Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gedung Terbesar di Dunia

Gedung Terbesar di Dunia


Gedung dibuat manusia sebagai tempat untuk melakukan kegiatan tertentu, seperti gedung Mall di gunakan untuk berbelanja, gedung pencakar langit untuk tempat tinggal atau tempat perkantoran. Tentu saja dengan fungsi tertentu sebuah bangunan akan memiliki bentuk berbeda. Sehingga tidak bisa disamakan bangunan pasar yang didesain agar banyak orang mudah keluar masuk dan melihat produk dengan bangunan perkantoran pencakar langit yang didesain untuk bisa menunjang kegiatan perusahaan. 

Untuk itulah beberapa bangunan didesain dengan ukuran tertentu dan luas tertentu agar gedung tersebut bisa digunakan secara efisien. Bisa di bayangkan jika bangunan pasar misalnya hanya memiliki ukuran beberapa meter persegi sehingga fungsi pasar sebagai tempat jual beli akan menjadi terganggu.

Berikut adalah daftar beberapa gedung Terbesar di dunia yang berhasil kami rangkum dalam artikel ini. Dengan definisi gedung Terbesar adalah gedung yang memiliki luas ruangan yang sepenuhnya berfungsi dari segi volume dan bukan merupakan bangunan yang tidak kontinu / sepotong sepotong.

7. NASA Vehicle Assembly Building

sumber gambar  wikipedia

Dari nomer 7 gedung Terbesar di dunia ada gedung dari NASA yang  disebut dengan VAB atau Vehicle Assembly Building. Bangunan ini adalah angunan besar yang termasuk pada kompleks Nasa di KSC atau Kennedy Space Center Amerika Serikat. 

Terletak di Florida Amerika serikat. Bangunan ini menempati area sebesar 3 hektar dengan volume gedung sebesar 3,665,000 m³. Gedung ini memiliki ketinggian 160 meter dan di bangun pada tahun 1966. Dengan arsiteknya adalah Morrison-Knudsen dan didesain sedemikian rupa untuk bertahan menghadapi Badai tropis dan topan. Walaupun tidak sepenuhnya kebal terhadap bencana Alam 

Fungsi Bangunan ini adalah untuk membuat roket Saturn V Rocket sebagai salah satu program Appolo dan membuat beberapa lagi di tahun tahun berikutnya. Karena ukuran roketnya yang juga besar, tentu lah dibutuhkan bangunan yang juga besar. Diketahui bahwa untuk membuat bangunan ini dibutuhkan baja seberat 89,440,000 kg

6. Boeing Composite Wing Center

sumber gambar  airwaysmag.com

Bertempat di Everett, Washington, Amerika Serikat. Boeing Composite Wing Center adalah salah satu bagian dari pabrik pembuatan pesawat yang paling sukses di Dunia yaitu pembuat pesawat Boeing. Gedung ini memiliki volume bangunan sebesar 3.7 juta m³ menjadikannya gedung paling luas ke enam dari segi volume.

Gedung ini memiliki fungsi sebagai pembuat sayap komposit pesawat untuk Boeing model 777x sebagai model terbaru. Diperkirakan perusahaan Boeing dalam rangka membuat gedung ini memakan biaya investasi lebih dari 1 Billion Dollar Amerika Serikat atau setara dengan 16 Triliun Rupiah. Sebagai pertandingan gedung ini dapat menampung 25 lapangan football didalamnya.

5. Meyer Werft Dockhalle 2

sumber gambar  meyerwerft.blogspot.com

Gedung terbesar di Dunia selanjutnya di pegang oleh salah satu perusahaan pembuat kapal di Dunia bernama Meyer Werft . perusahaan yang memiliki markas di Papenburg, Jerman ini mampu mempekerjakan kurang lebih 3300 karyawan. Dengan karyawan tersebut Meyer Werft  membuat berbagai macam kapal penumpang mewah untuk kalangan kelas atas. Diketahui gedung ini memiliki luas 4.72 juta m³

4. Tropical Islands Resort 

sumber gambar  wikipedia

Dengan besar 5.2 juta m³ gedung ini merupakan gedung terbesar nomer 4 di dunia. Gedung ini merupakan salah satu taman wisata terbesar di dunia dalam satu gedung. Taman  wisata ini bertema tropis sebagaimana taman wisata di daerah Indonesia. Hanya saja taman wisata ini berada di Eropa yang terkenal dengan suhu dinginnya. 

Bertempat di Halbe, Jerman salah satu negara Eropa yang dingin, membuat wisatawan yang ingin merasakan wisata ala taman tropis banyak berdatangan. Diperkirakan lebih dari 150 ribu orang berwisata ke taman ini setiap tahun. Didalam ruangan taman ini telah di seting sedimikian rupa agar menyerupai cuaca di iklim tropis yaitu sekitar 26 derajat celcius dengan kelembapan sekitar 64%.

3. Jean-Luc Lagardère Plant

sumber gambar  flickr.com

Sebagaimana Boeing di Amerika mempunyai CWC Composite Wing Center, di Perancis perusahaan pembuatan pesawat Airbus juga tidak mau ketinggalan untuk membuat pabrik dengan gedung terbesar di Dunia. Gedung pabrik ini bernama Jean-Luc Lagardère Plant memiliki besar 5,6 juta m³. gedung ini merupakan salah satu bagian untuk merakit pesawat Airbus model A380. diperkirakan gedung yang bertempat di Toulouse-Blagnac Perancis ini membutuhkan baja sebanyak 50 ribu ton.

2. Masjidil Haram

sumber gambar  wikipedia

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di Dunia dengan besarnya mencapai 8 juta meter kubik. Bertempat di Arab Saudi, Masjid ini mengalami beberapa kali pembangunan dan perluasan area masjid sampai pada bentuknya yang sekarang. Dengan besar bangunan yang sangat luas ini diperkirakan dapat menampung lebih dari 2,5 juta orang. Masjid ini dibuat lebih luas dan besar dengan tujuan dapat menampung lebih banyak jamaah yang sedang beribadah disana selain itu agar membuat jamaah masjid menjadi lebih tenang dan nyaman.

1. Boeing Everett Factory

sumber gambar  wikipedia

Bangunan Terbesar di Dunia jatuh pada Boeing Everett Factory. Sebuah pabrik pesawat yang terletak di Everett Washington Amerika Serikat. Gedung ini memiliki besar bangunan kurang lebih 13 juta meter kubik. Di gedung ini dibuat beberapa badan pesawat seperti Boeing 747, Boeing 767, Boeing 777 dan Boeing 787. Bangunan ini dibuat pada tahun 1967 menempati area 399 ribu meter persegi. 



Demikian lah daftar beberapa bangunan terbesar di Dunia dari segi volumenya. Semoga bisa memberikan informasi yang berguna. Untuk mendapatkan sumber daftar yang lebih jelas silahkan mengunjungi wikipedia link di bawah ini. Sekian terimakasih….


Sumber Pustaka







isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Gedung Terbesar di Dunia"