chemistry antosianin dan asam cinnamic memiliki kemampuan untuk melawan kanker yang ada dalam tubuh kita.

Penelitian lain menunjukan bahwa diet atau pola makan yang kaya akan buah termasuk buah pir bisa melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit kanker, salah satunya adalah kanker paru paru, kanker perut, dan kanker kandung kemih.

Penelitian dari Jurnal PloS pada tahun 2013 juga menunjukan bahwa buah yang kaya akan flavonoid (seperti Buah Pir) bisa menjadi pelindung tubuh dari kanker payu dara dan kanker ovarian. Menjadikan buah ini pilihan yang baik bagi para wanita.

Walaupun bisa membantu melawan resiko kanker yang dialami pasien, tetapi sebaiknya tidak menjadikan buah pir ini sebagai pengganti permanen dari perawatan kanker yang sedang dijalankan.

6. Berpotensi Menurunkan Resiko Diabetes


Buah pir terutama yang berwarna merah bisa bermanfaat untuk melawan diabetes dan mengurangi resikonya. Penelitian berskala besar telah dilakukan dengan 200 ribu orang. Orang orang yang termasuk memakan 5 atau lebih buah kaya akan antosianin per minggu ( termasuk buah pir ) memperlihatkan bahwa mereka 23% memiliki resiko lebih rendah untuk mengidap diabetes tipe 2.

Selain itu Journal of Functional Foods pada tahun 2015 menyatakan saat diuji coba dengan tikus menunjukan bahwa kandungan tumbuhan seperti anthosianin dalam buah pir bisa menjadi zat anti diabetes dan anti inflamasi. 

Dan yang lebih bagusnya, buah pir ini memiliki kandungan serat yang cukup lama diserap tubuh dalam sistem pencernaan, menjadikan tubuh mempunyai lebih banyak waktu untuk mengurai dan menyerap karbohidrat. Hal tersebut menurut penelitian dalam Jurnal NUTRIENT pada tahun 2013 bisa menjadi cara membantu mengatur tingkat gula darah yang berpotensi menolong tubuh untuk mencegah dan mengkontrol diabetes. 

7. Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung 


Buah pir bisa menurunkan resiko penyakit jantung, hal tersebut karena kandungan procyanidin (suatu zat anti oksidan) bisa mengurangi LDL atau kolestrol jahat dan meningkatkan HDL atau kolestrol baik. Kulit buah pir mengandung quecetin yang juga merupakan antioksidan dan juga bisa berguna bagi kesehatan jantung dengan mengurangi inflamasi dan mengurangi faktor penyebab penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan tingkat kolestrol.

Suatu penelitian dari PubMed di Amerika menyatakan bahwa dari 40 orang dewasa dengan sindrom metabolik (gejala yang bisa meningkatkan penyakit jantung) menunjukan bahwa memakan 2 buah pir berukuran sedang setiap hari selama 12 minggu bisa mengurangi faktor resiko penyebab penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Penelitian Lain juga dilakukan pada 30 ribu orang wanita yang mengkonsumsi 80 gram porsi buah setiap hari dan menunjukan bahwa resiko penyakit jantung bia berkurang 6-7%. dengan patokan bahwa satu buah pir berukuran sedang memiliki berat 178 gram. 

Sebagai tambahan bahwa jika kita mengkonsumsi buah buahan berdaging putih seperti varietas pir bisa mengurangi resiko terkena strok. Hasil Penelitian Publikasi National Institutes of Health selama 10 tahun pada 20 ribu orang yang mengkonsumsi 25 gram buah berdaging putih setiap hari secara rutin bisa mengurangi resiko terkena serangan strok sebanyak 9%. 

8. Bisa Membantu Mengurangi Berat Badan


Manfaat buah pir yang lain adalah buah ini bisa berguna untuk mengurangi berat badan kita. Buah pir memiliki kandungan kalori yang rendah, kandungan air yang tinggi dan juga memiliki serat. Kombinasi ini menjadikannya salah satu media bagi kita untuk melakukan diet penurun berat badan karena kandungan serat dan airnya membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Ketika kita merasa kenyang lebih lama tentu saja dorongan kita untuk memakan sesuatu juga akan menjadi lebih berkurang. Suatu penelitian yang berlangsung selama 12 minggu menunjukan bahwa dari 40 orang dewasa yang memakan 2 buah pir setiap hari mampu mengurangi 2,7 cm ukuran pinggangnya. Sebagai tambahan lain penelitian serupa dalam durasi 10 minggu menunjukan bahwa perempuan yang menambahkan 3 buah pir per hari dari pola makan hariannya mampu menghilangkan rata rata 0,84 kilogram berat badan. Selain itu terlihat juga peningkatan kesehatan jantung mereka.

Penutup


Buah Pir merupakan buah yang kaya akan nutrisi, mineral dan kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Berbagai penelitian juga menunjukan manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh kita seperti mencegah berbagai penyakit dan meringankan gejala gejalanya. Selain itu buah ini juga bisa diolah dan dikombinasikan dengan berbagai macam makanan yang dapat membuat kita tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Dan memang dianjurkan untuk mengkombinasikan buah pir dengan berbagai macam buah dan syuran lain agar kebutuhan tubuh kita dapat tercukupi semuanya. Selain itu memakan buah pir secara utuh tanpa mengupasnya, maka kita bisa mendapatkan berbagai manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan buah pir yang sudah dikupas. Hal tersebut dikarenakan kulit buah pir juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

Efek samping yang bisa didapatkan jika kita mengkonsumsi berlebihan buah ini tanpa mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita, maka dapat meningkatkan kadar gas dalam tubuh, bisa menjadi rasa sakit, terkena diare dan pada bebeapa orang bisa terkena sindrom iritasi usus. Maka lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apakah tubuh kita bisa menerima asupan buah pir ini yang beberapa orang mungkin tidak tahan terhadap kandungannya.

Untuk memakan buha pir bisa dikreasikan dengan berbagai cara seperti menjadikannya pelengkap dalam proses pemanggangan ayam dan ditambahkan dengan berbagai resep lainnya. Hanya saja tidak baik jika mengolahnya dengan berlebihan sehingga nutrisinya yang berguna bisa saja hilang atau rusak dalam proses pemasakan.

Demikianlah artikel tentang manfaat buah pir, pembahasannya serta penjelasannya berdasarkan hasil penelitian oleh berbagai ahli di Dunia. Diharapkan agar pembaca bisa mengambil informasi ini dan menambah pemahaman kita terkait manfaat buah yang satu ini. Selain itu diharapkan juga bisa lebih memotivasi kita untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat lagi. Sekian mudah mudahan bermanfaat, terima kasih..

Daftar Pustaka:





isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Buah Pir? Berikut Hasil Penelitiannya"