Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samudra Terluas Di Dunia

Samudra Teluas Di Dunia

Samudra Terluas Di Dunia

Sebelum membahas lebih lanjut kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti samudra. Samudra adalah suatu kumpulan air dalam daerah yang sangat besar berada diantara benua. Secara pengamatan, sebenarnya samudra samudra yang ada di bumi membentuk satu samudra yang sangat luas karena samudra samudra tadi satu sama lain saling terhubung. 

Perbedaannya dengan lautan adalah definisi lautan sebagai suatu area air asin yang besar menempati permukaan bumi, dari segi area lautan lebih kecil dibandingkan samudra.

Perlu diketahui bahwa samudra dan lautan mempunyai proporsi hampir 70 persen dari luas permukaan di Bumi, menjadikannya sangat berpengaruh terhadap kondisi atmosfer iklim dan cuaca di daratan.

Secara Umum Samudra di bagi menjadi 4 bagian. Bagian satu dengan yang lain memiliki luas dan karakteristik yang berbeda. Untuk itu berikut adalah daftar Samudra terluas di Dunia.

Daftar Isi
  1. Samudra Pasifik
  2. Samudra Atlantik
  3. Samudra Hindia
  4. Samudra Artik

1. Samudra Pasifik

Samudra Teluas Di Dunia

Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia, dengan luas area mencapai 165,250,000 km2 dengan volume air mencapai 710,000,000 km3. Kedalaman rata rata samudra pasifik adalah 4,000 meter dengan titik terdalamnya mencapai 10,911 m yaitu pada palung mariana. Selain palung mariana, palung lainnya yang juga sangat dalam adalah palung Tonga dengan kedalaman 10,800 meter. Samudra ini melingkupi 46% air di permukaan bumi menjadikannya lebih luas dari semua daratan yang ada di permukaan bumi jika di gabungkan.

Samudra Teluas Di Dunia
Posisi Samudra Pasifik

Batas Samudra Pasifik utara adalah selat bering yang memisahkan dengan samudra Artik, Batas barat adalah lautan Indonesia yang memisahkan samudra pasifik dengan Samudra Hindia. Dan di Timur Samudra Pasifik dibatasi oleh Jalur Drake dan selat Magelan di selatan Chile membatasinya dengan Samudra Atlantik

Beberapa lautan yang berada di samudra ini adalah Laut China Selatan, laut China Timur, laut Jepang, laut Filipina, laut Tasman di antara Benua Australia dan Selandia Baru, laut Coral di dekat pulau Papua dan Australia, serta laut Okhotsk berada dekat dengan Rusia dan Jepang antara Pulau Kuril, Sakhalin, dan Hokaido.

Ada sekitar 25 ribu pulau yang berada di Samudra Pasifik. Pulau pulau ini di bagi menjadi beberapa kategori grup, Micronesia, Melanesia, dan Polynesia. Area kepulauan yang terbesar adalah kepulauan polynesia yang membentang di antara Pulau Hawai di Utara dan Selandia Baru di selatan.

Samudra Pasifik memiliki variasi suhu mulai dari −1.4 °C sampai 30 °C. kadar salinitas air juga bervariasi mulai dari 37 per 1000 bagian sampai 32 per 1000 bagian.

Berikut Adalah daftar beberapa negara yang berbatasan dengan Samudra Pasifik:

Argentina
 Australia
 Brunei
 Cambodia
 Canada
 Chile
 Colombia
 Costa Rica
 Ecuador
 Indonesia
 Japan
 Malaysia
 Mexico
 New Zealand
 Panama
 Papua New Guinea
 Peru
 Philippines
 Russia
 Singapore
 Thailand
 Timor-Leste
 Tonga
 United States
 Vietnam

Dalam Masalah Lingkungan Samudra Pasifik diketahui memiliki masalah sampah akibat polusi yang di akibatkan ulah manusia yang sembarangan membuang sampah. Sekitar  80,000 metric ton plastik diketahui telah terbuang ke samudra ini, yang jika ditotal luasnya mencapai 3 kali luas Prancis.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Pacific_Ocean

2. Samudra Atlantik

Samudra Teluas Di Dunia atlantik

Samudra Atlantik adalah samudra terluas kedua setelah samudra Pasifik. Luas Samudra Atlantik adalah 106,460,000 km2 terbagi menjadi 2 bagian. Bagian Atlantik Utara sebesar 41,490,000 km2 dan Bagian Atlantik Selatan sebesar 40,270,000 km2. kedalaman terdalam di palung Puerto Rico 8,376 m. Samudra ini memiliki volume air sebanyak 310,410,900 km3. kedalaman rata rata samudra ini adalah 3,646 m. Samudra Atlantik melingkupi 20 persen permukaan bumi dan merupakan 29 persen total air di permukaan bumi.

Posisi Samudra Atlantik

Batas Samudra Atlantik adalah Benua Eropa dan Benua Afrika dibagian timur, kemudian batas barat adalah benua Amerika. Di sisi selatan samudra atlantik dibatasi oleh Antartika. Di sisi Utara ada selat Norwegia, Laut Greenland, Laut Norwegia, dan laut Barent.

Beberapa Lautan yang termasuk pada Samudra ini adalah Laut Baltik di scandinavia eropa , Laut Hitam di antara Turki, Rusia dan Ukraina, Laut Caribbean di Kepulauan karibia, Selat Denmark, Selat Davis di dekat Greenland, Laut mediteranian, Laut Utara di dekat Inggris Norwegia dan Jerman, Laut norwegia dan laut Scotia.

Kadar salinitas pada Samudra Atlantik bervariasi antara 33 hingga 34 per 1000 bagian. Penguapan, masuknya air sungai serta es yang mencari juga mempengaruhi kadar salinitas di daerah ini. 

Permasalahan lingkungan yang di hadapi oleh ekosistem samudra ini akibat dari pencemaran limbah aktifitas manusia. Sumber pembuangan industri beberapa negara di sekitar samudra Atlantik juga mengakibatkan berbagai macam kerusakan lingkungan. Beberapa negara tersebut seperti Amerika Serikat, Brazil dan Argentina. Selain itu Beberapa angin kencang dari samudra Atlantik juga semakin meningkat aktifitasnya akibat tingginnya suhu permukaan air laut. 

Berikut Adalah daftar beberapa negara yang berbatasan dengan Samudra Atlantik:

Kanada
Amerika Serikat
Meksiko
Brazil
Cuba
Inggris
Greenland
Denmark
Perancis
Spanyol
Portugal
Argentina
Panama
Maroko
Ghana
Nigeria
Angola
Namibia
Irlandia
Puerto Riko
Uruguay
Guatemala
Nikaragua
Republik Dominika
Mauritania
Liberia
Gambia

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Atlantic_Ocean


3. Samudra Hindia

Samudra Teluas Di Dunia samudra Hindia

Samudra Terluas di dunia yang ketiga adalah samudra Hindia. Dengan luas sekitar 70,560,000 km2 dan merupakan 19,8 % dari luas air yang ada di permukaan bumi. Dibatasi oleh benua Asia di utara, benua Afrika di barat, benua Australia di timur dan Antartika di selatan. Kedalaman rata rata samudra ini adalah 3 741 m dengan titik terdalam mencapai 7 258m.

Posisi Samudra Hindia

Beberapa laut yang termasuk pada samudra ini adalah laut Arabia, laut merah, teluk aden, teluk persia, teluk oman, selat hormuz, teluk bahrain, laut andaman, laut laccadive di dekat maldive, selat malaka dan selat sunda di laut indonesia dan teluk carpentaria yang terletak di Australia utara. 

Samudra Hindia adalah samudra terhangat yang ada di bumi, dengan suhu bervariasi mulai dari  22 °C hingga  28 °C. dengan panjang maksimum 9,600 km dan lebar maksimum 7,600 km. Suhu di permukaan samudra hindia diketahui semakin meningkat 1.2 °C  secara kontinu, berbagai ahli memperkirakan akibat dari pemanasan Global.

Berikut Daftar Negara negara yang berbatasan dengan Samudra Hindia :

Saudi Arabia
Yaman
Oman
Bahrain
Qatar
Iran
India
Pakistan
Maldives
Bangladesh
Myanmar
Thailand
Malaysia
Indonesia
Australia
Somalia
Madagaskar
Tanzania
Malawi
Afrika Selatan
Kenya
Uni Emirat Arab
Sri Langka

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Indian_Ocean

4. Samudra Artik

Samudra Teluas Di Dunia artik

Samudra Terluas Di Dunia yang terakhir adalah samudra Artik. Samudra ini adalah samudra yang paling dangkal dibandingkan dengan samudra lainnya. Letak Samudra ini ada di Kutub Utara dikelilingi oleh Benua Asia, Amerika bagian Utara, Benua Eropa dan Pulau Greenland.

Posisi Samudra Artik

Samudra Artik Memiliki luas 14,056,000 km2 dan luasnya lebih kecil dibandingkan dengan negara Rusia yang memiliki luas 16,377,742 km2. beberapa laut yang termasuk pada samudra ini adalah laut Barents di utara Eropa, Laut Beaufort di Utara Alaska, Laut Chukci di antara Alaska dan Rusia, Laus Siberia Timur, Laut Greenland, Laut putih di utara Rusia dan perbatasan dengan selat Bering dengan Samudra Pasifik serta Laut greenland membatasi dengan Samudra Atlantik
Kedalaman Samudra ini bervariasi antara 150 - 900 meter dengan sisi bagian atas dekat dengan kutub utara adalah bagian yang menjadi lautan es. Butuh temperatur −1.8 °C pada sebuah air laut untuk membeku maka suhu di Samudra ini lebih dingin.

Beberapa Negara yang berbatasan dengan Samudra ini adalah:

Rusia
Kanada
Greenland
Denmark
Norwegia
Amerika Serikat Bagian Alaska


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Samudra_Arktik


Sebenarnya beberapa usul telah di kemukakan terkait Samudra kelima yang didefinisikan sebagai samudra yang mengelilingi Benua Artantika, tetapi beberapa negara tampaknya belum sepakat dengan definisi ini dan menggabungkan lautan di sekitar samudra antartika dengan samudra lainnya.


Demikianlah Daftar Samudra Terluas Di Dunia. Karena Luas Lautan ini lebih banyak dari pada daratan di permukaan bumi, tentu efeknya sangat berpengaruh bagi kita yang ada di Daratan. Selain itu beberapa pencemaran lingkungan oleh limbah manusia bisa menyebabkan rusaknya ekosistem Samudra di sekitar kita, bisa jadi hasil tangkapan ikan dan berbagai macam olahan lainnya akan berkurang tentu saja akan berpengaruh pada ekonomi dan kebutuhan makanan manusia.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Samudra Terluas Di Dunia"