Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

19 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat


19 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan 


Dalam Artikel ini kita akan membahas tentang macam macam efek positif yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi tomat dengan dosis yang tepat serta cara yang benar. Sebelum memulai berikut ini kandungan yang dimiliki oleh Buah Tomat dalam 100 gram tomat mentah:
Kalori 18
Protein sebanyak 0,9 gram
Karbohidrat sebanyak 3,9 gram
Lemak sebanyak 0,2 gram
Serat sebanyak 1,2 gram
Gula sebanyak 2, gram
Air 95 persen

Sedangkan Tomat memiliki Vitamin dan Mineral Berikut ini:

Vitamin C, Potasium, Vitamin K1, Folate Vitamin b9

Selain itu Kandungan Tomat yang lain adalah:

Likopen, Beta Karoten, Naringenin, Asam Klorogenik

Kandungan tersebut sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kita, tetapi lebih baik lagi jika di gabungkan atau divariasikan dengan buah buah lain seperti buah naga, atau buah plum yang juga memiliki kandungan yang kaya nutrisi.

1. Tomat Dapat Membantu Melawan Kanker


Menurut Penelitian di American Institute for Cancer Research kandungan likopen di buah tomat dapat menjadi salah satu zat anti kanker. Likopen adalah zat anti oksidan yang berada dalam keluarga Karotenoid. Dan anti oksidan ini adalah kandungan yang diketahui dapat menetralkan radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh kita oleh beberapa proses yang terjadi didalam tubuh. Tambahan yang lain, bahwa di dalam buah tombat memiliki komponen yang mencegah proliferasi dari beberapa tipe sel kanker.

Walaupun kandungan nya bagus untuk melawan kanker, alangkah lebih baiknya menggabungkan manfaat makan tomat dengan makanan sehat yang lainnya untuk melawan kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah yaitu kanker prostat, kanker payudara, dan mengurangi resiko kanker paru paru, mulut dan cervical.

2. Kegunaan Tomat untuk Mengatur Tekanan Darah

manfaat tomat untuk tekanan darah

Likopen dalam tomat juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah kita. Selain itu manfaat makan tomat juga akan memberikan kita zat potasium atau kalium yang cukup banyak. Dan potasium ini merupakan mineral yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut karena potasium dapat mengurangi efek yang dihasilkan oleh Natrium (Na). faktanya tingkat natrium yang dibuang oleh urin semakin meningkat saat kita juga banyak mengkonsumsi potasium. Standar konsumsi potasium yang baik adalah 4700 mg per hari menurut American Heart Association. Jika kebanyakan akan mengakibatkan gangguan pada ginjal.

3. Membantu mengurangi Berat Badan


Manfaat makan tomat ternyata dapat membantu kita untuk mengurangi berat badan. Penelitian di China menunjukan bahwa jus tomat dapat mengurangi berat badan serta lemak yang ada didalam tubuh. Tomat juga bermanfaat mengurangi tingkat kolestrol yang bisa menyebabkan pertambahan berat badan jika banyak tertumpuk dalam tubuh.

4. Tomat meningkatkan Kesehatan Kulit


Tomat merupakan bahan penting yang digunakan untuk terapi kecantikan. Manfaat Tomat diketahui membantu mengobati pori pori besar yang berada dalam kulit. Selain itu juga bisa mengobati jerawat dan efek akibat kulit terbakar. Tambahan yang lain yaitu tomat dapat meregenerasi atau menghidupkan kembali kulit. Karena tomat memiliki kandungan zat anti oksidan terutama likopen yang membantu melawan kerusakan sel dan inflamasi pada kulit

5. Meningkatkan Kesehatan Rambut


Menurut Penelitian, antioksidan yang ada di dalam tomat seperti zat likopen dapat membantu meningkatkan kesehatan permukaan kulit. Dan ditambahkan dengan kandungan vitamin C memberikan kombinasi kesehatan rambut yang ada pada kulit kita.

6. Tomat bermanfaat saat Kehamilan


Nutrisi yang dibutuhkan saat wanita hamil salah satunya adalah vitamin C. Vitamin C ini berguna untuk kesehatan sang ibu dan sang janin. Vitamin C yang terdapat dalam tomat dapat membantu pembentukan tulang serta gigi yang sehat. Selain itu vitamin ini juga dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Walaupun mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi adalah hal yang berguna dan bermanfaat. Tetapi tambahan kandungan vitamin C dalam tomat dapat meningkatkan efek menyehatkannya.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Tomat untuk jantung

Karena Tomat memiliki kandungan zat likopen yang kaya, maka jika buah tomat ini kita konsumsi secara rutin selama beberapa minggu, akan bermanfaat mengurangi kolestrol jahat yang ada dalam tubuh sebanyak 10 persen. Lebih detailnya lagi, kita membutuhkan zat likopen ini sebanyak 25 mili gram per hari. Untuk mendapatkan kandungan setara itu, maka kita juga bisa mendapatkannya dalam setengah gelas saus tomat segar. Itu berarti dalam 100 gram tomat murni akan memberikan kita sekitar 21,8 mili gram likopen

8. Menangkal Efek Rokok


Merokok dapat meningkatkan zat radikal bebas yang ada dalam tubuh. Kandungan tomat seperti Vitamin C diketahui dapat mengatasi zat radikal bebas ini. Selain itu jika kita kurang mengkonsumsi vitamin v, maka akan meningkatkan resiko kanker dan penyakit jantung. Menurut National Institutes of Health, jika seorang yang tidak merokok maka ia membutuhkan 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita dosis vitamin C. tetapi jika seseorang tersebut merupakan perokok maka dibutuhkan tambahan 35 mg dalam dosis vitamin C nya.

9. Meningkatkan Daya Penglihatan

Manfaat Tomat untuk mata

Selain kaya akan likopen, Tomat juga kaya akan vitamin A. Kandungan Vitamin A inilah yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan penglihatan mata kita. Retina pada mata kita sangat bergantung pada vitamin A. jika kita mempunyai kandungan vitamin A yang sangat sedikit, maka akan ada resiko terjadinya kebutaan. Selain itu kandungan Vitamin C dan Tembaganya dapat mengurangi potensi terjadinya katarak pada mata kita karena usia yang semakin bertambah.

10. Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Pencernaan


Tomat memiliki kandungan klorida yang merupakan komponen esensial dalam pencernaan. Selain itu likopen dalam tomat dilaporkan juga mempunyai peran untuk mencegah terbentuknya kanker dalam pencernaan kita. Tambahan yang lain kandungan serat dalam tomat juga bisa memberikan kesehatan bagi kita. Mengkonsumsi 100 gram tomat diketahui dapat memberikan 2 gram serat dalam tubuh.

11. Manfaat Tomat untuk Penderita Diabetes


Menurut American Diabetes Association, buah tomat merupakan bagian penting dari diet penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang dimiliki oleh buat tomat. Diketahui buah tomat kaya akan kandungan zat besi, Vitamin C dan Vitamin E yang berguna untuk meredakan gejala Diabetes. 

12. Tomat bisa Mencegah Terbentuknya Batu Saluran Pembuangan


Menurut Penelitian yang dilakukan oleh World Journal of Nephrology dan peneliti dari Turki menemukan bahwa nutrisi yang ada dalam tomat dan beberapa buah lainnya dapat berguna untuk mencegah penyakit yang disebaban oleh kekurangan kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh. Selain itu Michigan State University menemukan bahwa mengkonsumsi Tomat dapat mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

13. Tomat bisa Menguatkan Tulang

Manfaat Tomat untuk Tulang

Menurut The Daily Telegraph dengan mengkonsumsi jus buah tomat 2 gelas setiap hari dapat menguatkan tulang kita dan mencegah osteoporosis. Tetapi penelitian yang dilakukan masih dalam skala yang kecil sehingga perlu penelitian lebih lanjut tentang hal ini, walaupun terdapat potensi yang menjanjikan.

Kandungan yang berguna untuk kesehatan tulang diantaranya adalah Vitamin C, beta karoten dan vitamin K.

14. Manfaat Tomat untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Dalam suatu studi menunjukan bahwa makan tomat dapat memberikan peningkatan fungsi sel darah putih dalam sebuah tes. Sel darah putih dikenal sebagai salah satu ujung tombak dalam melawan infeksi yang ada dalam tubuh. Selain itu zat likopen diketahui dapat meningkatkan kemampuan sel darah putih itu sendiri.

15. Mengurangi Inflamasi


Buah Tomat Memiliki kandungan anti oksidan yang banyak. Diantaranya adalah Zeta Carotene, Phytofluene dan Phytoene yang bisa ditemukan juga pada buah atau sayuran dengan warna cerah selain pada buah tomat. Anti oksidan ini bisa membantu tubuh kita untuk melawan inflamasi dan berbagai macam penyakit lainnya seperti kanker dan arthritis. Tetapi memasak atau mengolah tomat dengan cara tidak benar dapat mengurangi kandungan anti oksidan dalam tomat.

16. Tomat Meningkatkan Kesuburan.


Likopen dalam buah tomat diketahui dapat meningkatkan fertilitas atau kesuburan pria sebanyak 70 persen. Anti oksidan juga membantu mengurangi jumlah sel sperma yang tidak normal. Tidak hanya itu, kandungan tomat juga diketahui dapat meningkatkan pergerakan sperma dan mengurangi kerusakan padanya. Suatu studi lain menunjukan dengan mengkonsumsi 2 - 4 porsi saus tomat dapat mengurangi resiko kanker prostat hingga 35 persen.

17. Manfaat Tomat untuk Meningkatkan Daya Pikir

Manfaat Tomat untuk Kemampuan Otak

Otak merupakan organ tubuh yang sensitif dengan adanya radikal bebas. Karena tomat memiliki kandungan anti oksidan yang bagus, maka dengan mengkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi resiko yang disebabkan oleh kandungan radikal bebas yang bisa mengurangi kinerja otak. Selain itu likopen pada tomat juga membantu mencegah penyakit seperti dementia dan alzheimer. Studi lain menunjukan bahwa tomat juga membantu fungsi kognitif dan konsenterasi kita.

18. Meningkatkan Kesehatan Hati


Likopen pada Tomat diketahui membantu melawan DNA perusak sehingga meningkatkan kesehatan organ Hati. Kandungan Vitamin B kompleks juga membatu menjaga kesehatan organ hati. Fakta lain bahwa tomat bersama dengan organ hati membantu dalam regenerasi jaringan yang rusak dan mencegah kanker menghinggapi organ Hati.

19. Membantu Mengatasi Sembelit


Dengan mengkonsumsi Tomat kita dapat mengatasi sembelit yang mungkin kita derita. Hal tersebut karena kandungan tomat yang kaya akan serat dan airnya. 

Demikianlah Artikel tentang 19 manfaat Tomat Bagi kesehatan kita. Mudah mudahan informasi diatas berguna bagi kita semua dan mulai memotivasi kita untuk hidup lebih sehat. Sekian terima kasih…






isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "19 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan"