Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luas Jajar Genjang, Keliling Jajar genjang, Pengertian dan Pembahasan


Luas Jajar Genjang, Keliling Jajar Genjang, Pengertian dan Pembahasan


Dalam artikel ini kita akan membahas akan membahas pengertian jajar genjang, rumus luas jajar genjang, rumus keliling jajar genjang, contoh soal jajar genjang dan pembahasannya. Berikut penjelasannya:


Pengertian Jajar Genjang


Jajar genjang adalah sebuah bangun datar yang memiliki empat sudut dan empat sisi. 2 buah sudut yang berhadapan memiliki nilai yang sama satu sama lain serta 2 buah sisi yang berhadapan juga memiliki nilai yang sama satu sama lain

Jajar genjang seperti persegi (kotak) tetapi agak dimiringkan itu berarti 4 sudut nya bukan 90 derajat seperti persegi. Tetapi Jajar genjang juga tetap memiliki sisi sisi.

Jajar genjang dalam bahasa inggris biasa disebut dengan parallelogram. Dengan gambar dibawah ini:
Jajar Genjang
Dari gambar diatas, sisi a (atau panjang jarak A ke B) memilki nilai yang sama dengan sisi c (atau panjang jarak C ke D), dan sisi b (atau panjang jarak B ke C) memiliki nilai yang sama besar dengan sisi d (atau panjang jarak D ke A).

Selain itu lebar sudut di titik B memiliki lebar sudut yang sama dengan sudut di titik D begitu pula sebaliknya. Serta Sudut di titik A memiliki Lebar sudut yang sama dengan sudut di titik C. Jika kita menjumlahkan semua sudut di dalam jajar genjang, maka kita akan menemukan sudut tersebut pasti memiliki total lebar sudut 360 derajat.

Jika kita mengambar garis baru dari titik A ke C dan garis baru dari titik B ke D maka kedua garis tersebut akan berpotongan di suatu titik. Dan titik itu bisa kita sebut dengan titik E. 
Jajar Genjang
Sudut untuk ABE ternyata akan sama besar dengan Sudut CDE serta Sudut BAE sama dengan sudut DCE ( sudut ABE berarti sudut yang terbentuk dengan garis AB dan BE membentuk sudut di titik B ). 

Selanjutnya Panjang Garis AE adalah sama dengan panjang garis CE. Serta Garis BE yang memiliki nilai sama panjang dengan garis DE

Luas Jajar Genjang


Rumus Luas Jajar genjang adalah sebagai berikut

Luas Jajar Genjang

Sebenarnya rumus di atas memilki cara yang hampir sama dengan mencari luas persegi atau balok

Luas jajar genjang = Alas x Tinggi

Luas Persegi = Sisi x Sisi

Luas Persegi Panjang = Panjang x Lebar

Itu karena bila kita memotong jajar genjang pada bagian tingginya maka akan terbentuk segitiga. Dan bila segitiga ini kita geser ke bagian samping, maka akan terlihat seperti persegi panjang. Untuk itu rumus yang ada bisa dikatakan hampir sama hanya saja bentuk dan penamaan nya yang sedikit berbeda. Berikut adalah gambar penjelasannya : 

Luas Jajar Genjang

Keliling Jajar genjang


Untuk mencari keliling jajar genjang sebenarnya cukup mudah yaitu cukup menambahkan seluruh sisi yang ada pada jajar genjang. Misal suatu jajar genjang seperti gambar di bawah ini

Maka untuk mecari kelilingnya kita akan menambahkan Panjang garis AB ditambah Panjang garis BC ditambah Panjang garis CD dan ditambah panjang garis DA. Total ada 4 garis yang akan ditambahkan.

Karena Panjang garis AB dan BC adalah sama Serta Panjang garis CD dan DA adalah sama maka rumus mencari keliling jajar genjang yang lebih singkat adalah sebagai berikut :

Keliling Jajar genjang

Contoh Soal Latihan Jajar Genjang


Berikut ini adalah beberapa contoh soal latihan mencari luas jajar genjang dan keliling jajar genjang beserta pembahasannya :

Contoh Soal Latihan Jajar Genjang nomor 1 : sebuah jajar genjang ABCD. Memiliki panjang AB = 10 cm, dan panjang DA = 12 cm. Jika panjang AB = panjang CD dan Panjang DA = BC. Berapakah keliling jajar genjang tersebut?

Jawaban:
Keliling Jajar genjang
Jajar genjang memiliki 4 rusuk AB BC CD DA

Karena panjang AB = panjang CD dan Panjang DA = BC maka panjang sisi nya menjadi 
AB = 10 cm
BC = 12 cm
CD = 10 cm
DA = 12 cm

Rumus Keliling jajar genjang 
K = 2 x AB + 2 X BC
K = 2 x 10 cm + 2 x 12 cm
K = 20 cm + 24 cm 
K = 44 cm


Contoh Soal Latihan Jajar Genjang nomor 2 sebuah jajar genjang PQRS. Memiliki panjang PQ = 13 cm, dan panjang QR = 12 cm. Jika panjang PQ = panjang RS dan Panjang QR = SP. Berapakah keliling jajar genjang tersebut?

Jawaban:
Keliling Jajar genjang
Jajar genjang memiliki 4 rusuk PQ QR RS SP

Karena panjang AB = panjang CD dan Panjang DA = BC maka panjang sisi nya menjadi 
PQ = 13 cm
QR = 12 cm
RS = 13 cm
SP = 12 cm

Rumus Keliling jajar genjang 
K = 2 x PQ + 2 x QR
K = 2 x 13 cm + 2 x 12 cm
K = 26 cm + 24 cm 
K = 50 cm


Contoh Soal Latihan Jajar Genjang nomor 3: Sebuah jajar genjang memiliki tinggi 10 cm. Jika panjang alas jajar genjang tersebut adalah 3 kali tingginya. Berapakah luas jajar genjang tersebut?

Jawaban

Tinggi = 10 cm
Alas = 3 x tinggi
Alas = 3 x 10 cm

Luas Jajar genjang memiliki rumus
L = A x T
L = 30 cm x 10 xm
L = 300 cm²

Contoh Soal Latihan Jajar Genjang nomor 4: Sebuah jajar genjang memiliki luas 10 000 cm². jika alasnya memiliki panjang 100 cm. Berapakah tinggi jajar genjang tersebut?

Jawaban:

Luas jajar genjang = Alas x Tinggi
10 000 cm² = 100 cm x Tinggi
10 000 cm² / 100 cm = Tinggi
Tinggi = 100 cm




Penutup 


Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian, luas jajar genjang beserta cara mencari kelilingnya. Kemudian telah kita juga membahas beberapa contoh soal dan pembahasannya. Mudah mudahan artikel ini menjadi informasi yang berguna dan menambah pemahaman kita terkait cara mencari jajar genjang.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Luas Jajar Genjang, Keliling Jajar genjang, Pengertian dan Pembahasan"