Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kota Terkaya di Indonesia

Kota Terkaya di Indonesia

Kota Terkaya di Indonesia


Indonesia adalah negara dengan salah satu dari 20 ekonomi terbesar di Dunia. Data dari IMF menunjukan bahwa indonesia mempunyai PDB PPP sebesar 3,737 Trilliun Dollar perkiraan pada tahun 2019. Sehingga dengan nilai tersebut, indonesia menduduki peringkat 7 dunia setelah China, USA, India, Jepang, Jerman, dan Rusia.

PDB sebesar itu tentu akan di bagi per kota atau per daerah di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia tentu saja memiliki kontribusi kekayaan yang berbeda, hal tersebut dikarenakan beberapa daerah ini merupakan pusat Ibukota, Pusa pemerintahan, daerah ekonomi khusus atau Sumber kekayaan Alam.

Untuk itu berikut ini adalah daftar kota Terkaya di Indonesia menurut data BPS pada tahun 2018 berdasarkan PDRB per Kapita.

1. Kota Jakarta Pusat 

Kota Terkaya di Indonesia
sumber gambar : flickr

Urutan pertama mungkin tidak mengagetkan lagi, yaitu kota jakarta pusat yang merupakan daerah Ibukota Negara Indonesia. Sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan terbesar di Indonesia, tentu saja Pendapatan perkapita di Daerah ini sangat besar. Dari data BPS tercatat pendapatan perkapita kota jakarta pusat adalah sekitar Rp 692 juta. Menjadikan kota ini sebagai Kota Terkaya di Indonesia saat ini.

2. Kab. Teluk Bintuni

Kota Terkaya di Indonesia nomer 2
sumber gambar : telukbintunikab.go

Selanjutnya adalah Kab. Teluk Bintuni yang berasal dari Papua Barat. Kabupaten ini merupakan kota yang berada di teluk bentuni Papua Barat. Beberapa sektor yang membantu ekonomi kabupaten ini adalah Pertanian, Kelautan, pertambangan, perikanan, perkebunan, dan industri Migas LNG. Penduduk kota ini adalah sekitar 76.932 jiwa. Dengan penduduk yang sedikit serta pendapatan yang cukup besar tentu PDB perkapita kabupaten ini menjadi besar. Walaupun kemungkinan tidak semua kekayaan ini tersebar merata keseluruh orang dan masih menjadi PR pemerintah. Pendapatan perkapita pertahun Kab. Teluk Bintuni  adalah sekitar Rp 457 juta. Walaupun demikian kabupaten ini menduduki peringkat ke dua kota terkaya di Indonesia. 

3. Kota Kediri

Kota Terkaya di Indonesia nomer 3
sumber gambar : wikipedia

Kota Terkaya di Indonesia nomer 3 adalah Kota Kediri yang berada di provinsi Jawa Timur. Kota ini berpenduduk sekitar 285.582 jiwa dengan luas wilayah 63,40 km2. Perekonomian di Kota ini di topang oleh beberapa sektor, tetapi Industri merupakan penyumbang terbesar. Industri yang terkenal di daerah ini adalah industri rokok yang menjadikannya Industri rokok terbesar di Indonesia. Karena banyak sekali perokok aktif di Indonesia tentu saja perusahaan ini menjadi salah satu yang terkaya di Indonesia. Kota kediri memiliki Pendapatan per kapita per tahun sebesar Rp 449 Juta.

4. Kab. Kep. Anambas 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 4
sumber gambar : wikipedia

Kemudian nomer 4 disusul oleh Kab. Kep. Anambas dari provinsi Riau. Kota ini memiliki luas sebesar 590,14 km2 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 45.326  jiwa. Kabupaten ini berbatasan dengan laut Natuna di utara dan Timur, Kepulauan Tambelan di Selatan serta Laut China Selatan di Barat Kabupaten ini. Pendapatan daerah per kapita kabupaten ini adalah sekitar Rp 401 Juta. Sektor Gas Bumi menjadikan kabupaten ini memiliki pendapatan yang cukup besar. 

5. Kab. Mimika

Kota Terkaya di Indonesia nomer 5
sumber gambar : Kompasiana.com

Selanjutnya adalah kabupaten Mimika, Papua. Kabupaten ini terkenal dengan tambang emas terbesar di dunia yaitu PT Freeport. Dengan kekayaan alam yang di miliki, kabupaten ini menjadi daerah terkaya di Indonesia nomer 5. walaupun dirasa beberapa hasil kekayaan tersebut tidak mengalir secara merata kepada warga disana. Penduduk di kabupaten ini sebanyak 215 ribu jiwa denga pendapatan perkapita di perkirakan mencapai Rp 396 juta menurut data BPS.

6. Kab. Kutai Timur 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 6
sumber gambar : gingsul.com

Kabupaten kutai timur merupakan kabupaten / kota terkaya di Indonesia berikutnya. Letaknya berada di Provinsi Kalimantan Timur dengan jumlah penduduk 422 ribu jiwa. Beberapa sektor yang mendukung perekonomian di kabupaten ini salah satunya adalah sektor pertambangan batu bara yang sudah terkena di Kalimantan Timur. Pendapatan perkapita kabupaten ini adalah Rp 347 Juta. 

7. Kab. Kepulauan Seribu 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 7
sumber gambar : nusatour.co.id

Dengan Jumlah penduduk yang hanya 23 ribu jiwa, kabupaten kepulauan seribu menduduki peringkat ke tujuh sebagai daerah kabupaten / kota terkaya di Indonesia dengan pendapatan per kapita adalah sebesarRp 338 juta. Perekonomian kabupaten ini di topang oleh sektor perikanan dan pariwisata. Karena jumlah penduduk yang sedikit pendapatan per kapita daerah ini menjadi besar.

8. Kota Bontang 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 8
Timersindonesia.co.id

Selanjutnya adalah Kota Bontang yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini beberapa tahun yang lalu merupakan mantan Kota Terkaya di Indonesia bahkan lebih kaya pendapatan perkapita dibandingkan daerah ibukota jakarta. Tetapi karena pertumbuhan perekonomian beberapa daerah lain, kota ini menjadi urutan 8 sebagai kota terkaya di Indonesia dengan pendapatan perkapitanya mencapai Rp 337 juta. Sektor Utama penopang perekonomian kota ini adalah Sektor Industri BUMN dan Migas.

9. Kab. Natuna 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 9
sumber gambar : halamankepri.blogspot.com

Kabupaten natuna belakangan ini menjadi cukup terkenal karena merupakan daerah yang dekat dengan klaim China pada laut China selatannya. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sekita 76 ribu jiwa dengan luas wilayah kurang lebih 2000 km2. Kabupaten ini terletak di Kepulauan Riau dan merupakan salah satu pulau terluar indoesia. Pendapatan per kapita kabupaten ini adalah sebesar Rp 274 juta. Daerah ini terkenal sebagai daerah penghasil perikanan yang besar, beberapa objek wisata, serta ladang gas yang sangat kaya yang merupakan salah satu sumber terbesar di Asia walaupun belum sepenuhnya di manfaatkan dengan baik.

10. Kota Jakarta Utara 

Kota Terkaya di Indonesia nomer 10
sumber gambar : SINDOnews

Selanjutnya adalah kota Jakarta utara yang berada di Daerah Ibukota. Daerah ini tentu saja merupakan pusat bisnis di Indonesia seperti beberapa kota di jakarta lainnya. Pendapatan per kapita di kota ini per tahun adalah sekitar Rp 271 juta. Menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terkaya di Indonesia.


Selain 10 daftar di atas berikut adalah daftar singkat kota terkaya di Indonesia yang berhasil kami rangkum berdasarkan Data BPS

11. Kab. Bengkalis 


Pendapatan per Kapita Rp 263 Juta
Provinsi Riau

12. Kota Jakarta Selatan 


Pendapatan per Kapita Rp 261.584 Juta
Provinsi Jakarta

13. Kota Cilegon 


Pendapatan per Kapita Rp 223.955 Juta
Provinsi Banten

14. Kab. Kutai Kartanegara 


Pendapatan per Kapita Rp 208.746 Juta
Provinsi Kalimantan Timur

15. Kab. Tana Tidung 


Pendapatan per Kapita Rp 192.750 Juta
Provinsi Kalimantan Utara

16. Kab. Kutai Barat  


Pendapatan per Kapita Rp 190.170 Juta
Provinsi Kalimantan TImur

17. Kota Surabaya 


Pendapatan per Kapita Rp 188.731 Juta
Provinsi Jawa Timur

18. Kab. Siak 


Pendapatan per Kapita Rp 177.264 Juta
Provinsi Riau

19. Kab. Paser 


Pendapatan per Kapita Rp 172.389 Juta
Provinsi Kalimantan Timur

20. Kab. Berau


Pendapatan per Kapita Rp 172.078 Juta
Provinsi Kalimantan Timur

21. Kab. Morowali 


Pendapatan per Kapita Rp 169.958 Juta
Provinsi Sulawesi Tengah

22. Kota Jakarta Barat  


Pendapatan per Kapita Rp 168.677 Juta
Provinsi Jakarta 

23. Kota Jakarta Timur 


Pendapatan per Kapita Rp 155.531 Juta
Provinsi Jakarta

24. Kota Balikpapan 


Pendapatan per Kapita Rp147.372 Juta
Provinsi Kalimantan Timur

25. Kab. Tanjung Jabung Barat 


Pendapatan per Kapita Rp 128.978 Juta
Provinsi Jambi

26. Kab. Bintan 


Pendapatan per Kapita Rp 123.683 Juta
Provinsi Kepulauan Riau

27. Kab. Kudus 


Pendapatan per Kapita Rp 121.356 Juta
Provinsi Jawa Tengah

28. Kota Tarakan 


Pendapatan per Kapita Rp 120.886 Juta
Provinsi Kalimantan Utara

29. Kab. Sorong 


Pendapatan per Kapita Rp 120.578 Juta
Provinsi Papua

30. Kab. Bulungan


Pendapatan per Kapita Rp 120.571 Juta
Provinsi Kalimantan Utara


Walaupun terlihat banyak, tetapi data statistik tidak bisa dimakan mentah mentah, harus di olah terlebih dahulu. Beberapa orang mungkin sudah sadar bahwa hasil pendapatan per kapita di atas tidak terbagi secara merata, karena beberapa hasil tersebut juga menghitung beberapa perusahaan perusahaan raksasa terutama perusahaan BUMN, Tambang, dan industri besar lainnya. 

Misalnya dalam suatu wilayah ada 9 orang memiliki pendapatan 1 juta perbulan tetapi jika ada satu orang lagi dengan pendapatan 91 juta perbulan, maka total pendapatan 10 orang tersebut adalah 100 juta per bulan dan jika menggunakan rata rata tentu hasil akhirnya adalah 10 juta untuk setiap orang perbulan padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Untuk itulah Data diatas perlu menjadi PR bahwa kekayaan alam suatu daerah benar benar terbagi secara merata ke setipa penduduk. Tidak perlu sama besar setiap orang, karena tentu beberapa orang menjadi kaya karena apa apa yang ia usahakan. Tetapi merata agar setiap orang di tempat tersebut terbebas dari jeratan kemiskinan dan yang terancam berada dalam jurang kemiskinan. Sehingga suatu daerah benar benar merasakan kesejahteraan dari kekayaan yang ada.

Sumber data:
www.bps.go.id

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Kota Terkaya di Indonesia"