Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permainan Anak Yang Mendidik, Jenisnya dan Manfaatnya

Permainan Anak Yang Mendidik, Jenisnya dan Manfaatnya


Siapa yang tidak mau memberikan kebutuhan edukasi kepada anak yang baik?, tentu semua orang tua yang baik ingin melakukannya. Perkembangan anak yang baik dalam bidang pendidikannya menjadi perhatian bagi semua orang tua. Sehingga dari kecil, anak anak akan diedukasi dengan berbagai macam cara.

Tentu saja proses edukasi bagi anak anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan berbeda dengan anak anak yang sudah dewasa atau menginjak usia remaja. Biasanya anak anak akan cenderung menyukai edukasi yang menarik bagi mereka. 

Salah satu cara edukasi yang menjadi andalan orang tua adalah dengan menggunakan permainan anak yang mendidik. Permainan ini tentu bukan hanya sebagai hiburan bagi anak, tetapi bertujuan untuk meng edukasi anak dari usia awal perkembangan kemampuan berpikirnya.

Tujuan permainan anak yang mendidik ini adalah untuk mendapatkan manfaat yang tentunya akan berguna bagi perkembangan kemampuan anak.dikutip dari playgroundprofessionals.com. ada 6 manfaat yang bisa didapat dari permainan anak ini. Yang pertama permainan anak berguna untuk meningkatkan IQ anak anak, Kedua mengembangkan kemampuan sensorik mereka, yang ketiga meningkatkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah, keempat meningkatkan kreatifitas, kelima meningkatkan kemampuan sosial dan emosional mereka, and keenam meningkatkan konsenterasi.

Jadi permainan anak haruslah memiliki paling tidak satu tujuan tersebut, agar waktu anak tidak terbuang sia sia dalam melakukan permainan yang tidak berguna bagi perkembangan kemampuan awal mereka.untuk itu penting bagi orang tua untuk memilih permainan anak yang mendidik tidak hanya menyenangkan tetapi juga mendidik secara bersamaan.

Masing masing jenis permainan anak tentunya memiliki manfaat yang bermacam macam, ada yang meningkatkan kemampuan berpikir ada juga yang meningkatkan kemampuan motorik, dan orang tua harus senantiasa menjaga mereka dan menemani saat permainan ini dirasa membutuhkan bimbingan orang tua. 

Berbagai macam permainan itu beberapa mungkin sudah kita kenal, tetapi apakah kita mengetahui manfaat  permainan anak tersebut yang kita lakukan selama ini? Untuk itu mari kita bahas di artikel ini.

Daftar Isi:
  1. Permainan anak aktifitas fisik
  2. Permainan Puzzle
  3. Permainan Susun Balok
  4. Mewarnai
  5. Eksperimen Sains
  6. Kesimpulan


1.Permainan Anak Aktifitas Fisik


Permainan anak dengan aktifitas fisik memiliki berbagai macam jenis nya, masing masing daerah kadang memiliki permainan anak tradisional nya maing masing. Beberapa contoh permainan anak yang mendidik dari segi aktifitas fisik yaitu : Petak umpet, engrang, gobak sodor, engklek dan permainan lainnya menyesuaikan lingkungan dan kondisi yang ada.

Salah satu ciri khas permainan ini adalah membuat anak untuk duduk lebih “jarang”, dan menghabiskan waktu dengan melakukan gerak dan aktifitas tanpa duduk. Dalam hal ini pemerintah Australia contohnya, menganjurkan anak untuk tidak berada lebih dari 2 jam didepan layar gawai. Sehingga mau tak mau permainan aktifitas fisik menjadi lebih sering.

Web site kesehatan milik pemerintah Australia www.healthdirect.gov.au juga menyarankan untuk melakukan permainan anak berupa aktifitas fisik selama 60 menit setiap hari dengan permainan yang di kombinasi termasuk misalnya berjalan cepat, bersepeda, berlari atau bermain olahraga bersama teman.

Manfaat dari permainan anak yang mendidik dalam aktifitas fisik ini adalah akan meningkatkan kesehatan, mengembangkan kesehatan tulang, otot, dan sendi. Organ yang terpengaruh juga akan lebih sehat diantaranya jantung paru paru. Gerak tubuh akan lebih fleksibel, meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh. Yang paling penting, adalah meningkatkan ke sistem koordinasi anak yang akan berguna bagi anak saat tumbuh dan kembangnya.

2.Permainan Puzzle


Permainan anak yang mendidik selanjutnya adalah permainan puzzle. Permainan ini biasanya gambar utuh yang dipotong potong sedemikian rupa sehingga satu potongan dengan potongan lain memiliki bagian yang unik dan nantinya bisa disatukan dan saling melengkapi agar menjadi gambar yang utuh kembali.

Beberapa manfaat dari anak yang melakukan permainan ini seperti yang dikutip oleh exodusescaperoom.com. yang pertama, meningkatkan kemampuan kognitif anak, anak menjadi lebih paham bagaimana melakukan arahan langkah demi langkah untuk mencapai goal permainan. Yang kedua melatih sistem koordinasi mata dan tangan, karena permainan ini melatih kemampuan dua bagian tubuh ini. Yang ketiga, melatih kemampuan motorik halus yang bagian ini juga bertanggung jawab meningkatkan kemampuan lainnya seperti menggambar dan menulis. Yang keempat adalah meningkatkan kesadaran akan penghargaan diri ketika permainan ini selesai, karena permainan puzzle kadang menjadi tantangan dan menyelesaikannya adalah sebuah prestasi. Yang kelima adalah meningkatkan kemampuan sosial jika orang tua juga mendampingi selama permainan berlangsung atau didampingi oleh teman temannya yang lain.

3.Permainan Susun Balok

Permainan ini lebih seperti bermain lego atau menyusun balok. Adalah permainan anak yang mendidik selanjutnya yang bermanfaat sebagai sarana bagi anak mengembangkan kemampuan perkembangan mereka. Mereka akan tertantang untuk melakukan kegiatan bongkar pasang, mencocokan, pengaturan, penghitungan sehingga meningkatkan kemampuan kreatifitas mereka. Selain itu, kemampuan emosional akan juga terasah disamping kemampuan fisik mereka.

Kemampuan koordinasi antara mata dan tangan juga akan terasah karena permainan ini menggunakan kedua bagian tubuh ini secara bersamaan. Peningkatan juga terjadi pada kapasitas berpikir secara logika yang akan memberikan pemahaman sebab akibat pada anak, misal jika menaruh balok agak pada ujung bangunan, maka balok tersebut akan jatuh. Dan sebagainya.

Sumber : funwithmama.com 

4.Mewarnai


Banyak manfaat bagi anak jika mereka belajar mewarnai sejak dini, kemampuan pertama yang bisa didapat adalah berkembangnya kemampuan bahasa mereka, dengan orang tua memberikan pengetahuan tentang macam warna, dan jenis gambar yang akan digambar, akan meningkatkan kekayaan kosa kata mereka. 

Selanjutnya tentu saja kemampuan motorik anak akan terasah, koordinasi tangan dalam menggambar tentu saja bukan hal yang mudah. Dengan anak terbiasa melakukannya maka kemampuan sistem koordinasi mereka akan terasah semakin mereka mempelajarinya.

Ketiga, kemampuan menulis juga akan terasah. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa semakin muda seseorang anak diajari cara memegang pensil maka semakin percaya diti mereka menggerakan pensil tersebut untuk menulis sesuatu.

Keempat sebagai terapi dan mengeluarkan perasaan stres mereka. Karena secara natural permainan ini mengajak anak untuk lebih kalem dan santai saat mewarnai, pikiran menjadi lebih terbuka dan segar untuk menerima lebih banyak pelajaran saat di sekolah.

Kelima meningkatkan rasa percaya diri, karena mewarnai hingga selesai adalah sebuah proses dan saat selesai, maka hal tersebut adalah sebuah prestasi. Keenam meningkatkan kesadaran akan bentuk, warna, dan batas. Ketujuh meningkatkan ekspresi pribadi karena pemilihan warna adalah luapan ekspresi mereka, yang kedelapan meningkatkan kreatifitas, yang ke sembilan adalah meningkatkan kemampuan mereka untuk melakukan perencanaan dan yang terakhir meningkatkan waktu berkualitas bersama orang tua.

Sumber : lemontreebookco.com

5.Permainan anak berbalut eksperimen sains


Mengajarkan sains pada anak sejak dini mungkin akan agak sulit, tetapi jika permainan anak yang mendidik ini di balut dalam suatu eksperimen yang menarik, tentu anak akan tertarik dan cepat belajar.

Diantara manfaat melakukan ini adalah meningkatkan kemampuan anak dalam mengobservasi, kemudian meningkatkan rasa penasaran anak akan suatu hal, selain itu juga akan meningkatkan kemampuan  eksplorasi anak secara mandiri dari lingkungan yang ada.

Kesimpulan


Permainan anak yang mendidik sangat beragam macamnya dengan manfaat yang berbeda beda. Selain hal diatas tentu saja masih banyak manfaat dan jenis permainan anak. Edukasi jenis ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk mempersiapkan anak agar dapat berkembang dengan baik selain melakukan edukasi di sekolah. Tentu saja edukasi diatas menjadi semakin efektif saat mereka tidak merasa terbebani dan terintimidasi saat melakukan berbagai kegiatan tersebut. Dan jangan lupa untuk tidak melakukannya secara berlebihan agar anak memiliki waktu untuk istirahat dan mencerna yang sudah ia dapat.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Permainan Anak Yang Mendidik, Jenisnya dan Manfaatnya"