Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Internasional yang Mendunia

makanan internasional yang mendunia
makanan internasional yang mendunia

Makanan Internasional yang Mendunia


Definisi Makanan internasional menurut IsyanaMedia adalah, makanan yang berasal dari luar negeri yang bahan dan cara pembuatannya memiliki ciri khas masing masing negara tersebut, biasanya tidak terlepas dari pengaruh budaya masyarakat sekitar, sumber daya / bahan makanan yang ada disekitar, dan norma atau adat kebiasaan masyarakat tersebut.



Daftas isi:

  1. Pendahuluan
  2. Mie
  3. Pizza
  4. Donat
  5. Sosis
  6. Nuget
  7. Hamburger
  8. Es krim


Pendahuluan

Dengan demikian dari definisi tersebut bisa kita lihat bahwa beberapa hal turut andil dalam asal mula adanya makanan khas luar negeri yang satu makanan internasional berbeda dengan makanan internasional lainnya. Misal di daerah mayoritas muslim, tentu kita akan sulit menjumpai atau bahkan tidak ada makanan khas yang terbuat dari babi, maka hukum atau kebiasaan masyarakat mempengaruhi jenis makanan yang ada. Demikian juga masyarakat India yang tidak memasukan menu daging sapi dalam makanan mereka karena menganggap hewan yang suci. 

Contoh lain, masyarakat pesisir pantai di indonesia, memiliki makanan khas ikan laut dengan bumbu bumbu tertentu, yang tentu saja akan berbeda dengan masyarakat di Mongolia yang tidak memiliki makanan khas aneka ikan laut akibat posisi mereka di pegunungan benua Asia, sehingga kesediaan sumber bahan makanan juga menjadi salah satu yang menentukan makanan khas internasional mongolia. 

Makanan internasional juga dipengaruhi oleh cita rasa penduduknya, seperti perbedaan masyarakat eropa yang senang mengkonsumsi roti sebagai makanan utama, di indonesia lebih memilih Nasi. Sehingga cara makan dan kebutuhannya juga akan berbeda.

Sehingga makanan internasional pasti akan berbeda beda disetiap penjuru dunia, karena geografis, cita rasa, budaya dan adat istiadat setempat. 

Makanan yang berbeda beda ini, tentu akan menjadi masalah jika kita tidak terbiasa memakannya saat berkunjung ke negara tersebut. Karena ada batas cita rasa dan tidak semua orang didunia memiliki cita rasa yang sama akan suatu makanan. Pembatas ini kadang menjadi halangan untuk suatu makanan diterima di belahan dunia lain.

Tetapi sadarkah kita, beberapa makanan internasional telah mendunia dan banyak diterima oleh orang orang dengan budaya dan cita rasa yang berbeda. Makanan internasional ini merupakan penembus batas cita rasa makanan yang tentu akan sangat sulit menemukan makanan yang bisa pas hampir disetiap orang didunia. Dan kadang makanan internasional ini terasimilasi dan menyatu dengan budaya negeri lain menciptakan harmoni kuliner yang penuh akan cita rasa. Berikut beberapa makanan tersebut versi IsyanaMedia:

1.Mie

mie adalah makanan internasional


Siapa yang tidak kenal mie. Rasanya hampir setiap orang di Indonesia pernah mengkonsumsinya, bahkan makanan mie telah merambah hampir di setiap benua di dunia. Makanan mie baik instan atau yang segar, menjadi salah satu makanan paling digemari di dunia.

Mie bisa didefinisikan sebagai adonan yang berasal dari bahan bahan campuran utama seperti tepung, air, dan telur, yang adonan ini kemudian dibentuk seperti pipa tipis panjang dan kemudian digulung dan diolah sedemikian rupa. Pengolahan mie bisa dengan mengkeringkannya terlebih dahulu sebelum memasak atau langsung dimasak.

Makanan internasional ini telah diklaim berbagai negara sebagai pencipta awal. Negara negara yang mengklaim diantaranya adalah Italia, China, dan Arab. Walaupun begitu tampaknya china memiliki bukti awal yang tak terbantahkan. Telah tertulis dalam tulisan tua mengenai mie yang berasal dari dinasti Han Timur yang berasal dari tahun 25 dan 220 masehi, dan sampel mie tertua ditemukan di China 4000 tahun tepatnya di Qinghai.

Makanan internasional mie juga memiliki beberapa penyebutan yang berbeda beda untuk setiap negara. misalnya kata pasta dari bahasa italia, noodle dari bahasa inggris, dan kita sebagai orang indonesia tetap menyebutnya sebagai mie.

Beberapa jenis mie diantaranya adalah bihun, dangmyeon (korea),fetucini (italia), Spagethi ( Italia), Mi instan, Ramen (jepang), dan lainnya. Ini adalah salah satu bukti mie dapat diterima diseluruh dunia dan melebur menjadi makanan khas masing masing negara.

2.Pizza 

pizza adalah makanan internasional
Makanan eropa yang satu ini menjadi salah satu makanan internasional yang mendunia, walaupun asal mula kata “pizza” ini belum jelas dan masih menjadi perdebatan. Pada tahun 997 kata pizza pertama kali muncul di bahasa latin walaupun pizza pada saat itu sebagai sebuah alat untuk membantu tukang masak men check temperatur oven. Tetapi beberapa makanan seperti pizza telah ada beberapa ribu tahun yang lalu walaupun rasa dan bentuknya tidak sama persis dengan yang sekarang pada masa modern.

Sebenarnya pizza di italia tidak terlalu terkenal pada awalnya dan menjadi makanan para emigran di Italia. Tetapi kehadiran pasukan perang dunia kedua yang beristirahat di italia setelah perang berakhir membuat makanan ini terkenal hingga mancanegara (wikipedia.com).

Pizza adalah makanan khas italia yang berbahan adonan yang biasanya dibentuk bulat dan tipis seperti piringan dan di atasnya akan dilapisi oleh toping. Toping ini biasanya berupa tomat, keju dan bahan bahan lainnya. Pizza biasanya diproses dengan dipanggang dalam oven pada temperatur yang tinggi.

3.Donat

donut adalah makanan internasional
Dalam bahasa inggris donat biasanya disebut donut atau doughtnut. Merupakan sebuah makanan yang berasal dari adonan tepung biasanya berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya seperti cincin atau bentuk bola, diproses dengan menggorengnya dalam miyak panas yang cukup banyak

Donat biasanya dijadikan makanan penutup atau makanan camilan. Makanan internasional ini memiliki beberapa toping diatasnya dengan variasi yang sangat banyak sekali. Dan masing masing negara bisa memiliki kesukaannya mereka sendiri.

Tentu donut saat ini menjadi salah satu makanan camilan yang paling banyak di jual dan menyebar ke seluruh dunia. Awal mula makanan ini diperkirakan dari penetap asal belanda yang tingga di Amerika serikat. Pada tahun 1809 sebuah buku menyebutkan kata kata dough nut di dalam tulisan mereka.

Bahkan di Amerika serikat, ada hari nasional donut yang didekasikan untuk mengenang para pembuat donut yang memberikan makanan ini kepada para tentara saat perang dunia pertama. Terlepas dari itu tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata kata donat, karena hampir disetiap tempat kita datangi ada penjaja donat di pinggir jalan dengan berbagai macam toping yang ada.

4.Sosis

sosis adalah makanan internasional
Makanan internasional yang mendunia selanjutnya adalah sosis. Sosis memiliki definisi yang luas, tetapi singkatnya sosis adalah hasil olahan daging yang biasanya berasal dari daging sapi atau kerbau atau daging lainnya dan ditambahi dengan berbagai macam bumbu dan tambahan lain yang memperkaya rasa. Sosis biasanya berbentuk silindris dan dibungkus dalam casing.

Sejarah asal mula sosis mungkin agak kompleks karena beberapa negara juga telah membuat versi olahan daging yang mirip sosis ribuan tahun lalu, seperti di china yang diketahui sejak 589 sebelum masehi, atau di kekaisaran byzantium pada abad ke 10. walaupun demikian dinegara kita, sosis juga menjadi salah satu makanan internasional yang disukai. Terutama oleh anak anak dan berbagai kalangan lainnya.


5.Nuget

nuget adalah makanan internasional
Salah satu makanan internasional yang mendunia dan digemari masyarakat Indonesia adalah nuget. Nuget atau chicken Nugget. Makanan ini dibuat oleh seorang profesor ilmu makanan di universitas Cornell. Makanan ini merupakan potongan daging ayam yang berukuran satu gigitan di olah sedemikian rupa dan dilapisi oleh pelapis dan kemudian di goreng dalam minyak panas.

Tentu saja sekarang nuget menjadi salah satu makanan yang digemari di seluruh dunia, karena rasanya yang enak dan cara makannya yang simpel. Nugget biasanya disajikan dan distribusikan dalam bentuk makanan beku.

6.Hamburger

burger adalah makanan internasional
Hamurger atau burger adalah makanan roti isi atau roti lapis yang berisi beberapa makanan olahan seperti daging kerbau, sapi atau ayam, dan berbagai macam isian lain sebagai pelengkap seperti sayuran, bumbu, saus, keju dan lainnya.

Beberapa klaim asal usul burger telah dikemukakan beberapa kalangan termasuk beberapa orang yang merasa membuat burger tersebut pertama kali. Meskpun demikian kebanyakan klaim terjadi di negara amerika serikat, sehingga bisa terlihat betapa banyaknya restoran burger di negara ini.

Tentu makanan internasional yang satu ini banyak ditemuan diseluruh dunia dengan berbagai cita rasa tambahan sesuai dengan negara negara pembuatnya, menjadikan salah satu makanan yang terkenal dan mendunia.

7.Es Krim

es krim adalah makanan internasional
Es krim kemungkinan berasal dari bangsa persia dari tahun 500 sebelum masehi. Pada masa kekuasaan kekaisaran Achaemenid. Es krim pada awalnya merupakan es yang di gabungkan dengan berbagai macam rasa. Tetapi beberapa negara juga pernah membuatnya di masa lalu tetapi dengan tahun yang lebih muda. Seperti negara yunani pada abad ke lima sebelum masehi, china pada 200 sebelum masehi, kekaisaran roma pada tahun 37 masehu dan beberapa negara lain yang telah membuatnya.

Bahan utama es krim biasana adalah susu, krim dan pemanis. Perkembangan es krim semakin menjadi jadi saat ditemukannya alat pendingin atau freezer yang memungkinkan kita membuat es krim dimanapun kita berada dengan alat ini tanpa menunggu musim salju atau suhu yang dingin.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Makanan Internasional yang Mendunia"