Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GLBB, Gerak Lurus Berubah Beraturan: Rumus, Pengertian, Dan Latihan Soal

GLBB, Gerak Lurus Berubah Beraturan: Rumus, Pengertian, Dan Latihan Soal


Pada artikel ini kita akan membahas salah satu pelajaran mekanika dalam fisika SMA yaitu konsep gerak lurus berubah beraturan atau biasa disingkat dengan GLBB. Dalam Mekanika gerak lurus sendiri dibagi dua yaitu gerak lurus beraturan atau biasa disingkat dengan GLB serta GLBB. Kedua konsep tersebut tentu memiliki perbedaan yang mendasar, walaupun keduanya merupakan sama sama termasuk dalam gerak lurus. Komponen yang penting dari konsep GL adalah jarak, kecepatan, kelajuan, dan percepatan. Komponen komponen ini akan sangat penting sebelum kita lebih lanjut membahas mengenai GLBB

Daftar Isi

  1. Pendahuluan
  2. Pengertian GLBB
  3. Rumus GLBB
  4. Latihan soal GLBB
  5. Kesimpulan

Pendahuluan


Suatu benda termasuk bergerak apabila benda tersebut berubah kedudukannya terhadap suatu titik pengamatan tertentu. Misalnya suatu mobil berpindah dari titik acuan A menuju titik acuan D. kemudian panjang lintasan yang ditempuh mobil tersebut dari titik acuan A menuju titik acuan D dalam selang waktu tertentu disebut juga dengan JARAK (Ʃx). Saat Mobil tersebut berpindah dari titik acuan A menuju titik acuan D ternyata ia mampir dulu ke titik B dan C, maka definisi PERPINDAHAN (Δx) adalah perubahan kedudukan mobil tersebut dari titik acuan A ke titik Acuan D tidak bergantung pada lintasan B dan C yang ia tempuh.

Mobil tersebut Menempuh jarak total dari titik acuan A menuju titik acuan D adalah X dan waktu perjalanan adalah T maka definisi KELAJUAN nya disimbolkan dengan V adalah Jarak Total di bagi waktu perjalannya yaitu 

V = Ʃx / Ʃt

Berbeda dengan Kelajuan, KECEPATAN RATA RATA adalah perpindahan (Δx) dibagi dengan beda waktu (Δt) atau 

V = Δx / Δt

Jika mobil tersebut meningkatkan kecepatannya secara dalam waktu tertentu maka disebut PERCEPATAN RATA RATA, 

a = Δv / Δt

dan saat PERCEPATAN SESAAT adalah limit Δt mendekati nol untuk perubahan kecepatan per waktu tertentu

a =   lim          Δv  =  dv  
      Δt -> 0       Δt       dt

Pengertian GLBB


GLBB atau gerak lurus berubah beraturan adalah sebuah objek bergerak dalam lintasan lurus yang mempunyai / mendapatkan percepatan tetap ( konstan / tidak berubah ) sehingga kecepatannya akan berubah sepanjang waktu. Adanya percepatan inilah yang membedakan antara gerak lurus beraturan (GLB) dengan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Perlu diingat bahwa percepatan tetap tersebut berarti ia memiliki nilai a yang sama sepanjang waktu tidak berubah dan arahnya juga tetap.

Contoh peristiwa GLBB misalnya saat kita menjatuhkan buah apel dari tempat tinggi secara tegak lurus kebawah. Dengan adanya percepatan gravitasi 9.8 m/s² maka buah tersebut akan mendapatkan pertambahan kecepatan setiap waktu berlalu hingga sampai batasnya atau menyentuh tanah. Contoh peristiwa GLBB lainnya adalah saat kita mengendarai mobil dengan kecepatan tertentu, kemudian kita menginjak pedal gas sehingga mempertahankan percepatannya menjadikan mobil tersebut menjadi lebih cepat.

Lawannya percepatan dalam GLBB adalah PERLAMBATAN, yang sama simbolnya dengan percepatan tetapi ditambahi tanda minus di depannya. Adanya perlambatan ini menyebabkan suatu benda kehilangan kecepatannya seiring dengan waktu. Contoh persitiwa GLBBnya adalah saat kita mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tertentu. Lalu karena suatu hal kita mengerem motor kita. Maka rem berfungsi sebagai perlambatan terhadap kecepatan motor sehingga motor kemudian akan melambat, jika perlambatan dilanjutkan maka motor akan berhenti total. Contoh peristiwa GLBB lainnya adalah saat suatu meriam di tembakan keatas tegak lurus, maka gravitasi akan memperlambat bola meriam sebanyak 9.8 m/s². dengan adanya gravitasi tersebut bola meriam akan melambat dan kemudian kecepatannya akan menjadi nol (saat tinggi maksimum ) sebelum akan kembali kebawah lagi oleh gaya gravitasi. 

Rumus GLBB


Rumus dari GLBB adalah sebagai berikut
GLBB
Persamaan 1 GLBB
GLBB
Persamaan 2 GLBB
GLBB
Persamaan 3 GLBB

Keterangan nya adalah sebagai berikut

Vt = Kecepatan saat benda berada pada waktu ke sekian (t) ( satuannya m/s)
Vo = Kecepatan awal ( satuannya m/s )
t = waktu ( satuannya detik / sekon [s])
s = Jarak ( satuannya m )
a = ( satuannya m/s² )

Jadi saat percepatan a tetap berlaku pada suatu benda yang sedang bergerak dalam lintasan lurus maka kecepatan benda tersebut akan berubah seiring waktu mengikuti hukum persamaan diatas. Perubahan tersebut beraturan sesuai dengan persamaan yang ada. Maka dari itu lah kata gerak lurus BERUBAH BERATURAN muncul (GLBB).

Perlu diingat kadang dalam beberapa soal mengenai GLBB membutuhkan beberapa langkah dengan menggunaka beberapa persamaan diatas. Serta dalam pemilihan persamaan alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu variable yang diketahui dalam soal, sehingga bisa memilih persamaan yang tepat.

Untuk tambahan informasi, mungkin ada baiknya kita melihat grafik GLBB berikut ini.
GLBB

Gambar sebelah kanan adalah saat suatu benda mengalami percepatan, dan sebelah kiri adalah grafik benda mengalami perlambatan. Huruf S adalah simbol untuk jarak, dan huruf t adalah simbol untuk waktu. Bisa dilihat bahwa jarak tempuh terhadap waktu akan berubah seiring waktu mengindikasikan kecepatan yang berubah. Grafik ini bisa membuat kita membayangkan GLBB terhadap perubahan kecepatan

Latihan Soal GLBB


1. Sebuah mobil bergerak pada lintasan lurus. Mobil tersebut memiliki kecepatan awal 15 m/s. jika si pengendara mobil menambahkan percepatan tetap 2 m/s. berapa kecepatannya saat 10 detik?


Jawaban

Vo = 15 m/s 
t = saat 10 s
a = percepatan tetap 2 m/s² 

Dengan menggunakan persamaan GLBB 
Vt = Vo + a . t
Vt = 15 m/s + 2 m/s² . 10 s
Vt = 15 m/s + 20 m/s
Vt = 35 m/s

2. Dari Soal nomer 1 tadi. Berapa jarak yang ditempuh mobil tersebut dalam 1 menit perjalanan jika mobil tersebut mengalami perlambatan 0.1 m/s²?


Jawaban

Vo = 35 m/s 
t = saat 60 s
a = percepatan tetap -0.1 m/s² 

Lalu dengan menggunakan persamaan GLBB nomer 2 
S = Vo . t + 1/2 . a . t²
S = 35 m/s . 60 s + 1/2 . -1 . 60s . 60s
S = 2100 m - 1800m
S = 300m 


3. Motor bergerak pada lintasan lurus. Motor tersebut memiliki kecepatan awal 5 m/s. jika si pengendara motor menambahkan percepatan tetap 1m/s. berapa kecepatannya saat 10 detik? 


Jawaban

Vo = 5 m/s 
t = saat 10 s
a = percepatan tetap 1 m/s² 

Dengan menggunakan persamaan GLBB 
Vt = Vo + a . t
Vt = 5 m/s + 1 m/s² . 10 s
Vt = 5 m/s + 10 m/s
Vt = 15 m/s


4. Motor bergerak pada lintasan lurus. Motor tersebut memiliki kecepatan awal 15 m/s. jika si pengendara motor menambahkan percepatan tetap 1m/s. berapa kecepatannya saat 200 meter berikutnya? 


Jawaban

Vo = 15 m/s 
s = 200 m
a = percepatan tetap 1 m/s² 

Dengan menggunakan persamaan GLBB 
Vt² = Vo² + 2. a . s
Vt² = (15 m/s) + 2 . 1 m/s² . 200 m
Vt² = 225 m²/s² + 400 m²/s²
Vt² = 625 m²/s²
Vt = 25 m/s


5. Motor bergerak pada lintasan lurus. Motor tersebut memiliki kecepatan awal 25 m/s. pengendara tersebut melihat halangan dan mengerem dengan perlambatan tetap 1 m/s. berapa jarak yang di tempuh pengendara tersebut agar berhenti total?
(gunakan dua langkah dengan dua persamaan GLBB yang berbeda)  


Jawaban

Vo = 25 m/s 
Vt = 0 m/s
a = percepatan tetap -1 m/s² 

Dengan menggunakan persamaan GLBB nomer 1 terlebih dahulu
Vt = Vo + a . t
0 = 25 m/s + -1 m/s² . t
- 25 m/s = - 1 m/s² . t
t = 25 s

Lalu dengan menggunakan persamaan GLBB nomer 2 
S = Vo . t + 1/2 . a . t²
S = 25 m/s . 25 s + 1/2 . -1 . 25s . 25s
S = 625 m - 312.5m
S = 312.5m   



Kesimpulan


GLBB adalah salah satu ilmu mekanika yang merupakan cabang pembahasan gerak lurus / gerak lurus. Yang berarti objek bergerak dalam lintasan lurus 

Berbeda dengan GLB yang merupakan kecepatan konstan, GLBB memiliki ciri percepatan yang konstan. Selain itu GLB hanya memiliki 1 persamaan.

Percepatan dalam GLBB adalah tetap dan tidak berubah arahnya. Selain itu percepatan memiliki lawan yaitu perlambatan atau bisa dibilang sebagai percepatan yang bertanda negatif.

Demikian lah artikel mengenai GLBB ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah pemahaman kita terkait pembahasan ini. Untuk lebih melatih kemampuan dalam pembahasan ini, teman teman bisa melihat artikel mengenai Contoh Soal gerak lurus berubah beraturan. Sekian dan Terima kasih….
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "GLBB, Gerak Lurus Berubah Beraturan: Rumus, Pengertian, Dan Latihan Soal"