Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

21 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan


Pisang adalah salah satu buah yang banyak diolah di Indonesia, Mulai dari pisang goreng, pisang keju, pisang rebus dan berbagai macam olahan pisang lainnya. Selain rasanya yang enak ternyata pisang mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap dan berguna bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini ulasannya:

Kandungan dalam Buah Pisang


Dalam mengkonsumsi satu buah pisang ukuran sedang atau seberat 118 gram, maka kandungan yang bisa didapat adalah (berdasarkan angka kebutuhan harian):

Kalium 9%
Vitamin C 11% 
Vitamin B6 33%
Lemak 0,4 gram
Protein 1,3 gram
Serat 3,1 gram
Carbs 24 gram
Mangan 14%
Tembaga 10%
Magnesium 8%
105 Kalori

Manfaat yang bisa didapat dalam mengkonsumsi pisang adalah sebagai berikut:

1. Pisang Dimungkinkan Menjaga Kesehatan Jantung


Kalium pada pisang merupakan mineral yang berguna untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium pada pisang cukup banyak, dalam satu buah pisang ukuran sedang dengan berat 118 gram diperkirakan mengandung 9 persen angka kebutuhan harian/ dengan terpenuhinya kebutuhan kalium ini menurut penelitian dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 27 persen. Selain itu kandungan magnesium pada pisang juga penting untuk kesehatan jantung kita.

2. Kandungan Pisang Dipercaya bisa menurunkan Tekanan Darah


Menurut FDA (Food and Drug Administration di Amerika Serikat) kombinasi dari masukan sodium yang rendah serta kalium yang tinggi berhubungan dengan tingkat tekanan darah yang rendah serta menurunkan frekuensi terjadinya strok pada suatu individu. Hal tersebut cocok dengan kandungan pisang yang kaya akan kalium dan sodium rendah

3. Pisang Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama


Pisang memiliki kandungan pati yang bertahan lama saat dicerna dalam tubuh. Karena saat didalam saluran pencernaan pati pisang ini agak lama prosesnya maka hal ini akan membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga cocok sebagai diet kita.

4. Manfaat Pisang Mengurangi Perut Buncit


Diketahui dalam suatu penelitian bahwa wanita yang memakan buah pisang dua kali sehari sebagai snak sebelum makan selama 60 hari bisa mengurangi perut buncit mereka sebanyak 50 persen. Hal ini karena pisang bisa mengurangi retensi cairan dari kandungan kalium yang ada.

5. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur


Kandungan pada pisang diantaranya adalah Melatonin dan tryptophan. Kedua zat tersebut merupakan zat yang dapat memberikan sensasi relaksasi dan membantu untuk meningkatkan kualitas tidur kita. Dianjurkan memakan satu buah pisang sebelum tidur agar mendapatkan khasiatnya.

6. Membantu Menurunkan Stress


Pisang mengandung zat yang mirip serotonin yaitu tryptophan dan zat peningkat mood B9. Zat serotonin diketahui dapat meningkatkan kimiawi otak sebagai Anti depresan dan membantu mengobati insomnia, kelelahan, rasa marah, dan agresivitas. Selain itu pisang memiliki norepinephrine yang membantu menangani stress kita

7. Meningkatkan Mood


Manfaat pisang selain untuk menurunkan stress adalah sebagai peningkat mood. Pisang diketahui memiliki vitamin B9 yang juga dikenal dengan folate. Dalam satu buah pisang diketahui bisa memberikan kebutuhan akan vitamin B9 sebanyak 6 persen. Zat ini bisa menjadi anti depresi dan membantu serotonin memasuki otak dengan lebih cepat.

8. Membantu Penyembuhan Otot


Salah satu kandungan pisang yang berguna untuk membantu penyembuhan otot adalah kalium. Kalium diketahui dapat membantu otot otot yang kelelahan atau mengalami kerusakan dan menyembuhkannya serta memperkuat perkembangannya.

9. Membantu Membentuk Otot


Untuk teman teman yang melakukan kegiatan olahraga atau workout untuk membentuk otot, pisang menjadi salah satu makanan yang dapat membantu membentuk otot menjadi lebih sehat. Selain itu dapat membantu otot setelah kita melakukan olahraga agar menjadi lebih relaks

10. Membantu Agar Pencernaan Lebih Sehat


Pisang bisa membantu masalah pencernaan kita karena kandungan prebiotik yang ada dalam pisang. Pisang diketahui memiliki kandungan karbohidrat yang berperan sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan kita (probiotik) karena zat yang terkandung didalamnya yaitu fructo oligo saccharides sebuah molekul fruktosa yang bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

11. Menurunkan Tingkat Kolestrol Jahat


Manfaat Pisang salah satunya adalah dapat menurunkan tinkat kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Kandungan phytosterols dari pisang dapat mengurangi efek kolestrol yang ada dalam tubuh setelah kita mengkonsumsinya Menurut penelitian The Journal of Nutrition. Sebagai tambahan, pisang mempunyai Vitamin B6 yang penting. 


12. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Menurut penelitian The American Journal of Clinical Nutrition, Walaupun Pisang tidak memiliki kandungan kalsium yang banyak (kurang dari 1 persen kebutuhan harian) tetapi pisang dapat membantu penyerapan kalsium yang ada dalam tubuh kita dengan membantu prebiotik. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium yang telah ada dalam tubuh kita.

13. Sebagai Makanan Kaya Energi


Salah satu alasan bagi orang yang berolahraga untuk mengkonsumsi pisang sebelum memulai atau setelahnya adalah karena pisang kaya akan kandungan glukosanya. Karena glukosa ini sangat mudah dicerna dan merupakan salah satu bentuk gula yang akan memberikan energi saat beraktifitas. Memakan satu buah pisang setelah berolah raga dapat membantu mengembalikan energi yang tersimpan sebelumnya.

14. Membantu Pergerakan Usus


Kandungan serat atau Fiber yang tinggi pada pisang dapat membantu menormalkan usus. Dengan 3 gram serat yang tidak mudah larut ini dapat membuat kotoran dalam pencernaan terdorong lebih baik menjadikan lebih mudah untuk lewat. selain itu dengan mengkonsumsi pisang diketahui dapat membantu seseorang yang mengalami masalah diare.

15. Membantu Melawan Penyakit


Menurut suatu artikel yang terdapat pada The Food and Nutrition Bulleting, makanan yang mengandung tingkat karotenoid yang tinggi telah terbukti membantu melindungi dari penyakit kronis seperti beberapa jenis kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Dan karena pisang juga kaya akan karetenoid maka pisang secara tidak langusng dapat menjadi salah satu makanan yang mampu melawan penyakit jika kita mengkonsumsinya. 

16. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Penglihatan


Pisang mengandung Vitamin A dan Vitamin C yang keduanya merupakan vitamin antioksidan yang penting bagi kesehatan mata. Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E (120 microgram per satu buah pisang kecil) dan zat lutein (26 microgram per satu buah pisang sedang) yang keduanya dapat membuat kesehatan mata kita meningkat.

17. Meningkatkan Kesehatan Kulit.


Pisang diketahui memiliki kandungan beta karoten yang merupakan zat anti oksidan. Zat anti oksidan ini dapat membantu tubuh kita untuk melindungi sel sel tubuh dan membantu menyembuhkan kerusakan pada tingkat sel. Selain itu Vitamin A dan C juga membantu menutrisi kulit agar lebih sehat dan Lutein yang mampu melawan resiko degenerasi.

18. Membantu Membakar Lemak


Manfaat Pisang ternyata juga bisa dijadikan sebagai alat untuk diet menurunkan berat badan. Kandungan pisang yaitu Choline dan Vitamin B dapat berperan untuk membantu mengurangi efektifitas gen yang menyebabkan penyimpanan lemak di perut. Selain itu Pectin pada pisang juga membantu pembatasan jumlah lemak yang bisa terserap oleh sel menjadikan kapasitas simpan lemak menurun.

19. Sebagai Detox Tubuh


Pisang memiliki kandungan pektin yang kaya sehingga pisang merupakan detoks tubuh yang alami. Serat yang mirip Gelatin pada pisang dapat melekat pada zat zat beracun pada tubuh seperti di darah, dan membantu mengeluarkannya keluar dari tubuh melalui Urin. Faktanya citrus pectin telah terbuki meningkatkan pengeluaran merkuri pada urin hingga 150 persen dalam 24 jam menurut penelitian di Forsch Komplementarmed. 

20. Pisang Bisa Menjadi Diet Kadar Gula Darah


Sebagaimana yang kita tahu pisang memiliki kandungan pektin dan pati yang sulit di cerna. Kedua zat ini bisa mengurangi keinginan makan kita dengan cara membuat kita kenyang lebih lama. Maka dari itu memakan pisang tidak memberikan kenaikan tingkat gula darah kita.

21. Pisang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjal


Suatu penelitian mengatakan, seseorang yang mengkonsumsi pisang 4-6 kali perminggu akan mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit ginjal sebanyak 50% dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi rutin pisang. Jika mengkonsumsi 2-3 maka resikonya menjadi 33% lebih rendah. Hal tersebut kemungkinan akibat kandungan kalium yang ada pada pisang yang berfungsi menjaga kesehatan ginjal

Penutup


Pisang memiliki kandungan nutrisi mineral dan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan kita. Dengan rutin mengkonsumsi pisang maka sesuai berbagai penelitian yang sudah teruji bisa meningkatkan kesehatan kita. Tetapi alangkah baiknya juga mengkombinasikan pisang dengan makanan makanan sehat yang lain untuk meningkatkan cita rasa makanan kita dan lebih melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita.

Demikianlah Artikel tentang 21 Manfaat Pisang Bagi Kesehatan kita, semoga informasi diatas dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita untuk hidup sehat. Sekian terimakasih…





isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "21 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan"