Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Volume Balok, Cara menghitung dan Soal Latihan

cara menghitung volume balok
rumus volume balok

Rumus Volume Balok, Cara menghitung dan Soal Latihan

Balok pada dasarnya suatu benda 3 dimensi yang memiliki panjang lebar dan tinggi, terdiri dari 6 bidang permukaan berbentuk persegi, 12 rusuk dan 6 sudut. 12 rusuk ini dibagi menjadi bagian rusuk panjang berjumlah 4, rusuk lebar berjumlah 4 dan rusuk tinggi berjumlah 4.


Rusuk rusuk tersebut bisa memiliki nilai panjang, lebar, dan tinggi yang salin berbeda. Panjang rusuk dan lebar rusuk bisa saja memiliki nilai yang sama dengan tinggi rusuk memiliki nilai yang berbeda, begitu juga nilai panjang dan tinggi sama dengan nilai lebar yang berbeda. Tetapi jika panjang rusuk tersebut sama besar, maka tidak dinamakan balok, melainkan Kubus.

Daftar isi:

  1. Pendahuluan
  2. Rumus volume balok
  3. Contoh soal cara menghitung volume balok

Pendahuluan 

Volume Balok tersusun atas 6 sisi bidang berbentuk persegi, bidang permukaan tersebut menyusun balok dari depan belakang atas bawah kanan dan kiri. Membentuk suatu kesatuan ruang 3 dimensi tidak saling melampaui.

Tidak seperti Kubus yang memiliki nilai rusuk yang sama. Balok memiliki nilai rusuk yang berbeda setiap bagian panjang lebar dan tinggi. Jika kubus memiliki bidang permukaan yang sama besar satu sama lain, bidang permukaan balok saling beda dengan satu yang lain




Seperti pada gambar ditunjukan bahwa volume balok tersebut memiliki bidang permukaan dengan besar yang berbeda. Luas persegi merah dengan persegi kuning serta persegi hijau tidak sama besar. Jadi jika luas persegi hijau diketahui belum tentu nilai rusuk bisa diketahui seperti yang dilakukan pada Kubus.

Luas bidang pada persegi panjang merah satu dengan lainnya sama, luas bidang Hijau satu dan lainnya juga sama, serta persegi kuning satu dengan lainnya juga sama. Yang nantinya akan membedakan dengan ciri dari kubus yang memiliki luas persegi permukaannya adalah sama.

Rumus Volume Balok


Cara menghitung volume balok adalah dengan mengkalikan 3 Rusuk yang ada pada balok, yaitu rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi. Berikut adalah penjelasan gambarnya:

Volume balok biasanya di simbolkan dengan huruf V, tambahan satuan dari volume adalah kubik. Misalkan satuan panjan dijabarkan dengan meter maka volume baloknya disebut meter kubik atau m³
Dengan pangkat 3 disamping huruf m. jika dijabarkan dalam sentimeter atau cm, maka volume baloknya disebut sentimeter kubik atau cm³ dan seterusnya.

Sebenarnya dalam rumus volume balok tidak perlu mengetahui rusuk mana yang menjadi panjang rusuk mana yang menjadi lebar atau rusuk yang menjadi tinggi. Karena nantinya setiap rusuk akan dikalikan semua dalam rumus, tetapi jika soal diminta menunjukan rusuk mana yang menjadi panjang, lebar atau tinggi. Maka rusuk panjang adalah rusuk yang lebih besar nilainya dari rusuk lain yang berada dalam satu alas, dan rusuk tinggi adalah rusuk yang tegak lurus atau mengarah keatas dari alas.

Jika dari satuan meter diturunkan satuannya menjadi sentimeter, maka kita bisa mengkalikan nilainya dengan x 100 karena turun 2 tingkat atau 2 tangga. 1 meter = 100 sentimeter. Tetapi jika dalam volume balok, maka 1 meter³ = 1 000 000 sentimeter³. penurunan dalam volume dikalikan 1000 setiap tingkatan tangga penurunan

Biasanya hal yang mengecoh dalam soal adalah rusuk memiliki satuan sentimeter tetapi jawaban yang diminta adalah dalam satuan meter kubik, maka bisa diubah satuannya sebelum memasukannya kedalam rumus. Atau mengubah satuannya setelah hasil perhitungan diketahui.

Contoh soal cara menghitung volume balok


1.Sebuah balok memiliki panjang 10 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 15 meter. Berapa volume balok tersebut  ?

volume balok dengan 10x5x15
Diketahui
Panjang = 10 meter
Lebar = 5 meter
Tinggi = 15 meter

Jawaban :
Volume = p x l x t
Volume = 10m x 5m x 15m
Volume = 750m³

2.Sebuah balok memiliki panjang 15 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 25 meter. Berapa volume balok tersebut ?

volume balok dengan 15x5x25
Diketahui
Panjang = 15 meter
Lebar = 5 meter
Tinggi = 25 meter

Jawaban :
Volume = p x l x t
Volume = 15m x 5m x 25m
Volume = 1875 m³


3.Sebuah kontainer memiliki ukuran 20M x 10M x 30M. akan digunakan untuk memasukan sebuah kubus dengan panjang rusuk 1M x 1M x 1M. berapa banyak kubus yang bisa dimasukan dalam kontainer tersebut ?


Diketahui
kontainer memiliki:
Panjang= 20 meter
Lebar = 10 meter
Tinggi = 30 meter

Jawaban :
Kardus memilki volume balok sebesar
Volume = p x l x t
Volume = 10m x 5m x 15m
Volume = 6000m³

Volume kardus kecil = 1m x 1m x 1m = 1m³
Volume kontainer 6000m³ / Volume kardus kecil 1m³

6000 kardus kecil

4.Sebuah kolam memiliki volume 2000 meter kubik, jika diketahui panjang kolam adalah 10 meter, lebar 5 meter, berapa tinggi kolam tersebut?

volume balok dengan volume diketahui
Diketahui
Volume balok / volume kolam = 2000m³
Panjang = 10 meter
Lebar = 5 meter

Jawaban :
Volume = p x l x t
2000m³ = 10m x 5m x tinggi
2000m³ / 50m² = 40m

5.Sebuah akuarium memiliki lebar 10 cm panjang 30 cm dan tinggi 40 cm. Berapa volume air yang diperlukan untuk mengisi akuarium tersebut setengah penuh?

volume balok akuarium setengah isi
Diketahui
Panjang = 30 cm
Lebar = 10 cm
Tinggi = 40 cm

Jawaban :
Volume = p x l x t
Volume = 30cm x 10cm x 40cm
Volume balok akuarium= 12000cm³

Agar setengah penuh
Volume = 12000cm³ / 2
Volume = 6000cm³


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Rumus Volume Balok, Cara menghitung dan Soal Latihan"