Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Khasiat Buah Naga? Berikut Fakta Ilmiahnya

Apa Khasiat Buah Naga? Berikut Fakta Ilmiahnya


Apa Khasiat Buah Naga? Berikut Fakta Ilmiahnya


Buah naga adalah buah tropis yang berasal dari tanaman sejenis kaktus. Dulu buah naga ini masih jarang dengan harga yang lumayan. Tetapi karena budidayanya cukup mudah serta bisa cocok dan hidup dengan kondisi lingkungan di Indonesia menjadikan buah ini sering kita temui di mana mana dan harganya yang juga lebih terjangkau. 

Dalam satu buah porsi buah naga atau 227 gram buah naga terdapat beberapa kandungan diantaranya 136 kalori, 3 gram protein, 0 gram lemak, 29 gram karbohidrat, 7 gram serat, zat besi 8%, magnesium 18%, Vitamin C 9% dan Vitamin E 4% dari kebutuhan harian selain itu juga terdapat polyphenols, carotenoids, dan betacyanins. Menjadikan buah naga sebagai buah yang rendah kalori tetapi kaya akan vitamin dan mineral.

Dari kandungan vitamin dan mineral diatas, maka dalam artikel ini kita akan melihat fakta khasiat buah naga apa saja yang bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsinya berikut penjelasannya: 

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

khasiat buah naga untuk imun

Kandungan Buah naga diantaranya adalah flavonoid dan vitamin C. Kedua kombinasi tersebut cocok bagi tubuh kita untuk meningkatkan sistem imun. Faktanya buah eksotis yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak di bandingkan dengan Wortel menjadikan Buah naga sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin C terbaik. Selain itu ada beberapa mineral penting seperti Fosfor, kalsium, zat besi, niacin, protein dan serat yang dapat membuat imun kita bekerja dengan lebih baik.

2. Mampu Melawan Radikal Bebas

khasiat buah naga untuk radikal bebas

Jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau berada di daerah yang berpolusi serta pola hidup yang tidak sehat, maka akan ada kemungkinan tubuh kita dapat dihinggapi radikal bebas. Zat beracun ini sudah dikenal sebagai salah satu zat penghasil berbagai macam penyakit. Kandungan buah naga yaitu zat anti oksidannya tentu saja dapat membantu kita melawan zat radikal bebas tadi. 

3. Membantu Melawan Flu

khasiat buah naga untuk virus

Sebagaimana yang dijelaskan pada poin satu, bahwa buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Dengan komposisi vitamin C tersebut tentu saja bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita sehingga bisa melawan sakit seperti Flu. Selain itu dengan cukup mengkonsumsi buah naga, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C harian kita dan terhindar dari penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin C.

4. Membantu Sistem Pencernaan

khasiat buah naga untuk pencernaan

Serat diketahui dapat menolong tubuh kita selama proses pencernaan. Salah satu cara mendapatkan serat adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam buah dan berbagai sayur mayur. Buah naga memiliki kandungan serat sebanyak 3 gram untuk setiap 100 gram porsi buah naga, yang bisa menolong kita untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu buah naga juga memiliki oligosakarida yang berperan sebagai prebiotik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan kita.

5. Memperlambat Proses Penuaan Sel

khasiat buah naga untuk sel

Salah satu kandungan yang berpengaruh untuk perlambatan proses penuaan adalah kandungan anti oksidan. Buah naga merupakan salah satu cara alami untuk memperlambat proses penuaan karena memiliki kandungan anti oksidan yang sangat banyak. Kandungan anti oksidan ini dapat berperan untuk menghentikan proses penuaan akibat zat zat beracun.

6. Mampu Mencegah Penyakit Jantung


Khasiat buah naga dapat sebagai media pencegah terjadinya penyakit jantung. Hal tersebut karena kandungan beta karoten dan likopen yang terdapat pada pigmen buah naga. Dengan menjadikan buah naga sebagai diet kita maka kita akan mendapatkan asupan beta karoten dan likopen yang cukup untuk mengurangi terjadinya resiko terkena penyakit jantung.

7. Mampu Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan vitamin C pada buah naga diketahui dapat menurunkan tingkat terjadinya kanker di kepala dan bagian leher. Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, menyatakan bahwa dari 120 852 orang yang di data mengkonsumsi asupan vitamin C yang banyak dapat mengurangi resiko kanker. Selain itu kandungan lainnya yang bisa melawan sel kanker adalah Betalains dan Carotenoid.

8. Mampu Mencegah Diabetes


Dari publikasi medis National Instisutes of Health di Amerika Serikat menyatakan bahwa diet atau asupan makanan yang kaya akan anti oksidan akan mencegah dari berbagai macam penyakit kronis yang salah satu nya adalah penyakit diabetes. Kandungan anti oksidan pada buah naga juga terkenal cukup banyak seperti Vitamin C, Betalains, Carotenoids beta karoten dan likopen.

9. Memiliki Serat yang Melimpah

khasiat buah naga kaya akan serat

Salah satu kebutuhan tubuh kita adalah tersedianya kebutuhan serat yang banyak. Dengan tercukupinya serat ini maka akan mengurangi kemungkinan kita terkena berbagai macam penyakit seperti sakit perut misalnya. PubMed Central Amerika Serikat merekomendasikan mengkonsumsi 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram serat per hari untuk pria. selain itu Serat memiliki peran dalam proses pencernaan, mengatur diabetes dan berat badan yang sehat.

10. Mampu Meningkatkan Tingkat Zat Besi Tubuh


Salah satu manfaat lainnya dari buah naga adalah sebagai salah satu buah sumber zat besi. Zat besi diketahui merupakan zat yang penting untuk membantu proses distribusi oksigen keseluruh tubuh serta juga berguna untuk membantu proses penguraian energi dari makanan yang kita makan. Pada kenyataannya masyarakat masih abai dengan kecukupan zat besi mereka. Tercatat sekitar 30% penduduk dunia mengalami defisiensi atau kekurangan zat besi, menjadikan zat besi sebagai nutrisi yang paling banyak tidak terpenuhi di dunia. Untuk itu buah naga menjadi salah satu buah sumber zat besi ini dengan mengandung zat besi dan vitamin C secara bersamaan. Karena vitamin C juga berpengaruh untuk penyerapan zat besi dalam tubuh.

11. Sumber Magnesium yang bagus


Buah naga diketahui merupakan buah dengan sumber magnesium yang sangat baik dibandingkan dengan kebanyakan buah yang ada. Diperkirakan dalam satu porsi buah naga, bisa mencukupi 18 persen kebutuhan magnesium dalam tubuh. Walaupun hanya sekitar 24 gram magnesium yang mungkin ada dalam tubuh seseorang, tetapi peran zat yang satu ini tidak bisa diremehkan. Paling tidak lebih dari 600 proses kimia penting dalam tubuh membutuhkan magnesium seperti mengurai makanan, kontraksi otot, bahkan saat proses pembentukan DNA.

12. Memperkuat Tulang


Magnesium yang ada dalam buah Naga selain untuk kebutuhan proses kimiawi juga penting untuk membantu kesehatan tulang. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Pubmed Central National Institute of Health di Amerika Serikat. Jadi dengan mengkonsumsi buah naga sebagai pola diet. Maka secara tidak langsung khasiat buah naga dapat menjaga kesehatan sistem tulang kita.

13. Membantu Menstabilkan Gula Darah

khasiat buah naga kaya untuk gula darah

Buah naga memiliki kandungan untuk menjaga keseimbangan gula darah. Penelitian ini dilakukan kepada hewan dengan memberikan buah naga kepada tikus, hasilnya bisa melawan resistansi insulin pada tikus. Dipercaya dengan menambah asupan buah naga saat waktu makan dapat menurunkan kadar glukosa dari makanan yang telah dimakan dan memiliki kadar gula yang tinggi.

14. Bagus untuk kesehatan kulit

khasiat buah naga kaya untuk kulit

Sebagaimana yang kita tahu bahwa buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dan perlu diketahui bahwa vitamin C yang didapatkan setelah kita memakan buah naga dapat meningkatkan imunitas serta produksi kolagen dalam tubuh kita. Sehingga bisa membuat kulit kita terasa lebih sehat dan muda.

Penutup


Buah Naga memiliki beragam khasiat untuk tubuh kita. Baik untuk imunitas, kesehatan kulit, atau organ organ vital yang ada dalam tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi buah buahan tentu saja dapat meningkatkan kebutuhan mineral, vitamin bagi tubuh kita, tidak harus dari buah naga tetapi kombinasi beberapa buah lainnya serta sayur mayur yang ada.

Walaupun dilaporkan ada beberapa orang yang alergi dengan buah naga tetapi sangat jarang terjadi, dan beberapa orang yang tidak alergi bisa saja terus mengkonsumsinya asalkan tidak berlebihan. 

Demikianlah artikel tentang khasiat buah naga untuk kesehatan kita, semoga informasi yang diberikan diatas dapat berguna bagi kita dan orang orang disekitar kita. Sekian kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih..



Daftar pustaka:






isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Khasiat Buah Naga? Berikut Fakta Ilmiahnya"