Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia

Sumber gambar : pojoksatu.id

Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia

sungai kapuas
Sungai Kapuas adalah sebuah sungai yang berada di pulau Kalimantan dan merupakan sungai paling panjang di Indonesia. Panjang Sungai Ini adalah 1 143 Kilometer atau hampir 2 kali panjang sungai Bengawan Solo yang ada di pulau Jawa. Titik awal dari sungai ini terletak jauh di pedalaman pulau Kalimantan bagian tengah tepatnya pada pegunungan Muller di Tengah tengah pulau Kalimantan. Aliran Sungai ini mengarah ke arah barat menuju selat Karimata bagian barat Pulau Kalimantan dan bagian Timur pulau Sumatera dan membentuk sebuah delta yang terletak di Pontianak yang merupakan Ibukota Kalimantan Barat. 

Nama sungai ini ini diambil dari nama daerah Kapuas. Selain itu kesultanan Banjar menyebutnya dengan nama yang berbeda yaitu Batang Lawai yang merupakan salah satu daerah disana.

Daftar Isi
  1. Hidrologi dan Geografi Sungai Kapuas
  2. Iklim Daerah Sungai Kapuas
  3. Fauna di Sungai Kapuas
  4. Transportasi daerah sekitar Kapuas

Hidrologi dan Geografi Sungai Kapuas


Sungai ini sebagaimana di jelaskan di pendahuluan di atas memiliki panjang 1 143 Km. Selain itu pada bagian delta sungai ini memiliki lebar hingga 700 meter dengan total area sungai mencapai 98,740 km². Daerah sumber air dari sungai ini (River Basin) memiliki luas sebanyak 67 persen total area kalimantan barat. Pada aliran hulu sungainya (daerah awal) memiliki debit air sekitar 2000 m³/s dan pada daerah hilir sungai (daerah akhir) memiliki debit air sekitar 6000 m³/s hingga 7000 m³/s.

Saat musim hujan debit air yang keluar menuju laut akan melonjak mencapai nilai maksimalnya. Yaitu saat bulan November hingga April ada kemungkinan tinggi permukaan air akan meningkat 10 - 12 meter dalam satu malam sehingga dapag melewati garis bibir sungai dan meluap ke daerah sekitar. Membanjiri area sekitar yang lebih rendah dan tidak memiliki sistem drainase yang baik.

Sungai kapuas juga melewati beberapa danau sepanjang alirannya. Beberapa danau ini seperti Bekuan, Belida, Genali, Keleka Tanggai, Luar, Seriang , Sentarum, dan lainnya. Saat musim hujan atau saat hujan melebihi 300mm, maka air pada sungai ini akan mengalir ke danau membagi debit air sungai ini hingga 1000 m³/s. Beberapa aliran ini termasuk efek positif karena mencegah banjir yang lebih besar.

Iklim Daerah Sungai Kapuas


Iklim pada daerah sungai ini termasuk dalam iklim tropis, hangat dan sangat lembap dengan curah hujan tahunan mencapai 2 863 mm hingga 5 517 mm per tahun. Dengan jumlah hari hujan dalam satu tahun mulai dari 120 hari hingga 309 hari. Suhu udara cenderung stabil bervariasi pada 24 derajat celsius pada suhu minimalnya dan 32 derajat celsius pada suhu maksimalnya sepanjang tahun.

Fauna di Sungai Kapuas


Ada kurang lebih 700 spesies ikan yang telah di identifikasi di daerah aliran sungai. Dari 700 spesies ikan diketahui 234 diantaranya memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Jenis jenis ikan yang bernilai ekonomis diantaranya adalah Lele Pangasius, Gurami, Arowana Super Red, Rasboras dan lainnya.

Dari jumlah tersebut terdapat 40 jenis ikan yang tercancam punah dan 12 jenis ikan yang langka. Spesies yang terancam ini diantaranya adalah arwana, Whipray air tawar, dan lele Wallago. Potensi perikanan pada daerah sungai kapuas adalah mencapai 2 juta ton.

Dari jenis jenis ikan tersebut kurang lebih 54 persennya adalah omnivora, 36 persennya karnivora (14 persen memangsa sesama ikan, 5 persen memakan serangga, 17 persen hewan hewan hutan kecil lainnya), 10 persen sisanya adalah herbivora yang 4 persennya termasuk spesialis pemakan Alga.

Selain ikan di daerah sekitar sungai ini memiliki beberapa penemuan hewan baru seperti ular lumpur kapuas (ditemukan tahun 2003 - 2005) yang memiliki kemampuan mengubah warna kulit. Beberapa hewan lainnya adalah wak wak / Kera / Gibbon, beberapa jenis Tupai.

Transportasi daerah sekitar Kapuas

sungai kapuas

Sungai Kapuas ini merupakan jalur air salah satu yang paling penting di pulau Kalimantan bagian barat. Menghubungkan daerah kota kota sekitar sungai dan beberapa daerah terpencil. Menghubungkan dari hilir sungai dan hulu sungai yang ada letak di kalimantan bagian tengah yang sangat sulit di jangkau dengan menggunakan jalur darat. Dengan kedalaman dan lebar sungai yang besar membuat beberapa kapal kargo dan kapal penumpang dapat melewati sungai ini

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Kapuas_River
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia"