Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuda Laut dengan Jenis Terkeren di Dunia

Kuda Laut

Kuda Laut dengan Jenis Terkeren di Dunia


Mungkin teman teman beberapa ada yang sudah mengenal kuda laut ini dari internet atau saat berkungjung ke kebun binatang dan melihat kuda laut secara langsung di sana. Mungkin teman teman pernah terbesit dalam pikiran bahwa kuda laut ini merupakan hewan yang unik. Keunikannya tidak hanya terletak pada bentuknya tetapi juga cara dia bertahan hidup. 

Kuda laut memiliki kepala yang berbentuk segitiga yang unik sehingga bisa terlihat seperti kuda. Dan sebenarnya kurang lebih bagian tubuh lain tidak ada yang mirip lagi dengan kuda yang ada di darat. Bahkan dari ukurannya saja kuda laut tidak sebesar kuda di darat. Ukuran Kuda laut di ketahui ber variasi dari 2 cm hingga 35 cm.

Kuda laut juga memiliki ekor yang berfungsi sebagai pengait pada sesuatu. Misalnya saja pada tanaman laut sebagai tempat ia hidup atau saat berdua dengan pasangan mereka. Selain itu pada kuda laut, hewan jantan lah yang ”melahirkan” walaupun sebenarnya Jantan ternyata hanya sebagai tempat pengeraman karena mempunyai kantong pengeraman yang terletak di pangkal ekor di bawah perutnya. Jadi telur yang telah di buahi dari kuda laut betina di pindahkan ke kantong pengeraman jantan. Sehingga seolah olah jantan lah yang melahirkan.

Kuda Laut bahasa latinnya adalah Hippocampus berasal dari bahasa daerah yunani kuno terdiri dari dua kata yaitu Hippos yang berarti Kuda dan Kampos yang berarti Monster laut. Kuda laut memiliki habitat alami yang biasanya dapat di temukan di perairan dangkal tropis pada daerah yang ada tanaman laut atau terumbu karang.

Beberapa kuda laut memiliki pola warna dan bentuk yang kadang terlihat sangat keren. Melihat kuda laut seperti ini bergerak perlahan di air laut membuat kita kadang terpesona. Berikut ini adalah daftar kuda laut terkeren yang ada di Dunia.

1.Kuda Laut Zebra

Kuda Laut
Sumber Gambar : pinerest

Kuda laut zebra merupakan salah satu kuda laut terunik dan terkeren di dunia, memiliki warna kulit yang belang mirip dengan zebra yaitu warna hitam dan putih. 
Kuda Laut
Sumber Gambar : fishesofaustralia.net.au

Biasanya spesies ini ditemukan di perairan dekat dengan terumbu karang dan daerah berpasir dalam laut. Kedalaman maksimum kuda laut ini 69 m. Hewan ini endemik di daerah Australia bagian utara. Ukuran yang di miliki kuda laut jenis adalah 8 cm.


2.Kuda Laut Paradoxus

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikivisually.com


Selanjutnya adalah Kuda Laut Paradoxus kuda laut yang dikenal dengan keunikannya yang berbeda dengan kuda laut jenis lain. Warna kuda laut ini adalah kuning dengan tambahan sedikit warna krem dan dipenuhi oleh titik titik berwarna coklat. Pada bagian kantung pengeraman yang di miliki jantan terlihat agak transparan oleh cahaya.

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikipedia

Dari bentuknya saja kuda laut ini memiliki proporsi perut kepada dan ekor yang berbeda dengan kuda laut jenis lain. Dengan sirip punggung nya yang kecil, membuat kuda laut jenis ini tidak dapat berenang secepat ikan ikan besar lain. Dan juga ia meiliki ukuran tubuh yang hanya 6.5 cm.

3.Lined Seahorse

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikipedia

Selanjutnya adalah kuda laut Lined atau biasa di sebut dengan julukan lain seperti kuda laut utara atau kuda laut bintik. Spesies ini memiliki panjang yang cukup besar untuk ukuran kuda laut yaitu sekitar 15 cm dan mampu bertahan hidup hingga 4 tahun lamanya. Warna kuda laut yang ditemukan di alam biasanya mulai dari warna abu abu, hitam kemerahan, hijau dan oranye. 

Sumber Gambar :wikipedia

Kuda laut jenis ini hidup dan tinggal pada daerah samudra atlantik terbentang dari kanada bagian utara hingga daerah caribbean seperti meksiko, dan venezuela. Mereka hidup dengan memakan makanan berukuran kecil seperti krustasea ,moluska dan zooplankton.

4.Japanese Sea Horse

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikipedia

Kuda laut jepang atau dengan nama lain disebut dengan Hippocampus mohnikei merupakan kuda laut yang bisa ditemukan di daerah perairan jepang, india, china, thailand, dan vietnam. Kuda laut ini dapat hidup dengan ukurang hingga 8 cm.

Sumber Gambar : fishbase.se

kuda laut ini bisa ditemukan dalam warna hitam dan coklat. Di china, kuda laut dipercaya sebagai obat tradisional jika dikonsumsi tetapi untuk kuda laut jenis mohnikei ini tidak termasuk salah satu diantaranya. Biasanya hewan ini dapat di temukan dekat dengan rumput laut yang tumbuh di dasar laut.

5.Kuda Laut Ekor Harimau / Tiger Tail Seahorse

Kuda Laut
Sumber Gambar : iuncnreslist.org

Kuda laut ini pertama kali di identifikasi di tahun 1850 oleh theodore Cantor. Spesies ini dapat di temukan di daerah laut india, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Habitat alaminya adalah terumbu karang dan pada zaman dewasa ini terancam oleh kehilangan habitat nya.

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikipedia

Ukuran Maksimum kuda laut ini adalah 18.7 cm dan dapat hidup dengan usia 1 tahun hingga 5 tahun. Hewan ini juga merupakan salah satu dari daftar bahan untuk pengobatan tradisional china dan diperkirakan kurang lebih 20 juta kuda laut ditangkap pertahun dengan tujuan untuk di jual.

Pola warna yang paling umum dari kuda laut ini adalah kuning dan pola hitam. Hewan ini juga memakan makanan kecil seperti ikan kecil, coral, udang kecil, dan plankton.

6.The Knysna Seahorse

Kuda Laut
Sumber Gambar :seaunseen.com

The Knysna Seahorse atau disebut dengan bahasa ilmiah Hippocampus capensis merupakan salah satu spesies yang langka dan sukar untuk di temukan. 

Kuda Laut
Sumber Gambar : wikipedia

Ukuran kuda laut ini kurang lebih 12 cm. Kuda laut ini termasuk yang terancam punah karena habitat alaminya merupakan endemik di afrika selatan dan tidak ditemukan di daerah lainnya di muka bumi. Tepatnya di kawasan laguna knysna. Warna kuda laut ini bervariasi mulau dari coklat, hitam ke unguan, dan hijau dengan agak pucat.


7.Kuda Laut Pygmi

Kuda Laut
Sumber Gambar : pinerest

Selanjutnya adalah kuda laut pygmi dengan nama ilmiah Hippocampus bargibanti. Kuda laut ini ditemukan pada area indo pasifik. Ukurannya termasuk sangat kecil yaitu hanya sebesar 2 cm dan tinggal secara eksklusif di area koral kipas. 

Kuda Laut
Sumber Gambar : ryanphotographic.com

Kuda laut ini memiliki tubuh yang unik dengan terdapat benjolan bulat berwarna merah atau oranye dengan warna tubuh utama adalah abu abu dan kuning. Karena ukuran yang kecil serta bentuk tubuh yang mirip lingkungan sekitar. Menjadikan hewan ini sangat sulit di temukan 

Kuda laut pygmi ini dapat di temukan di daerah karang mulai dari bagian selatan  perairan laut jepang, menyusuri Indonesia hingga Australia dan New Caldeonia. Kedalaman habitat mereka adalah 10 hingga 40 meter


Demikian lah artikel tentang kuda laut terkeren di dunia. Semoga dengan mengetahui keindahan hewan ini dapat membua tkita semakin peka terhadap habitat mereka dan melindungi perairan laut di sekitar kita , sekian terimakasih….



Daftar Pustaka:






isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Kuda Laut dengan Jenis Terkeren di Dunia"