Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sendang Biru, Pantai Wisata di Malang Selatan yang Keren

sumber dari ngalam.co
Sumber Gambar: ngalam.co

Sendang Biru, Pantai Wisata di Malang Selatan yang Keren

Kawasan pantai selatan jawa memang menjadi daya tarik yang indah dan memikat. Tak heran banyak terdapat pantai wisata di kawasan selatan pulau jawa yang berbatasan dengan laut selatan jawa dan samudra hindia.

Banyaknya kawasan pantai yang eksotis dan indah ini terbentuk akibat ganasnya ombak laut jawa bagian selatan bila musim ombak sudah tiba. Ombak besar kerap kali datang pada musim musim tertentu, kemudian mengikis batuan, membentuk tanah pantai di selatan pulau Jawa.

Akibat peristiwa alam tersebut, pantai pantai nan indah berjejer di kawasan selatan pulau jawa, dan juga tidak ketinggalan yaitu pantai selatan di kawasan kabupaten Malang, pulau jawa, provinsi jawa timur.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kawasan malang selatan memiliki pantai pantai yang bersejarah, indah, dan banyak terletak di sepanjang kawasan jalur lintas selatan. Pantai pantai ini satu yang lain tidak kalah indahnya, bahkan jika kita mencoba 1 pantai setiap tahun untuk bisa berlibur disini, mungkin puluhan tahun teman teman baru bisa mencicipi seluruh pantai yang ada di malang selatan.

Kawasan wisata pantai malang selatan memang menjadi salah satu destinasi wisata andalan masyarakat Jawa Timur, mulai dari kota Malang raya sendiri, atau bahkan sampai kota kota besar lain. Tidak sedikit juga yang dari luar provinsi atau bahkan luar pulau untuk bisa berwisata disini.

Akibat adanya jalan baru yang semakin membuat akses nyaman, yaitu JLS atau jalan/jalur lintas selatan, ekonomi kawasan wisata pantai semakin bergeliat, mengakibatkan meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar dan omset kawasan wisata. Membuat pantai pantai tersebut memiliki modal untuk menambah fasilitas yang ada di wisata tersebut sehingga pada akhirnya semakin banyak lagi orang yang akan berkunjung.

Wisata pantai yang keren keren di kawasan malang selatan ini diantaranya adalah pantai wisata balekambang, pantai wisata ngundel, pantai kondang merak, pantai clungup, pantai lenggoksono, pantai jonggring saloka, dan masih banyak pantai yang lain.

Salah satu pantai wisata yang tidak kalah unik adalah kawasan wisata pantai sendang biru. Kawasan pantai wisata Sendang Biru ini merupakan salah satu dari beberapa wisata pantai di malang selatan yang paling bagus. Bukan hanya terkait lokasi nya dan keindahannya saja yang bisa didapat, tetapi pengalaman yang menarik juga bisa didapatkan. Berikut ulasannya:

Daftar Isi:
  1. Lokasi kawasan wisata Sendang Biru

  • Harga Tiket Masuk kawasan wisata Sendang Biru
  • Keindahan Pantai dan Fasilitas kawasan wisata Sendang Biru
  • Kelebihan Kawasan Wisata Sendang Biru
  • Kelemahan Kawasan Wisata Sendang Biru
  • Kesimpulan

  • Lokasi kawasan wisata Sendang Biru

    Tempat kawasan wisata Sendang Biru ini terletak SendangBiru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kabupaten Malang, di daerah Malang Selatan, Jawa Timur. Jika melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Malang, anda bisa menempuh perjalanan ke arah selatan selama dua jam 10 menit. Dengan menempuh jarak 71.9 KM.

    Lokasi Sendang Biru ini berdekatan dengan objek wisata lain dan satu pulau yang dikhususkan untuk konservasi. Beberapa pantai disekitar Sendang Biru ini adalah, pantai watu pecah, pantai clungup, pantai tamban, pantai bajul mati, pantai watu leter dan masih banyak pantai lainnya yang berjejer kearah barat maupun timur pantai ini.

    Tepat didepan kawasan wisata Sendang Biru, terdapat pulau yang terkenal dengan pantai ditengah pulaunya yaitu pulau Sempu. Pulau ini sudah mulai di batasi untuk wisatawan karena merupakan kawasan yang dilindungi, tetapi jika anda merupakan peneliti yang akan melakukan penelitian, maka bisa mendapatkan ijin untuk memasuki kawasan pulau Sempu dengan didampingi guide atau penunjuk jalan yang biasanya merupakan warga sendang biru, menjadikan penelitian anda seperti penelitian sambil wisata asal tetap menjaga kawasan ini.

    Biasanya sebelum dibatasi, tujuan utama wisatawan adalah ke kawasan Pulau Sempu dan pantai sendang biru adalah pemberhentian sebelum menyewa perahu dan melanjutkan perjalanan. tetapi sejak dibatasi kawasan sendang biru terutama pantainya, kurang begitu diminati wisatawan.

    Harga Tiket Masuk kawasan wisata Sendang Biru


    Untuk Harga tiket masuknya ke Sendang Biru dipatok dengan harga Rp 5000-11000 dan tiket parkir mobil Rp 5000 - 15000 (harga 2019). dengan harga yang cukup terjangkau tentu saja cukup murah untuk berada di kawasan wisata Sendang Biru. Pantai sendang biru ini dibuka 24 jam tetapi toko toko disekitarnya mungkin memiliki beberapa waktu buka dan tutup yang berbeda beda.

    Beberapa pengunjung merasa tidak nyaman dengan harga tiket masuk ke kawasan sendang biru yang berubah ubah, beberapa pengunjung mendapatkan harga 5000 dan beberapa pengunjung mendapatkan harga 11000. dan menjadi alasan mereka untuk kapok datang lagi ke kawasan pantai sendang biru. tetapi bagi anda yang tidak keberatan dengan harga tersebut, wisata ke sendang biru bisa jadi pilihan.

    Keindahan Pantai dan Fasilitas kawasan wisata Sendang Biru


    Bisa dibilang kawasan Sendang Biru ini merupakan kawasan pantai wisata nelayan, karena banyaknya nelayan yang juga biasa memancing disekitar pulau. Memang untuk keindahan pantainya tidak seperti pantai pantai lain yang los dengan pasir kemudian langsung berhadapan dengan laut lepas. Disini, keindahan lain adalah interaksi dengan masyarakat sekitar (kawasan pemukimannya bernama sendang biru) dan pengalaman yang bisa diambil.
    Kawasan pemukiman sendang biru

    Contoh pengalaman lain yang bisa di dapatkan di kawasan wisata sendang biru adalah banyaknya warung wisata kuliner ikan laut yang ada di sekitar bibir pantai. Wisata kuliner ini memiliki beberapa pilihan ikan mulai dari ikan laut biasa sampai yang tidak biasa.

     banyak nelayan menambatkan perahu disini Sumber Gambar: Amazingmalang.id


    sumber gambar jatimtimes.com
    tempat pelelangan ikan di sendang biru sumber gambar jatimtimes.com

    Makan kuliner laut dan didampingi angin pantai serta pemandangan pulau sempu di sebrang pantai sendang biru membuat pantai ini menjadi salah satu kawasan wisata yang tak terlupakan. Menggabungkan antara kawasan wisata pantai dan wisata kuliner.

    Selain itu, beberapa warung juga menjual minuman minuman segar di kawasan Sendang Biru. Seperti es degan dan minuman penyejuk lainnya yang cocok diminum dengan kondisi iklim pantai.

    Fasilitas lainnya selain warung yang cukup banyak di pantai sendang biru, adalah tersedianya tempat mandi, tempat Sholat atau mushola, dan toilet yang cukup banyak, sehingga teman teman tidak perlu mengantri. Selai itu kawasan Sendang Biru ini memiliki fasilitas sewa perahu motor, dengan menyewa perahu motor ini teman teman bisa berkeliling disekitar pantai atau mengelilingi pulau sempu.
    sumber wikipedia

    Pulau Sempu di seberang sendang biru
    Kawasan danau di pulau sempu
    Karena kawasan sempu sudah menjadi kawasan terbatas, maka wisatawan tidak dianjurkan memasukinya, kecuali dengan izin khusus atau melakukan penilitian yang juga sudah mendapatkan izin. Pulau sempu ini tidak kalah cantiknya, memiliki danau air asin yang berada di pinggir pulau berbatasan dengan laut lepas dan hanya dipisahkan oleh batu karang pembatas. Biasanya batu karang pembatas ini bisa dilalui air laut sehingga danau di dalam menjadi Asin.
    Pulau Sempu di seberang sendang biru
    Pulau Sempu tepat terletak di depan sendang biru
    Pulau Sempu tepat terletak di depan sendang biru
    Laut lepas di luar pulau sempu

    Kelebihan Kawasan Wisata Sendang Biru

    1. Pantai nya para nelayan
    2. Fasilitas cukup lengkap
    3. Perjalanan menuju lokasi cukup baik
    4. Ada Tempat Pelelangan Ikan
    5. Ada wisata kuliner
    6. Bisa menyewa perahu

    Kelemahan Kawasan Wisata Sendang Biru


    1. Pulau sempu yang menjadi destinasi wisata lanjutan setelah Kawasan Wisata Sendang Biru menjadi kawasan terbatas
    2. Bibir pantai terhalang oleh dinding untuk pelabuhan nelayan
    3. Jika musim ombak tinggi, anda akan kesulitan menikmati tempat ini.
    4. kadang beberapa spot kurang bersih

    Kesimpulan

    Bagi teman teman yang suka wisata kuliner dan wisata pantai juga dan ingin ber wisata maka sangat disarankan ke Kawasan Wisata Sendang Biru, dengan adanya fasilitas lengkap dan TPI di dekat lokasi, maka akan menjadi wisata anda menyenangkan.

    Tetapi jika ingin wisata kuliner saja Kawasan Wisata Sendang Biru ini juga cocok untuk melakukan pemberhentian sebelum menuju kawasan wisata pantai lain disekitarnya, karena wisata pantai lain pun juga tidak terlalu jauh jaraknya.

    Selain itu jika anda peneliti yang hendak melakukan penelitian di Pulau sempu, tidak ada salah nya melakukan wisata kuliner di Kawasan Wisata Sendang Biru sebelum menuju pulau sempu.

    Jika anda bosan dengan wisata kulinernya di pantai sendang biru, maka bisa menyewa perahu untuk melihat keindahan pantai sekitar dan memutari pulau sempu dari jauh.


    isyana media
    isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

    Posting Komentar untuk "Sendang Biru, Pantai Wisata di Malang Selatan yang Keren"