Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lukisan Termahal Di Dunia : wow Lebih dari 6 Trilliun!!!

Lukisan Termahal Di Dunia : wow Lebih dari 6 Trilliun!!!


Lukisan adalah suatu bentuk karya seni yang pembuatan karya ini menggunakan alat lukis dan cat sebagai bahan utama pembuatannya. Orang yang melukis biasa disebut juga dengan pelukis.

Sebenarnya manusia diketahui lebih lama melukis dibandingkan dengan menulis. Terbukti dari lukisan kuno di gua gua bersejarah yang di lukis oleh manusia pada jaman masih berada di gua gua yang ada di Bumi. Tentu saja lukisan pada zaman awal manusia tidak bisa di samakan bentuk dan hasil lukisannya dibanding dengan zaman pertengahan atau zaman modern ini, tetapi konsepnya adalah sama yaitu memulas zat pewarna pada suatu alas.

Dengan berkembangnya zaman, kemampuan dan peralatan melukis manusia menjadi lebih berwarna, lebih bagus, lebih tahan lama, dan lebih artistik. Pada awalnya memang lukisan menjadi salah satu media menggambarkan kejadian atau pemandangan objek masa tersebut, tetapi ditemukannya fotografi membuat Lukisan menjadi semakin di tinggalkan.

Beberapa lukisan tua dan masih bagus kondisinya banyak di jual pada zaman sekarang ini. Beberapa di jual dengan harga ratusan ribu, jutaan, milliaran bahkan triliunan. Tentu saja nilai lukisan tersebut berdasarkan kualitas lukisan, keindahan lukisan yang digambar, pelukis yang melukiskannya serta nilai historis yang terkandung didalamnya. Berikut adalah daftar beberapa Lukisan Termahal di Dunia

1.Salvator Mundi --- Rp 6,7 Trilliun 


Lukisan ini dibuat oleh salah satu peneliti serba bisa Leonardo da Vinci. Lukisan ini dibuat pada tahun 1500 san. Setelah sebelumnya sempat hilang, lukisan ini ditemukan kembali di museum di London. Setelah di perbaiki kemudian lukisan ini terjual dengan harga yang sangat fantastis yaitu 6,7 trilliun rupiah (kurs 15 ribu rupiah). Pembelinya tidak lain adalah Pangeran Badr bin Abdullah untuk Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi dan kemudian berpindah tangan kepada Pangeran Mohammed bin Salman.

Beberapa murid dari Leonardo da Vinci juga melakukan peniruan terhadap karya ini. Setidaknya ada 20 variasi lukisan yang mirip dengan lukisan ini. Sebelumnya, leonardo da vindi melukis lukisan ini untuk Louis XII raja Perancis pada saat itu. Ahli menyatakan bahwa leonardo melukis lukisan ini dengan menggunakan minyak walnut dan merupakan salah satu teknik yang baru pada masa itu.

2.The Card Players --- Rp 3,3 Trilliun


Kemudian adalah lukisan karya Paul Cezanne dari Perancis. Lukisan ini di buat pada tahun 1892/93 dan terjual pada april 2011 oleh Gerge Embiricos dan pembelinya adalah Negara Qatar. Sebenarnya Paul Cezanne membuat beberapa lukisan Card Players lainnya dengan total adalah lima lukisan. Beberapa lukisan tersebut pun memiliki hasil yang berbeda beda tetapi dengan tema yang sama yaitu orang sedang bermain kartu.

3.Number 17A --- Rp 3 Trilliun


Selanjutnya adalah lukisan abstrak karya Jackson Pollock, seseorang berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal dengan gerakan Abstraknya. Number 17A adalah lukisan yang dibuat pada tahun 1948 dengan gaya bertema Abstrak. Walaupun tampak tidak memiliki maknda dan asal asalan Lukisan ini terjual seharga 200 juta dollar atau setara dengan 3 Trilliun rupiah kepada Kenneth C Griffin pada tahun 2015. Lukisan ini termasuk lukisan bertema Abstrak paling mahal yang pernah terjual di dunia.

4.No. 6 (Violet, Green and Red) --- Rp 2,7 Trilliun


Selanjutnya adalah lukisan abstrak juga yang di buat pada tahun 1951 oleh seorang berdarah Latvia-Amerika Mark Rothko. Dan menjadi salah satu lukisan abstrak termahal yang pernah terjual di Dunia. Lukisan ini tampak sederhana dengan hanya terdiri dari 3 warna utama tetapi lukisan ini terjual pada tahun 2014 seharga 189 juta dollar amerika, atau setara dengan 2,7 trilliun Rupiah kepada Dmitry Rybolovlev seorang pembisnis kaya asal Rusia.

5.Portrait of Dr. Gachet --- Rp 2,4 Trilliun

Sumber Gambar : Wikipedia

Lukisan ini adalah salah satu karya terkenal pelukis Vincent van Gogh. Lukisan ini menggambarkan seorang Dokter bernama Paul Gachet. Dokter ini adalah salah satu yang merawat Van Gogh pada beberapa bulan terakhirnya sebelum ia wafat. Di buat pada tahun 1890, lukisan ini memiliki 2 versi, versi yang pertama sebagaimana gambar di atas, dan versi kedua dengan background yang berbeda tetapi dengan objek orang yang sama. Lukisan ini terjual pada tahun 1990 dengan harga 1,2 trilliun rupiah, tetapi jika menyetarakan nilai uang pada tahun 1990 dengan tahun 2020 maka diperkirakan lukisan ini bernilai 2,4 Trilliun Rupiah

6.The Scream --- Rp 1,79 Trilliun


Lukisan ini merupakan salah satu lukisan yang paling terkenal di dunia karena terlihat sangat unik. Menggambarkan seseorang yang sedang kebingungan dan seakan akan berteriak, ditambah latar lukisan yang sedikit suram membuat lukisan ini semakin menarik. Dibuat pada tahun 1893 oleh Edvard Munch seorang artis berkebangsaan Norwegia. Yang membuatnya lebih menarik lagi, menurut beberapa teori, latar merah pada langit di lukisan itu menggambarkan efek letusan Krakatau yang ada di Indonesia yang debunya sampai mempengaruhi iklim di Eropa. Lukisan ini terjual pada tahun 2012 dengan harga 119 juta dollar atau setara dengan 1,79 Trilliun Rupiah.

7.Irises --- Rp 1,81 Trilliun


Vincent Van Gogh menggambar ini pada tahun 1889 saat dia berada di rumah sakit jiwa setahun sebelum ia meninggal. Lukisan ini menggunakan cat minyak dan dilukiskan pada kanvas. Pada tahun 1987 lukisan ini terjual seharga 53,9 juta dollar atau 808 milliar rupiah, tetapi jika memakai nilai tahun 2020, maka lukisan ini memiliki harga 1,81 Trilliun Rupiah
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Lukisan Termahal Di Dunia : wow Lebih dari 6 Trilliun!!!"