Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Indonesia yang banyak orang tidak mengetahuinya

Fakta Indonesia yang banyak orang tidak mengetahuinya

Fakta Indonesia yang banyak orang tidak mengetahuinya


Selama hidup dan tinggal di Indonesia tentu kita tidak boleh apatis dengan lingkungan tempat tinggal kita, terutama mengenal jati diri bangsa indonesia. Untuk menambah rasa bangga, cinta, rasa syukur kita bisa tinggal di Indonesia, yuk mari kita lihat deretan Fakta berikut yang mungkin kamu belum tahu

1. Ekonomi ke Lima Terbesar tahun 2030

Fakta Indonesia ekonomi ke lima 2030
Fakta indonesia yang pertama adalah pada tahun 2030 indonesia diprediksi menjadi kekuatan ekonomi (berdasarkan GDP Purchasing Power Parity) ke lima terbesar didunia mengalahkan negara negara eropa seperti jerman, perancis, dan inggris. Hal tersebut seperti dikutip pada web businessinsider.sg, yang merupakan salah satu website terkemuka yang sering membahas tentang bisnis. Peringkat pertama adalah China dengan $38.008 trilliun dan disusul Amerika serikat  $23.475 trilliun, kemudian India diposisi Tiga sebesar $19.511 trilliun , jepang dengan $5.606 trilliun diposisi empat. Dan Indonesia dengan $5.424 trilliun diposisi lima. Tentu saja prediksi ini hanya terjadi jika pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil dan tidak turun dari pertumbuhan ekonomi tahun tahun sebelumnya.

2. Memilki Penduduk 319 Juta Jiwa Pada 2045

Fakta Indonesia 319 juta orang 2045
Indonesia diprediksi memiliki jumlah penduduk sebanyak 319 juta jiwa pada tahun 2045. Data tersebut di prediksi oleh BPS dengan menggunakan metode ilmiah. Tentu saja pertambahan penduduk tersebut bisa meleset jika persen pertumbuhan penduduk di Indonesia menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

3. Indonesia Bukan Negara dengan Kepulauan Terbanyak Di Dunia

Fakta Indonesia 17 ribu pulau
Mungkin kita cukup sering mendengar bahwa negara kita memiliki banyak pulau dan menjadi salah satu negara dengan pulau terbanyak di Dunia. Tetapi fakta Indonesia hanya menempati posisi ke lima sebagai negara dengan pulau terbanyak di Dunia dengan 17 ribuan pulau. Urutan pertama diduduki Swedia dengan 267 570 pulau, disusul Finlandia dengan 179 584 Pulau, lalu Norwegia di posisi tiga dengan 50 ribuan pulau lalu Kanada di posisi ke Empat dengan 30 ribuan pulau.

4. Jawa adalah Pulau terpadat di Dunia

Fakta Indonesia jawa most populous island
Fakta Indonesia berikutnya adalah, ternyata pulau jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk dengan kepadatan tertinggi di dunia. Bagaimana Tidak, lebih dari 50 persen penduduk di Indonesia berada di pulau jawa atau sekitar 140 an juta manusia. Sedangkan pulau honshu di jepang dengan luas kurang lebih 1.5 kali pulau jawa hanya memiliki penduduk 104 jutaan.

5. Indonesia memiliki 1340 Suku bangsa yang berbeda

Fakta Indonesia 1340 suku
Terbentang dari sabang hingga merauke, ternyata indonesia memiliki banyak suku bangsa yang bermacam macam, BPS mencatat, Indonesia memiliki kurang lebih 1340 suku bangsa dengan 300 kelompok etnik yang tersebar di seluruh wilayah

6. Kekuatan Militer Terkuat Di Asia Tenggara dan 16 Dunia  

Fakta Indonesia militer terkuat di asia ternggara
Fakta Indonesia selanjutnya adalah ternyata Indonesia merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat di kawasan asia tenggara bahkan lebih kuat dibanding Australia. Dengan jumlah penduduk yang besar dan ekonomi yang kuat, membuat Indonesia mampu memiliki kekuatan militer yang kuat. Seperti dikutip dari data globalfirepower.com indonesia berada di peringkat 16 dunia diatas Arab saudi satu peringkat dan dibawah Pakistan.

7. Produsen Minyak Sawit Terbesar Di Dunia

Fakta Indonesia produsen sawit terbesar
Jika Arab saudi terkenal dengan produksi minyak buminya, Fakta indonesia juga terkenal dengan minyaknya, tetapi sebagai minyak sawit. Dilansir dari worldatlas.com, Indonesia memproduksi minyak kelapa sawit sebanyak 36 juta metrik ton, jauh diatas malaysia yang hanya 21 juta metrik ton dan Thailand di posisi 3 dengan 2.2 juta metrik ton. Mengingat Minyak sawit yang sangat cocok untuk memasak, Indonesia bisa menjadi penguasa pasar minyak sawit ini.

8. Tambang Grasberg Papua merupakan Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Fakta Indonesia grasberg
Siapa yang tidak tahu Tambang Grasberg yang dikelola Freeport McMoRan. Sejak Dahulu Tambang ini terkenal sebagai tambang emas paling besar di dunia. Semenjak ditemukan oleh geologis asal belanda tahun 1936 tambang ini banyak mengeluarkan cadangan emasnya. Tetapi saat ini produktifitasnya menurun sebelum di beli oleh Pemerintah Indonesia. Grasberg awalnya di sebut sebagai Ertsberg oleh geologis belanda kala itu yang berarti Ore Mountain. Tambang ini berada di sekitar puncak jaya, Papua.

9. Luas Lautan Lebih Besar dari Daratan

Fakta Indonesia lautan luas
Fakta Indonesia yang ke sembilan adalah ternyata Luas Lautan Jauh lebih besar dibandingkan luas daratan. Tercatat luas laut Indonesia adalah 3,25 juta km2 dibandingkan dengan luas daratan 2,01 juta km2. karena itulah indonesia disebut sebagai negara Maritim.

10. Penghasil Produk Ikan terbesar ke Dua di Dunia

Fakta Indonesia Hasil Laut Melimpah
Indonesia yang di kelilingi oleh laut ini mempunyai banyak hasil laut yang melimpah. Tak heran indonesia memiliki banyak produk perikanan dan beraneka macam. Menurut worldbank Produk ikan indonesia menduduki peringkat ke dua setelah china yang menghasilkan sekitar 81,500,000 ton. Bahkan Indonesia bisa mengalahkan India dan Amerika. Indonesia menghasilkan sekitar 23,200,000 ton, India sebesar 10,800,000 ton. Amerika serikat sebesar 5,375,386 ton.

11. Negara Penghasil Beras Terbesar Ketiga Di Dunia

Fakta Indonesia produsen beras
Dengan Tanah yang subur Indonesia menghasilkan lebih dari 36 juta ton beras setiap tahun. Berdasarkan data statista.com Indonesia berada di peringkat 3 dunia dibawah China dan India. Tentu saja produksi Indonesia kalah salah satu faktornya kedua negara itu memiliki luas daratan lebih besar di banding Indonesia.

Demikian lah beberapa Fakta Indonesia pada artikel ini. Semoga membuat kita semakin bangga dengan negara kita dan bersyukur tinggal di Indonesia.                                                                                                                                           
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Fakta Indonesia yang banyak orang tidak mengetahuinya"