Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Manfaat Cabai yang Berguna Bagi Kesehatan Kita

14 Manfaat Cabai


14 Manfaat Cabai yang Berguna Bagi Kesehatan Kita


Cabai merupakan bahan makanan yang sering kita jumpai di setiap masakan kita. Tidak seperti masakan Eropa, masakan Indonesia beberapa wajib menggunakan Cabai agar menambah kekhasan masakan yang ada dan menambah cita rasa masakan.
Tetapi tahukah teman teman, bahwa dalam cabai ternyata memiliki kandungan zat yang luar biasa banyak khasiatnya. 

Diketahui dalam 15 gram cabai atau satu sendok makan cabai segar. Terdapat kandungan :

Kalori sebanyak 6
Air 88 Persen
Protein 0,3 gram
Karbohidrat 1,3 gram
Gula 0,8 gram
Fiber 0,2 gram
Lemak 0,1 gram

Selain itu Vitamin dan Mineral yang dimiliki oleh Cabai adalah
Vitamin C
Vitamin K 1
Potasium
Vitamin B 6
Zat Tembaga
Zat Besi
Vitamin A

Beberapa Zat lain adalah
Capsanthin
Violaxanthin
Lutein
Capsaicin
Asam Sinapic
Asam Ferulik

Dari beberapa zat zat penyusun cabai diatas tentu saja ada beberapa nya yang memiliki khasiat atau manfaat yang mungkin berguna bagi kesehatan kita. Berikut dalam Artikel ini kita akan membahas 14 manfaat Cabai yang bisa kita dapatkan saat kita mengkonsumsinya.

1. Meningkatkan Metabolisme


Salah satu kentungan zat dalam cabai diketahui dapat memberikan efek mempercepat metabolisme. Caranya dengan menghasilkan proses Thermogenik dalam tubuh kita yang memproduksi panas tubuh. Proses tersebut menggunakan energi dan akhirnya bisa membakar beberapa kalori.

2. Mengatasi Migrain


Cabai memiliki manfaat yang di percaya dapat meringankan masalah migrain atau sakit kepala sebelah. Zat capsaicin dalam cabai diketahui menunjukan potensi untuk meringankan sakit kepala dan migrain. Menurut suatu study dari American Academy of Neurology dalam pertemuan tahunannya di kota Philadelphia, 18 pasien didiagnosa dengan sakit kepala dan di berikan penanganan dengan menggunakan Intranasal Capsaicin. Sebagai hasilnya 13 pasien terbukti menjadi lebih baik, dan kebanyakan mengatakan jauh lebih baik. Hanya satu pasien yang tidak berhasil disembuhkan dengan cabai.

3. Berpotensi Mengurangi Penyakit Kanker


Cabai diketahui dapat membantu melawan kanker yang ada pada tubuh seperti yang di sampaikan oleh American Association for Cancer Research. Menurut asosiasi tersebut, capsaicin dan antioksidan di cabai dapat membunuh sel kanker yang ada di leukemia dan kanker prostat. Hal tersebut dimungkinkan karena tingginya kandungan antioksidan dan zat anti inflamasi pada kandungan cabai.

4. Membantu melawan Infeksi Jamur, Flu, dan Demam


Salah satu ciri cabai adalah warnanya yang berwarna merah. Dengan warnanya yang merah tersebut bisa diketahui bahwa cabai memiliki kandungan beta karoten atau pro-vitamin A. vitamin A merupakan kunci untuk menjaga kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernapasan, sistem pencernaan, dan sistem pembuangan. Berdampingan dengan Vitamin C dalam cabai, Vitamin A dapat meningkatkan imunitas atau daya tahan terhadap penyakit dan infeksi. Selain itu penggunaan cabai yang telah dijadikan obat spray dapat membantu meringankan gejala gejala penyakit.

5. Meringankan Nyeri Sendi


Sebagai pereda gejala demam dan flu, ternyata kandungan pada cabai di ketahui dapat meredakan nyeri sendi yang kita derita. Caranya zat dalam cabai mengikat reseptor rasa sakit dan memberikan rasa seperti terbakar yang akan mengecilkan sensitifitas reseptor rasa sakit tadi seiring dengan waktu. Maka dari itu rasa sakit yang kita rasakan akan sedikit terobati.

6. Membantu Melawan Inflamasi


Salah satu fungsi Capsaicin yang terdapat dalam kandungan cabai adalah menghambat suatu zat (zat P) yang bertanggung jawab dalam proses inflamasi. Selain it Capsaicin berpotensi sebagai terapi untuk berbagai macam gangguan penyakit kelainan saraf sensorik seperti Arthritis, Diabetic Neuropathy dan Psoiriasis. 

7. Menjadikan Sistem Jantung lebih Sehat


Cabai bisa juga digunakan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Cabai diketahui memiliki kandungan potasium yang tinggi dan potasium ini adalah mineral dengan fungsi yang berbagai macam dan dibutuhkan oleh tubuh. Potasium jika dikombinasikan dengan Folat akan membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit jantung. Selain itu potasium juga membantu merelaksasikan pembuluh darah yang akan membuat aliran darah menjadi lebih mudah di seluruh tubuh.

8. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2


Menurut Jurnal penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition bahwa cabai yang diberikan pada makanan akan membuat insulin dan mengurangi kadar gula yang ada dalam darah kita. Tentu saja hal tersebut berguna bagi orang yang mempunyai masalah obesitas. Sebab antioksidan, cartenoids dan vitamin C akan memberikan regulasi insulin dalam tubuh juga.

9. Meningkatkan Fungsi Kognitif


Untuk meningkatkan fungsi kognitif, kita membutuhkan kecukupan zat oksigen dan zat besi. Maka kandungan cabai yang memiliki zat besi yang tinggi dapat membantu kebutuhan tubuh untuk mengatur fungsi kognitif kita. Selain itu diketahui juga mengurangi perkembangan dementia dan alzheimer.

10. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Darah Merah


Manfaat Cabai diketahui juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan sel darah merah. Hal tersebut karena cabai memiliki kandungan tembaga dan besi yang cukup banyak dan zat tersebut merupakan zat yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu zat tersebut juga bisa sebagai pengobatan untuk mengatasi kecapekan dan anemia.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata


Karena kandungan pada cabai yang bagus maka manfaat cabai juga bisa sebagai bahan makanan yang membantu kesehatan daya penglihatan. Cabai diketahui dapat mencegah rabun malam dan degenerasi penglihatan. Makan cabai 1 sendok makan juga memenuhi 9 persen kebutuhan harian akan vitamin A.

12. Membuat Kulit dan Rambut Sehat


Vitamin C yang ada pada cabai tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh tetapi juga bisa membuat zat kolagen dalam tubuh terjaga yang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit.

13. Mencegah Bau Mulut.


Diketahui jika kita memakan bubuk cabai maka makanan ini dapat berperan sebagai disenfektan bagi tubuh kita dan udara yang kita hirup. Sehingga dapat meningkatkan kualitas udara yang kita hembuskan.

14. Mencegah Alergi


Zat Capsaicin pada cabai merupakan zat yang bagus untuk mencegah beberapa gejala alergi atau alergi yang kita derita. Karena zat capsiacin ini diketahui memiliki manfaat sebagai zat anti inflamasi yang bisa membantu kita mengurangi efek gejala yang ditimbulkan oleh alergi.



Efek Samping


Selain Efek positif yang bisa kita dapatkan sebagaimana kita lihat diatas, ternyata cabai juga bisa memberikan efek negatif atau efek samping bagi kita. Hal tersebut tergantung kondisi tiap orang karena tiap tiap orang berbeda dalam merespon adanya zat cabai yang masuk kedalam tubuh. Selain itu kebanyakan makan cabai atau berlebihan dalam mengkonsumsinya bisa menyebabkan beberapa efek negatif pada tubuh kita. Berikut ini beberapa efek samping yang bisa kita dapatkan:

1.Sensasi Terbakar
2.Sakit Perut
3.Diare
4.Resiko Kanker

Penutup


Jadi tak hanya menambah cita rasa makanan, ternyata cabai dapat memberikan efek positif bagi tubuh kita, tetapi konsumsinya juga harus sesuai dengan kondisi tubuh kita. Karena beberapa orang ada yang tidak tahan dengan zat yang terkandung dalam cabai atau tidak menyukai makanan yang terlalu pedas walaupun setiap orang memiliki daya tahan terhadap cabai yang berbeda beda. Selain itu alangkah lebih baiknya jika kita mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan karena diketahui efek positif cabai juga bisa memberikan efek negatif lainnya. Demikianlah artikel tentang manfaat cabai bagi tubuh kita. Semoga informasi diatas dapat menambah pemahaman kita and memberikan manfaat kedepannya. Sekian dan terimakasih…




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "14 Manfaat Cabai yang Berguna Bagi Kesehatan Kita"