Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Danau Terluas Di Dunia, Wow Lebih besar dari Jakarta

Danau Terluas Di Dunia, Wow Lebih besar dari Jakarta


Danau adalah sebuah cekungan dikelilingi oleh daratan lebih tinggi  berada pada permukaan bumi yang berisi air baik tawar maupun asin. Cekungan danau bisa terbentuk oleh peristiwa alami di bumi, seperti pergeseran bumi, meteor yang jatuh kebumi, hasil letusan gunung api dan sebagainya. Jika proses tersebut tidak alami atau buatan manusia biasanya disebut danau buatan.

Danau air tawar biasanya merupakan salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat sekitarnya, karena berisi sumber air dan berbagai makhluk hidup yang mengelilinya. Danau air asin cenderung susah di manfaatkan, karena air yang asin tidak bisa dengan mudah dikonsumsi tetapi harus di olah terlebih dahulu. Sedangkan Danau Buatan biasanya digunakan untuk kepentingan khusus manusia

Selain itu terdapat beberapa jenis danau berdasarkan pembentukannya yang alami. Diantaranya ada danau vulkanik yang pembentukannya akibat letusan gunung berapi, sisa letusan tersebut kemudian terisi air dan menjadi danau. Kedua ada danau tektonik, danau ini terbentuk akibar proses gerakan lapisan kulit bumi yang kemudian membentuk cekungan di permukaan bumi. Ketiga adalah danau karst, danau yang terbentuk akibat proses batuan kapur pada suatu daerah bertanah kapur yang terkikis akibat hujan sehingga menimbulkan cekungan. Keempat adalah danau Vulkanik-tektonik, danau yang proses pembentukannya akibat 2 macam proses yaitu vulkanik dan tektonik. Ke lima adalah danau glasial, diakibatkan oleh erosi dari gletser yang mengakibatkan cekungan pada permukaan bumi. Keenam adalah danau sungai mati, yaitu akibat terputusnya aliran air sungai yang sebelumnya melewati tempat ini. Yang ketuju adalah danau cirques, yaitu danau yang terjadi akibat pencairan es yang biasanya sering dijumpai di daerah pegunungan. Yang kesembilan adalah danau laguna atau Haff, yaitu danau yang terbentuk akibat pengendapan materi sungai menuju pantai, akibat pengendapan ini terjadilah pembendungan air sungai dan mengakibatkan genangan air.

Beberapa danau tersebut ada yang dapat di jumpai di Indonesia, tetapi beberapa danau sangat sulit ditemukan di negara kita, hal tesebut akibat kondisi permukaan bumi Indonesia sendiri yang berbeda dengan negara negara lainnya seperti negara eropa atau amerika utara tang dekat dengan kutub utara.

Danau biasanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari bila danau tersebut memiliki air yang tawar, mencegah banjir karena menampung kelebihan air di sekitar, tempat budidaya tanaman tertentu, tempat kembang biak hewan , menjaga ekosistem alam dan lainnya.

Tetapi Tahukah kalian ada danau yang sangat besar, sehingga danau tersebut terlihat seperti lautan dan memiliki ombak yang juga tinggi. Beberapa danau terluas tidak hanya danau air tawar tetapi juga danau air asin. Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat daftar danau terluas di dunia.

15.Danau Balkash


Danau terluas di Dunia nomer 15 adalah danau balkash yang terletak di negara Kazakhstan dengan luas kurang lebih 16,400 km2. Jika dibandingkan dengan danau terbesar di Indonesia yaitu danau Toba, Maka luas danau balkash ini kurang lebih 12 kali lebih besar dibandingkan dengan Danau Toba. Danau ini termasuk danau dangkal dengan kedalaman rata rata adalah 5.8 meter dengan titik terdalam adalah 26 m. selain itu danau ini adalah danau yang akan membeku pada saat suhu sekitar mendingin, biasanya terjadi pada bulan november sampai maret.
Peta danau Balkash dari atas

14.Danau Ladoga


Danau Ladoga adalah salah satu danau terluasdi eropa dan danau terluas nomer 14 di Dunia. Danau ini terletak di Negara Rusia. Danau ini adalah danau air tawar dengan luas kurang lebih 17,700 km2. panjang maksimal danau ini adalah 219 km dan lebar maksimalnya 138 km, dengan kedalaman rata rata 51 m.
Peta Danau Ladoga dari atas

13.Danau Ontario


Danau ini terletak di benua Amerika, tepatnya Amerika Utara. Termasuk dalam 5 danau raksasa di bagian Benua Amerika. Memiliki luas area kurang lebih 19,000 km2 dengan titik terdalamnya 244 km. Danau ini membentang di dua negara yaitu Amerika dan Kanada.

12.Winnipeg


Terletak di Kanada merupakan danau air tawar terbesar nomer 6 di negara tersebut. Memiliki kedalam yang relatif agak dangkal dengan rata rata kedalaman 12 meter. Titik terdalam adalah 36 meter. Danau ini memiliki beberapa pulau di dalamnya dan beberapa pulau tersebut kurang dikembangkan. Danau ini sangat penting bagi perekonomian kota sekitar. Besar danau ini adalah 24,514 km2. Sebagai perbandingan danau toba hanya seluas kurang lebih 1 100 kilometer persegi.


11.Erie


Danau Erie memiliki luas 25,700 km2, lebih besar sedikit dibanding dengan danau winnipeg. Danau ini memiliki efek salju danau pada daerah sekitarnya mengakibatkan beberapa salju turun. Danau ini dibagi bersama oleh 2 negara. Yaitu negara Kanada dan Amerika Serikat.

10.Great Slave Lake


Danau Great Slave Lake merupakan danau terluas di Dunia nomer 10. danau ini memegang rekor sebagai danau terdalam di Amerika Utara. Kedalaman paling bawah dari danau ini adalah 614 meter. Panjang maksimum danau ini membentang 469 km dan lebar 203 km. Luas danau ini adalah sebesar 27,200 km2. meskipun titik terdalam danau ini sekitar 600 meter, tetapi rata rata danau ini memiliki kedalaman 41 meter. Kadang sangking dinginnya daerah ini beberapa saat danau ini bisa membeku. Danau ini terletak di Kanada
Great Slave dari atas

9.Danau Malawi


Urutan ke sembilan ada danau Malawi, seluas 29,500 km2. sebagai perbandingan pulau bali memiliki luas sekitar 5 780 km2. Danau ini memilki panjang maksimal 560 Km dan lebar 75 km. Danau malawi terletak di afrika dan menempati 3 negara, yaitu malawu, tanzania, dan mozambique. Uniknya danau ini memiliki berbagai macam jenis ikan yang lebih banyak dibandingkan danau manapun di bumi.
Danau Malawi dari atas

8.Great Bear Lake


Negara Kanada memang terkenal memiliki banyak Danau terluas di dunia. Great Bear Lake salah satu danau terluas yang ada di amerika utara dengan luas area sebesar 31,000 km2. Danau ini merupakan danau terbesar yang berada di kawasan artik dan sepenuhnya berada di negara Kanada tidak dibagi dengan negara lain.
Peta Great Bear dari atas 

7.Danau Baikal


Danau yang terletak di Rusia ini memegang rekor sebagai danau terdalam di dunia selain itu danau ini juga merupakan danau air tawar terbesar di dunia jika diukur dari volumenya. Luas area danau ini sebesar 31,722 km2. Beberapa suku disekitar danau kadang membakai sumber daya danau ini untuk kembang biak kambing, domba, kuda dan yang ainnya. Memiliki suhu bervariasi mulai dari -19 derajat celsius dan 14 derajat selsius. Titik terdalam danau ini adalah 1 642 m dengan kedalaman rata rata 744 meter.
Peta Danau Baikal dari atas

6.Danau Tanganyika

danau terluas di dunia no 6

Merupakan danau di afrika yang memegang rekor sebagai danau terpanjang di dunia. Panjang nya lebih dari 676 Km, bahkan lebih panjang dari sungai bengawan solo yang hanya 600 Km. Lebar danau maksimal adalah 72 km kedalaman rata rata adalah 570 meter dengan titik terdalam 1 470 m. Danau ini terletak memotong beberapa batas negara yaitu Burundi, Tanzania, Zambia, dan Demokratik Republik Kongo. Dari segi Volume, danau ini menduduki danau terbesar di dunia.
Danau Tanganyika dari atas

5.Danau Michigan

danau terluas di dunia no 5

Danau ini terletak di Amerika Serikat dengan luas sekitar 58,000 km2. Panjan maksimal danau ini adalah 494 Km dengan lebar 190 km. Kedalaman maksimal danau ini adalah 281 m dengan rata rata kedalaman danau 85 m.

4.Danau Huron

danau terluas di dunia no 4

Danau Terluas di Dunia nomer 4 adalah danau huron yang terletak di benua amerika, amerika utara. Danau ini memotong dua negara yaitu Kanada Dan Amerika Serikat. Besar Danau ini adalah 59,600 km2 sebagai perbandingan Luas jakarta adalah 662,3 km² . Jadi danau ini bisa menampung beberapa kota jakarta di dalamnya. Kedalaman danau ini rata rata adalah 59 m dan titik terdalamnya adalah 229 m. Uniknya di tengah danau ini terdapat pulau dengan area 2 766 km², dengan luas sebesar itu setara dengan beberapa negara kecil jika digabungkan.
Danau Huron Citra Satelit

3.Victoria

danau terluas di dunia no 3

Danau Victoria adalah danau terluas di benua Afrika. Terletak di 3 negara afrika yaitu Uganda, Kenya dan Tanzania. Danau ini memiliki luas 59,947 km2. Kedalaman rata rata danau ini adalah 41 meter dengan titik terdalamnya 81 m. panjang maksimal danau ini adalah 359 km dan lebar maksimalnya 337 km.

2.Danau Superior

danau terluas di dunia no 2

Merupakan danau air tawar terluas di dunia jika diukur dari luas cakupan area. Jika berdasarkan volume, danau ini tidak sebanyak danau Baikal. Memiliki area sebesar 82,000 km2 lebih besar dari pulau maluku yang memiliki luas sekitar 74 000 km2. danau ini terletak di Amerika Utara dengan areanya dibagi oleh dua negara yaitu Amerika Serikat dan Kanada.

1.Laut Kaspia

Danau Terluas Di Dunia no 1

Meskipun namanya Laut, Kaspia tetap dianggap sebagai danau. Kaspia biasa disebut danau karena memang luasnya yang setara laut laut lain di Dunia. Sebagai Danau Terluas di Dunia, Laut Kaspia merupakan danau air asin bukan air tawar. Menurut sejarah, laut kaspia dahulu menjadi satu dengan laut lain tetapi seiring perubahan bentuk permukaan bumi, Laut kaspia menjadi terperangkap ditengah tengah daratan, sehingga sisa air asin dari laut ini masih ada hingga sekarang. Luas Laut Kaspia adalah 371,000 km2 Lebih luas dari pulau jawa (128 297km2) ditambah dengan pulau sulawesi ( 174 600 km2).
Danau Terluas Di Dunia
Laut Kaspia citra Satelit






Sebagai Perbandingan Berikut adalah daftar danau danau di Indonesia yang mungkin teman teman pembaca sudah pernah mendatanginya.

1.Danau Toba Luas : 1100 km2  Daerah : Sumatera Utara
2.Danau Towuti Luas : 561,1 km2 Daerah : Sulawesi Selatan
3.Danau Poso Luas : 320 km2 Daerah : Sulawesi Tengah
4.Danau Sentarum Luas : 275 km2 Daerah : Kalimantan Barat
5.Danau Matano Luas : 164 km2 Daerah : Sulawesi Selatan
6.Danau Jempang Luas : 150 km2 Daerah : Kalimantan Timur
7.Danau Paniani Luas : 145 km2 Daerah : Papua
8.Danau Rombebai Luas : 137 km2 Daerah : Papua
9.Danau Tempe luas : 130 km2 Daerah : Sulawesi Selatan
10.Danau Semayang : 130 km2 Daerah : Kalimantan Timur

Jika luas danau 10 besar di Indonesia Di gabungkan maka belum bisa menyaingi danau terluas di Dunia. Hal tersebut memang karena kondisi alam indonesia yang tidak mendukung terbentuknya danau berukuran raksasa. Beberapa danau di Indonesia kadang merupakan danau berjenis Vulkanik atau danau yang terjadi akibat proses letusan gunung api pada masa lalu, hal tersebut dirasa wajar karena Indonesia sendiri merupakan negara di daerah cincin api yang terkenal memiliki banyak gunung gunung berapi.

Demikianlah daftar danau terluas di dunia, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi teman teman semua. Sekian ….
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Danau Terluas Di Dunia, Wow Lebih besar dari Jakarta"