Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Selera

Makanan Khas Jawa Timur

sumber gambar: bumburesto.com

Makanan Khas Jawa Timur


Untuk setiap orang yang berasal dari Jawa Timur pastinya sudah mengenal beberapa makanan yang khas provinsi ini. Beberapa makanan khas jawa timur kadang terkenal hingga provinsi lain di Indonesia, seperti bakso khas malang atau Pecel Khas jawa timur. Karena mungkin beberapa makanan ini memiliki rasa yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia

Untuk itu berikut adalah daftar makanan khas Jawa Timur :

1.Nasi Gegog Khas Trenggalek

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar:pinterest

Nasi Gegog atau segog gegog adalah makanan khas Jawa Timur, tepatnya dari kota trenggalek. Nasi Gegog merupakan singkatan dari Sego Genem Godhong Gedhang, atau Nasi Bungkus menggunakan daun Pisang. 

Bahan Bahan Nasi ini adalah nasi setengah matang, daun pisang, beberapa bumbu halus sesuai lauk yang ingin anda pakai. Seperti Garam, gula pasir, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang Putih, cabai, dan air. 

Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukan lauknya seperti teri, tambah air sedikit demi sedikit, setelah matang taruhlah diatas nasi pada daun pisang lalu kukus selama 15 menit. Nasi Gegog siap disantap

2.Rawon

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: selerarasa.com

Siapa yang tak kenal makanan khas satu ini. Kelezatannya sudah melegenda ke seluruh penjuru Indonesia. Biasanya Rawon ini menggunakan daging sapi yang dipotong dadu dengan tambahan pelengkap seperti Telur Asin, krupuk dan toge.

Beberapa makanan yang mirip dengan Rawon dari daerah lain adalah Kuah Pucung dari betawi bedanya makanan ini menggunakan ikan. Di Pekalongan ada Garang Asem, dan di makasar Palu Kalua. Sejarah asal usul Rawon pun masih belum jelas karena tidak ada catatan terperinci yang bisa memberikan petunjuk detailnya siapa yang membuat pertama kali.

3.Telur Cit

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: cookpad.com

Makanan ini adalah makanan khas Banyuwangi Jawa Timur. Sebagaimana namanya, bahan utama makanan ini adalah telur ayam ditambah beberpa racikan bumbu khas. Beberapa bumbu yang dipakai misalnya petis udang, kecap manis, cuka, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, dan cabai.

4.Tempe Mendol

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: selerarasa.com

Tempe Mendol adalah makanan khas malang, berbeda dengan tempe tempe mainstream lainnya, tempe ini berbentuk bulat dan dibuat dari Tempe yang sudah agak basi. Bahan tempe ini yang jelas adalah tempe yang agak basi dan tambahan bumbu seperti ketumbar daun jeruk bawang putih bawang merah gula dan garam.

5.Bebek Sinjay

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: malang-guidance.com

Selanjutnya adalah Bebek Sinjay, makanan khas jawa timur ini berasal dari madura. Berbeda dengan gorengan bebek pada biasanya, bebek sinjay menggunakan perpaduan sambal pencit yang terbuat dari irisan mangga dan cabe merah. Sehingga bebek sinjay ini memiliki rasa yang asam dan juga pedas menemani rasa bebeknya yang juga tak kalah enak.

6.Nasi Tempong

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Nasi Tempong adalah makanan khas banyuwangi yang unik. Tempong adalah kosa kata dari bahasa Osing yang berarti tampar, karena ada rasa pedas dari nasi ini memberikan sensasi tamparan bagi anda. Nasi ini di padu dengan kumpulan sayur yang direbus ditemani lauk pauk dan sambal kacang. 

7.Rujak Soto

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Rujak Soto adalah makanan kombinasi rujak dan soto khas dari daerah Banyuwangi Jawa Timur. Rujak sayur tersebut diletakan di atas soto ( soto jenis apapun ). cara meracik makanan ini cukup mudah, tinggal menggunakan rujak kemudian disiramkan dengan sotonya. Rasanya yang cukup unik membuat makanan ini sangat khas.

8.Pecel Pitik

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: kompas.com

Makanan ini biasanya disajikan saat acara selamatan di kampung di daerah Banyuwangi. Makanan ini menggunakan suwiran ayam kampung muda. Ayam kampung muda tadi sebelumnya dipanggang, bukan di goreng dalam kondisi utuh. Setelah itu suwiran ayam akan di campur dengan parutan kelapa muda yang telah di beri bumbu seperti kemiri, cabai, daun jeruk, gula, dan terasi.

9.Pecel Rawon

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: instagram hendysanjaya888

Selanjutnya adalah makanan kombinasi unik dari pecel dan rawon. Makanan khas jawa timur ini sebagaimana namanya, pembuatannya cukup mudah, yaitu menaruh bumbu pecel plus sayuran dan peyeknya kedalam porsi rawon yang ada. Kombinasi makanan kuahan dan daging rawonnya dengan pecel membuat makanan khas ini sangat sulit untuk di lewatkan jika berkunjung ke Jawa Timur

10.Ayam Kesrut

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: kompas.com

Untuk membuat makanan ini cukup mudah, yaitu menggunakan ayam kampung lalu dipotong kecil kecil. Setelah di potong siapkan air untuk merebusnya dan bumbu yang telah dihaluskan. Bumbunya tidak terlalu banyak, cukup cabai merah besar, terasi, garam, gula, cabai rawit, dan belimbing sayur. Nama kesrut sendiri berasal dari cara makan makanan ini yang diseruput. 

11.Nasi Pecel

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Makanan Khas Jawa timur yang di rasa paling Populer di Indonesia. Makanan ini biasanya sangat cocok di jadikan sarapan atau makan siang. Makanan ini dapat di tambahi dengan berbagai macam lauk sesuai selera tetapi yang paling penting adalah bumbu kacangnya dan tambahan sayur segarnya. Bumbu kacangnya sendiri tentu sudah memiliki rasa yang berbeda beda untuk setiap kota di jawa timur karena asimilasi kuliner setempat, menjadikan makanan ini sangat familiar di lidah orang Jawa Timur

12.Nasi Krawu

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Makanan ini adalah makanan khas daerah Jawa Timur. Nasi ini dihidangkan biasanya dalam bungkusan daun pisang dan memiliki lauk yang macam macam, biasanya semur daging, serundeng, dan ditambah berbagai macam sambal. Yang penting dari pembuatan nasi krawu adalah pengolahan lauknya yang dibuat dengan berbagai macam campuran yang khas. Biasanya serundengnya ditambag dengan parutan kelapa.

13.Tahu Takwa

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: masakandapurku.com

Yang membedakan tahu ini dengan tahu lainnya adalah warnanya yang berwarna kuning. Tahu tersebut dalam proses pembuatannya air rendamannya diberi kunyit sehingga hasil warna tahu akan menjadi berwarna kuning. Kelebihan tahu ini dibanding dengan tahu putih biasa adalah kepadatannya yang tinggi, tidak mudah hancur, lebih kenyal, halus dan lembut. Tahu takwa atau tahu kuning merupakan makanan khas kediri.

14.Soto Lamongan

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: doyanresep.com

Soto ini sesuai dengan namanya berasal dari Lamongan Jawa Timur. Keunikan soto ini dibandingkan dengan soto lainnya adalah bumbu nya yang berwarna kuning karena diberi kunyit. Selain itu ada tambahan koya sotonya yang membuat kombinasi pas dengan kaldu soto. 

15.Sate Madura

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: pergkuliner.com

Salah satu Makanan yang paling khas dari madura tentu saja adalah satenya. Makanan khas jawa timur ini biasanya menggunakan daging ayam atau daging kambing. Sate ini dipadukan dengan bumbu kecapnya yang khas untuk daging kambing. Dan bumbu kacang untuk sate ayamnya. Kadang kadang arang yang digunakan untuk pembakaran di beri jeruk limau untuk menambah ke khasan makanan ini.

16.Bakso Malang

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: dapurkobe.co.id

Makanan khas jawa timur ini berbeda dengan bakso bakso pada umumnya. Biasanya bakso biasa hanya terdiri dari 3 jenis atau varian. Bakso polos, bakso daging ayam, dan bakso daging sapi. Tetapi bakso malang memiliki banyak sekali varian. Seperti bakso urat, bakso sumsum, bakso telur puyuh dan lainnya. Dari segi pendamping bakso, gorengan bakso malang juga lebih bervariasi. Kadang bakso malang menggunakan jeroan saat pembuatan kuah baksonya, sehingga kuah bakso nya menjadi lebih berminyak.

17.Nasi Becek

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar:negerikuindonesia.com

Nasi becek atau sego becek adalah makanan khas jawa timur dari daerah Nganjuk Jawa timur. Nasi ini memiliki kuah seperti soto tetapi dalam pembuatannya ditambah dengan campuran santan. Walaupun terlihat hampir mirip dengan soto dari luar, tetapi saat dimakan akan terasa bedanya. Penyajian makanan ini biasanya di barengi dengan sambel kacang khas Nganjuk.


18.Sate Ponorogo

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Sate Ponorogo memiliki beberapa perbedaan dengan sate dari Madura. Perbedaannya terletak pada cara memotong dagingnya yang tidak dipotong dadu, melainkan dipotong tipis memanjang. Selain itu sate ini daging nya diproses dengan perendaman bumbu atau di bacem sehingga mampu memberikan sensasi bumbu yang lebih meresap.

19.Rujak Cingur

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Makanan Khas jawa timur selanjutnya adalah rujak cingur. Cingur merupakan bahasa Jawa timuran yang berarti mulut. Karena salah satu bahan utama dalam pembuatan rujak cingur ini adalah irisan mulut sapi yang direbus dan dimasukan dalam hidangan. Beberepa buah campuran dalam rujak ini adalah Timun, Krai, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong dan buah buahan lainnya. 

20.Lontong Balap

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: genpi.co

Lontong balap adalah makanan khas Surabaya. Makanan ini terdiri dari lontong, toge, tahu goreng, kecap, sambal, bawang goreng, dan lentho ( makanan khas jawa timur dari kacang tolo). Bahan bahan tadi kemudian disajikan di piring kemudian ditambahkan kecambah, sedikit kuah, sambal dan kecap dan irisan lontong. Biasanya lauk tambahan nya adalah sate kerang khas Surabaya.

21.Lontong Kupang

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Lontong kupang adalah makanan khas jawa timur, terutama di daerah pesisir jawa timur seperti Surabaya, sidoarjo dan pasuruan. Bahan utama makanan ini sesuai namanya yaitu kupang / kerang dan lontong. Kupang yang telah dimasak ditambahi dengan lontong dan lentho kemudian diberi kuah dan petis. 

22.Sate Kerang

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: maminusantara.com

Berbeda dengan sate Ponorogo dan Sate Madura. Sate kerang khas Surabaya ini menggunakan daging kerang sebagai bahan utamanya. Selain itu dalam proses pembuatannya, daging kerang yang akan disajikan tidak dipanggang atau dibakar melainkan di rebus. Sate kerang biasanya disajikan sebagai lauk dengan makanan khas Jawa timur lainnya,seperti lontong balap dan lontong kupang.

23.Kare Rajungan

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: resepnasional.com

Kare rajungan adalah makanan khas jawa timur dari daerah Tuban. Makanan ini berasal dari hewan kepiting laut dan diberi bumbu kare khas Tuban yang khas dan nikmat. Makanan ini sangat cocok bagi penikmat makanan pedas. Makanan ini termasuk dalam makanan porsi besar dan bisa dinikmati dengan beberapa orang dalam satu keluarga.

24.Ayam Lodho

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar:doyanresep.com

Selanjutnya adalah makanan khas jawa timur dari tulungagung yaitu ayam Lodho. Makanan ini berbahan ayam kampung yang diberi dengan bumbu khas santan . rasanya pun gurih dan pedas. Biasanya ayam ini disajikan dengan nasi.

25.Tahu Campur Lamongan

Makanan Khas Jawa Timur
sumber gambar: wikipedia

Makanan ini terdiri dari dop daging sapi yang kenyal, ditambah tahu goreng, taoge segar, selada air , mi kuning , dan juga kerupuk. Kadang kadang tahu campur ini berbeda beda untuk setiap wilayah indonesia karena selera daerah yang berbeda.

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Jawa Timur yang Menggoda Selera"