Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Masjid Terindah Di Dunia

Daftar Masjid Terindah Di Dunia


Dalam Artikel ini kita akan membahas daftar 12 masjid pilihan yang dinilai memiliki keindahan yang luar biasa dari segi desain arsitektur bangunannya. Berikut adalah pilihan masjid terindah Di Dunia:



1.Masjidil Haram


Masjid ini adalah salah satu dari tiga masjid paling penting di Dunia. Masjid ini memiliki area sebesar 356 ribu meter dan dapat menampung lebih dari 1.5 juta orang.


Masjid ini terletak di Kota suci Mekah dan sudah di renovasi beberapa kali oleh beberapa pemerintahan yang berbeda. Mulai dari masa Kenabian, Masa Bani Umayah, Era Ottoman hingga era Saudi pada saat ini.

https://id.wikipedia.org/wiki/Masjidil_Haram

2.Masjid Nabawi


Masjid Nabawi terletak di Madinah Arab Saudi dan merupakan masjid terbesar ke dua di Dunia setelah Masjidil Haram di Mekah. Masjid ini sama seperti Masjidil Haram. Telah berlangsung beberapa kali perbaikan dan renovasi hingga sekarang dapat menampung1 juta lebih orang


Masjid ini memiliki 10 menara dengan ketinggian menara 105 meter. Disamping itu masjid ini terkenal karena disinilah terletak minbar Nabi, Mihrab, Kubah Hijau, dan Rawdah.

https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Masjid_an-Nabawi

3.Masjid Faisal


Masjid Faisal adalah salah satu masjid yang terindah di dunia terletak di Negara Pakistan. Masjid ini terletak di Margalla Hills, Islamabad dan merupakan salah satu masjid paling besar yang ada di negara Pakistan.



Pembangunan di mulai pada tahun 1976, setelah menerima hadiah dari raja Faisal dari Arab Saudi sebesar 120 juta dollar. Masjid ini tidak memiliki kubah seperti kebanyakan desain masjid yang ada di Dunia, tetapi terinspirasi oleh Bedouin Tent (Tenda suku padang pasir). Masjid ini di desain oleh arsitek asal turki Vedat Dalokay.



Kapasitas Maksimal Masjid ini adalah 300 000 orang. Dan merupakan salah satu masjid yang terbesar di Dunia Setelah masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi. Bahkan masjid ini lebih besar dari masjid Istiqlal di Indonesia.

Masjid ini memiliki empat menara yang tepat berada di sisi sisi masjid dan satu menara di setiap sudut masjid. Ketinggian menara adalah 79 meter dan memiliki dasar menara 10 x 10 meter. Dan merupakan salah satu menara masjid yang paling tinggi di daerah Asia Selatan.
https://en.wikipedia.org/wiki/Faisal_Mosque

4.Masjid Istiqlal


Masjid Istiqlal atau dalam bahasa indonesianya masjid Merdeka merupakan salah satu masjid paling terkenal di Indonesia. Masjid ini Juga merupakan Masjid terbesar di Asia Tenggara dan nomer 5 di dunia dengan kapasitas jamaah di masjid ini kurang lebih 200 000 orang.


Masjid yang terletak di Jakarta ibukota Indonesia ini dibangun pada tahun 1951 selesai pada tahun 1978 dan direnovasi pada tahun 1999. peletakan batu pertama dilakukan oleh presiden pertama republik indonesia pada  saat itu Ir Soekarno


Berbeda dengan kebanyakan masjid masjid besar di Dunia, masjid Istiqlal memiliki 1 menara saja dengan ketinggian 96 meter. Didalam masjid terdapat 12 tiang besar yang menopang bagian utama masjid dan memiliki kubah sebesar 45 meter

https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Istiqlal

5.Grand Jamia Mosque Lahore 


Masjid ini terletak di Kota Bahria, Lahore, Pakistan dengan kapasitas masjid 70 ribu orang. Masjid ini merupakan masjid ketiga terbesar di Pakistan dan salah satu dati beberapa masjid besar dunia yang mampu menampung lebih dari 50 ribu orang



Masjid ini memiliki 21 kubah dan 4 menara dan di desain oleh Nayyar Ali dada dan di buka secara resmi saat Idul Adha pada tanggal 6 oktober 2014. Pembangunan masjid ini memakan biaya kurang lebih 28 juta dollar.



Yang unik permukaan masjid ini di lapisi oleh 4 juta ubin Multani yang secara khusus di buat dengan menggunakan tangan. Kemudian interiornya merupakan karpet yang dipesan secara khusus dari turki.

https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Jamia_Mosque,_Lahore

6.Camlica Mosque



Masjid ini merupakan masjid terbesar di Turki dan dapat menampung 63 ribu orang. Didalamnya termasuk muesum, galeri seni, perpustakaan, ruang parkir bawah tanah, dan ruang konferensi.



Masjid yang terletak di kota istanbul ini di desain oleh 2 arsitek wanita bernama Bahar Mizrak dan Haryriye Gul Totu dan menghabiskan dana sekitar 66 juta dollar amerika. Memiliki 6 menara dengan 4 menara diantaranya memiliki tinggi 107,1 meter sebagai simbol kemenangan pasukan seljuk melawan romawi byzantium pada pertemburan manzikert tahun 1071.



Masjid ini merupakan salah satu mega proyek turki dan selesai sepenuhnya pada 4 mei tahun 2019. masjid ini memiliki kubah raksasa dengan ketinggian 72 meter dan memiliki beberapa kubah lainnya dengan total 70 kubah.

https://en.wikipedia.org/wiki/%C3%87aml%C4%B1ca_Mosque

7.Baitul Mukarram National Mosque



Masjid ini adalah masjid nasional di Bangladesh dan dibuat pada tahun 1959 dan selesai dibangun pada tahun 1968. masjid ini terletak di ibukota bangladesh yaitu kota Dhaka. Masjid ini memiliki kapasitas kurang lebih 40 ribu orang



Arsitek masjid ini adalah abdulhuesin m Thariani. Masjid ini memiliki ketinggian setara gedung 8 tingkat. Masjid ini juga mempunyai taman dengan gaya taman mughal.

https://en.wikipedia.org/wiki/Baitul_Mukarram_National_Mosque


Selain 7 masjid diatas, berikut beberapa masjid yang mempunyai desain yang tak kalah indahnya

Sabancı Merkez Camii --- Turki





Masjid Al Saleh --- Yaman



Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin --- Malaysia


Masjid 201 Kubah --- Bangladesh


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Daftar Masjid Terindah Di Dunia"