Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Benar Khasiat Daun Sirsak? Berikut Penjelasannya

Apa Khasiat Daun Sirsak

Apa Benar Khasiat Daun Sirsak? Berikut Penjelasannya


Daun sirsak diketahui dipakai untuk menjadi obat herbal alami oleh sebagian orang di dunia bahkan mungkin di Indonesia. Tentu saja daun sirsak memiliki kandungan yang berbeda dengan buah sirsaknya sehingga cara mengkonsumsinya juga berbeda. Ada yang menjadikannya bubuk atau ekstrak dan sebagian lain ada yang menjadikannya minuman herbal atau dijadikan teh daun sirsak.
Karena merupakan salah satu obat herbal, maka kajian dan penelitian secara medis harus terus dilakukan untuk melihat apakah daun sirsak bisa benar benar memberikan kesehatan atau menyembuhkan penyakit atau bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Maka dari itu kita akan membahas beberapa efek positif atau khasiatnya dan juga akan membahas efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. 

Dalam artikel ini kita akan menguak mitos khasiat daun sirsak yang “katanya” bisa menyembukan berikut kita akan membahas terlebih dahulu beberapa penelitian yang mengklaim bahwa daun sirsak bisa memberikan khasiat yang baik bagi tubuh:

1. Dipercaya dapat Mengkontrol Diabetes

daun sirsak Dipercaya Bisa Mengobati diabetes

Daun Sirsak telah lama dipercaya memberikan khasiat membantu penderita diabetes dengan cara menurunkan tingkat gula darah. Salah satu mekanismenya adalah dengan menghambat enzim yang membantu penguraian karohidrat kompleks. Jika zat enzim ini di hambat, maka karbohidrat kompleks akan terurai menjadi lebih lama dengan demikian pada akhirnya mengontrol tingkat gula yang ada di dalam darah karena bila terurai sempurna karbohidrat kompleks ini akan menjadi glukosa. Selain menghambat enzim pengurai salah satu khasiat daun sirsak adalah memblok atau menghentikan penyerapannya. 

2. Meringankan Gejala dari Penyakit Fibromyalgia

daun sirsak Dipercaya Bisa Mengobati fibromylagia

Suatu penelitian dari departemen farmasi University of Seville menununjukan bahwa suplemen ekstrak daun sirsak dapat mengurangi gejala penyakit fibromyalgia. Penyakit ini dikenal bisa menyebabkan rasa nyeri otot dan tulang. Jika seseorang mengidap penyakit ini maka rasa nyeri bisa menjalar ke berbagai bagian tubuh yang lain. Penyakit ini dapat berlangsung cukup lama hingga beberapa tahun atau bahkan sampai seumur hidup. Dengan penelitian ekstrak daun sirsak ini diharapkan kedepannya bisa meredakan gejala yang diderita oleh orang orang yang mengalami penyakit tersebut.

3. Mengatasi Insomnia

daun sirsak Dipercaya Bisa Mengobati insomnia

Dalam pengobatan tradisional penggunaan daun sirsak digunakan untuk mengatasi insomnia. Kandungan daun sirsak bisa menjadikan relaksasi untuk otot tubuh kita. Karena daun sirsak memiliki zat penenang didalamnya. Selain itu mengkonsumsi teh daun sirsak dapat mengurangi rasa stres yang kita alami.

4. Dipercaya Bisa Mengobati Kanker

daun sirsak Dipercaya Bisa Mengobati Kanker

Suatu penelitian menunjukan bahwa antipoliferative dan efek cytotoxic dari ekstrak tanaman kaner dapat mengatasi kanker. Kandungan daun sirsak mempuntai bahan bio aktif yang bermanfaat untuk komponen anti kanker. Zat ini membunuh kanker dengan menghambat proses di mitokondria pada sel kanker. Walaupun demikian perlu penelitian lebih lanjut terhadap hasil ini untuk menemukan efek samping lainnya

5. Bisa Meringankan Gejala Rematik

Daun Sirsak dipercaya Bisa Mengobati rematik

Sakit Rematik biasanya sering terjadi pada orang tua dan bisa menimbulkan rasa sakit yang besar. Daun sirsak merupakan salah satu cara yang alami untuk meringankan gejala rasa sakit tersebut. Caranya dengan menumbuk daun sirsak hingga halus lalu di berikan pada bagian yang sakit. Walaupun dipercaya bisa menyembuhkan penyakit tertentu, penelitian terhadap hal ini masih perlu di lanjutkan.

6. Bisa Mengobati Luka

Daun Sirsak dipercaya Bisa Mengobati Luka

Daun sirsak dipercaya bisa mengobati luka karena daun sirsak memiliki khasiat untuk mengurangi inflamasi dan juga berperan sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu daun sirsak juga memiliki kemampuan meningkatkan sistem imun sehingga tingkat kesembuhan luka bisa dipercepat dengan sistem tubuh yang meningkat. Khasiat ini masih perlu diteliti lagi karena penelitian di daun sirsak masih sangat minim.

7. Kesehatan Sistem Pernapasan


Daun sirsak diketahui dapat melegakan sistem pernapasan yang mengalami masalah seperti saat batuk dan saat terkena asma. Sistem pernapasan merupakan organ yang bertanggung jawab untuk menangkap oksigen di udara dan mengeluarkan karbon dioksida, dan hal yang paling penting dari sistem ini adalah paru paru. Sehingga apa bila paru paru sehat maka penyerapan oksigen juga akan lancar serta karbon dioksida juga terbuang dengan baik.

Efek Negatif dan Efek Samping


Selain efek positif atau khasiat yang ditulis diatas, ternyata ada beberapa penelitian yang menilai dan meneliti bahwa daun sirsak tidak sehebat kelihatannya bahkan bisa berbahaya. Memorial Sloan Kettering Cancer Center pada tahun 2019 menyatakan bahwa graviola ( nama lain sirsak) tidak baik diberikan bagi seseorang yang sedang melakukan perawatan terkait tekanan darah atau melakukan pencitraan medis pada tubuh. Selain itu penambahan berulang dari daun sirsak bisa mengakibatkan keracunan pada organ ginjal dan hati. Efek lain yang mengkhawatirkan adalah terjadinya kelainan pada sistem pergerakan dan myeloneuropathy. Suatu penyakit saraf yang mirip dengan parkinson.

Penutup :


Daun Sirsak telah dipercaya beberapa orang sebagai obat herbal, ada penelitian yang menyatakan efek positifnya, ada yang mengatakan beberapa efek negatifnya. Jika anda ingin melakukan terapi atau mengkonsumsi obat herbal ini alangkah baiknya mengetahui secara benar efek yang bisa ditimbulkannya dan lebih baik berkonsultasi dengan dokter atau konsultan medis terdekat. Karena beberapa obat herbal mungkin memang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit tetapi beberapa nya bisa memberikan efek samping yang kadang juga tidak diinginkan. 

Demikianlah Artikel tentang penjelasan mengenai khasiat daun sirsak pada tubuh kita. Semoga informasi yang diberikan bisa menambah wawasan dan pemahaman kita terkait daun sirsak. Sekian terimakasih..


Daftar Pustaka :




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa Benar Khasiat Daun Sirsak? Berikut Penjelasannya"