Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Negara Menurut Ahli, Unsur, Bentuk, dan Fungsinya

Pengertian Negara Menurut Ahli, Unsur, Bentuk, dan Fungsinya


Dalam artikel ini kita akan membahas pengertian negara menurut pendapat ahli, berdasarkan bahasa, fungsi, dan unsurnya. Berikut ini penjelasannya:

Daftar Isi
  1. Menurut KBBI
  2. Menurut Bryan Garner
  3. Menurut Eller dan Jack David
  4. Menurut Anthony D Smith
  5. Pengertian Negara Menurut Paul James
  6. Pengertian Negara Menurut Mirriam Budihardjo
  7. Pengertian Negara Menurut Robert M MacIver
  8. Pengertian Negara dari Bentuknya
  9. Pengertian Negara berdasarkan Teori Terbentuknya
  10. Pengertian Negara dari Fungsinya Menurut Para Ahli
  11. Pengertian Negara atas unsur terbentuknya



Pengertian Negara menurut Bahasa


Pengertian Negara menurut KBBI, negara adalah:

Pengertian Negara

Pengertian Negara menurut kamus Cambridge

Kumpulan / sekelompok besar manusia yang tinggal dalam satu area yang sama dengan pemerintahan mereka sendiri, bahasa mereka sendiri, tradisi mereka sendiri dan lain sebagainya.

Kumpulan / sekelompok besar manusia yang memiliki ras yang sama dengan memiliki bahasa yang sama, tradisi yang sama, sejarah yang sama tetapi mungkin tidak tinggal pada satu area yang sama.


Pengertian Negara menurut kamus merriam-webster

Komunitas dari berbagai macam orang yang terdiri dari satu atau lebih kebangsaan yang berbeda memiliki sebuah wilayah yang lebih atau kurang dari itu dan sebuah pemerintahan

Bagian wilayah yang mempunyai sekelompok orang yang memiliki satu atau lebih kebangsaan dan biasanya bercirikan dengan jumlah nya yang besar dan status kemerdekaannya.


Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara menurut Bryan Garner

Negara adalah suatu komunitas masyarakat yang terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, kesamaan wilayah, kesamaan sejarah, kesamaan etnis, atau kesamaan psikologi yang di manifestasikan dengan budaya yang sama. Seta sebuah negara memiliki kepolitikan yang lebih jelas dari pada suatu kelompok etnis.

Garner, Bryan A., ed. (2014). "nation". Black's Law Dictionary (10th ed.). p. 1183. ISBN 978-0-314-61300-4.

Pengertian Negara menurut Eller dan Jack David 

Negara adalah suatu kelompok etnis yang sepenuhnya dilembagakan ( telah menjadi lembaga ) atau sepenuhnya termobilisasi. Beberapa negara adalah sekolompok etnis dan beberapa lainnya tidak ( multiculturalism )

Eller, Jack David (1997). "Ethnicity, Culture, and "The Past"". Michigan Quarterly Review. 36 (4). hdl:2027/spo.act2080.0036.411.

Pengertian Negara menurut Anthony D Smith

Negara juga bisa di definisikan sebagai komunitas budaya-politik yang sadar akan otonominya, sadar akan kesatuan, dan memiliki tujuan yang sama.

Anthony D. Smith (8 January 1991). The Ethnic Origins of Nations. Wiley. p. 17. ISBN 978-0-631-16169-1.

Pengertian Negara menurut Paul James 

Negara adalah komunitas yang dibayangkan (imagined community) dengan rasa bahwa “bahan” kondisi tersebut ada untuk membayangkan hubungan / jaringan yang luas dan bersama dan bahwa secara objektif tampak bersifat umum 

Bahkan jika setiap individu di negara tersebut menganggap dirinya sebagai subjek dari bagian kesatuan dengan yang lain. Biasanya Para anggota suatu negara tetap dapat dianggap sebagai orang asing dan dimungkinkan untuk tidak pernah bertemu sama sekali.

James, Paul (2006). Globalism, Nationalism, Tribalism: Bringing Theory Back In. London: Sage Publications.

Pengertian Negara menurut Ahli Ilmu Politik Mirriam Budihardjo

Pengertian Negara

Dasar-dasar Ilmu Politik (2007)

Pengertian Negara menurut Robert M MacIver
Pengertian Negara

Pengertian Negara menurut Max Weber 
Pengertian Negara

Pengertian Negara menurut Harold J Laski 
Pengertian Negara

Pengertian Negara menurut Roger H Soltau 
Pengertian Negara


Pengertian Negara dari Bentuknya

1.Pengertian Negara Kesatuan

Pengertian Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang pemerintah pusat adalah yang tertinggi dalam menjalankan kekuasaan menjadikannya sebagai satu kesatuan tunggal. 

Beberapa delegasi penunjukan oleh pemerintah pusat dianggap sebagai pelaksana tugas kekuasaan dari pemerintah pusat. Beberapa satuan delegasi ini bisa diciptakan dan dihapus serta ditambah atau dikurangi kekuasaan nya dengan wewenang pemerintah pusat.


Bisa dikatakan negara hanya satu satunya yang memiliki kekuatan untuk memberikan kekuasaannya melalui hak otonom. 

Negara kesatuan bisa terbentuk secara satu negara atau beberapa negara sebelumnya dan kemudian bergabung menjadi satu negara

Ciri yang dimiliki adalah negara kesatuan pemerintah pusat memiliki otoritas tertinggi serta menjaga kedaulatan kesemuanya. Kemudian dalam negara kesatuan hanya ada satu konstitusidan satu pemimpin. Serta negara memiliki kebijakan untuk menangani masalah masalah masyarakat seperti sosial, budaya, ekonomi dan politik.

2.Pengertian Negara Serikat

Negara serikat / Federasi merupakan negara yang tersusun atas negara negara yang lebih kecil atau negara bagian. Terdapat dua macam pemerintahan yaitu pemerintahan federal serta pemerintahan yang dimiliki setiap negara negara bagian tersebut. Bedanya negara federal mengatur urusan bersama seperti hubungan internasional, pertahanan, komunikasi, mata uang dan lainnya.

Negara negara bagian berbeda dengan negara negara lain yang berdaulat. Negara negara bagian ini tidak memiliki kedaulatan tetapi bisa mempunyai undang undang / peraturan sendiri. Selain itu kepala negara tetap dipilih dan bertanggung jawab terhadap rakyatnya.

Pengertian Negara dari Fungsinya Menurut Para Ahli


Pengertian Negara dari Fungsinya menurut John Locke

Negara memiliki 3 fungsi yaitu fungsi legislatif untuk membuat undang undang kemudian fungsi eksekutif untuk membuat peraturan dan mengadili serta fungsi federatif yang berarti mempunyai kuasa untuk mengurus urusan luar negeri

Pengertian Negara dari Fungsinya menurut Montesquieu

Menurut montesque, deri fungsinya negara berfungsi untuk membuat undang undang (legislatif) kemudian melaksanakannya (eksekutif) serta mengadili dan mengawasi peraturan tadi (yudikatif)

Pengertian Negara dari Fungsinya menurut Van Vollenhoven

Negara memiliki fungsi untuk menyelenggarakan pemerintahan, membuat peraturan, mengadili, menjaga ketertiban dan keamanan. Selain itu fungsi negara di bedakan dari internal dengan memelihara stabilitas perdamaian ketertiban ketentraman dan perlindungan hak hak. Eksternal berarti mempertahankan negara dari ancaman luar, serta fakultatif untuk meningkatkan kesejahteraan umum.

Pengertian Negara dari Sifatnya


Menurut Miriam Budiarjo

Pengertian Negara dari Sifatnya yang pertama adalah bersifat memaksa

Pengertian Negara dari Sifatnya yang kedua adalah bersifat Monopoli

Pengertian Negara dari Sifatnya yang ketiga adalah bersifat Mencakup semua

Pengertian Negara berdasarkan Teori Terbentuknya


Ada beberapa teori tentang pengertian negara berdasarkan teori terbentuknya, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Teori Ketuhanan, dalam teori ini negara dianggap berdiri akibat kehendak Tuhan.

Teori Hukum Alam, dalam teori ini menganggap bahwa negara akan terbentuk secara alami atau otomatis saat terdapat sekelompok orang disuatu daerah karena sifat dasar alami manusia sebagai makhluk sosial dan berkumpul / berhimpun

Teori Kekuasaan, teori ini beranggapan bahwa negara terbentuk karena ada kekuasaan yang mencakup semua / meliputi semua bisa memaksa dan memonopoli

Teori Perjanjian, dalam teori ini negara negara yang ada terbentuk akibat adanya perjanjian antara manusia satu dengan yang lainnya

Pengertian Negara atas unsur terbentuknya


Negara terbentuk atas 3 unsur utama / mutlak dan 1 unsur pelengkap / deklaratif. Berikut adalah penjelasannya:

Wilayah teritori


Setiap negara memiliki wilayah untuk menyelenggarakan fungsi kenegaraannya. Wilayah merupakan tempat kekuasaan suatu negara berlaku yang termasuk di dalamnya adalah Tanah, Air, dan Udara.

Wilayah suatu negara bisa di buat dan dibatasi dengan geografis seperti sungai, gunung, hutan, danau, perbukitan dan sebagainya. Dan dengan perjanjian buatan manusia, seperti pagar buatan, garis dalam peta, pos penjagaan dan lain sebagainya.
Penduduk

Penduduk atau warga negara adalah sekelompok orang yang benar benar berada di daerah negara tersebut, tunduk terhadap aturan kekuasaan yang berlaku, serta secara sukarela menjadi bagian negara tersebut baik secara alami (kelahiran langsung di wilayah negara tersebut) atau secara hukum (WNA menjadi warga negara)

Pemerintahan


Sekelompok penduduk yang mendiami suatu wilayah harus memiliki pemimpin dan pemimpin tersebut yang memiliki kekuasaan tertinggi untuk mengatur, mempertahankan, mengamankan, memerintah negaranya dan fungsi kenegaraan lainnya.

Pengakuan Negara Lain


Negara berdiri bisa menjadi lengkap apabila diakui oleh negara lain dalam suatu perjanjian sehingga di kemudian hari bisa melakukan kegiatan fungsi eksternal suatu negara dengan baik.


Penutup:


Demikianlah artikel tentang pengertian negara ini, semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi pembaca dan ilmu yang bermanfaat. Sekian dan terimakasih.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Negara Menurut Ahli, Unsur, Bentuk, dan Fungsinya"