Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Masjid Terbesar di Indonesia

Daftar Masjid Terbesar di Indonesia

Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa masjid terbesar di Indonesia dari segi kapasitasnya. Berikut ini adalah daftarnya:


1.Masjid Istiqlal --- 200 Ribu Orang

Masjid Terbesar di Indonesia


Pada urutan pertama tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, yaitu Masjid Istiqlal. Selain menjadi masjid paling besar di Indonesia. Masjid Istiqlal menjadi masjid paling besar di Asia Tenggara. Dan didunia menjadi masjid terbesar ke 5 di Dunia setelah Masjid Faisal di Islamabad Pakistan, Masjid Grand Jamia di Karachi Pakistan, Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Mekah di negara Arab Saudi.

Masjid Istiqlal merupakan salah satu bahasa arab untuk kata Merdeka. Masjid ini dibuat sebagai salah satu simbol kemerdekaan indonesia. Dibuka pada 22 februari 1978. masjid ini terletak di samping Medan Merdeka dan juga memiliki posisi yang dekat dengan Katedral Jakarta. 

Pembangunan di mulai pada tahun 24 agustus 1961. dan membutuhkan 17 tahun untuk menyelesaikannya. Masjid ini memiliki kubah dengan diameter sebesar 45 meter yang juga menjadi salah satu simbol kemerdekaan indonesia yaitu tahun pembacaan teks proklamasi pada tahun 1945.

Menara masjid pada Masjid Istiqlal ini memiliki tinggi sekitar 60 meter dan ditambah 30 meter stain less stell lagi di atasnya. Menara Masjid Istiqlal ini hanya ada satu buah. Tidak seperti beberapa masjid di wilayah lain luar negeri yang memiliki beberapa menara seperti di negara negara Arab, turki dan india.

Kapasitas Masjid Istiqlal dapat menampung kurang lebih 200 000 orang dalam satu waktu. Dan beberapa tamu luar negeri yang pernah mengunjungi masjid ini diantaranya, Barack Obama presiden AS pada tahun 2010, Bill Clinton, Mahmoud Ahmadinejad, Muammar Gaddafi, Prince Charles, Li Yuammchao wakil presiden partai komunis china, presiden chile Sebastian Pinera, Presiden Austria Jens Stoltenberg, Kanselir Jerman Angela Merkel pada tahun 2010. dan raja Salman dari Arab Saudi pada tahun 2017.


2.Masjid Nasional Al Akbar Surabaya --- 59 Ribu Orang


Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini merupakan masjid terbesar ke dua di Indonesia setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini berada di dekat Jalan raya Surabaya - Porong. Masjid ini dapat menampung kurang lebih 59 Ribu orang dan juga menjadi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara

Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ini mulai dibangun pada tanggal 4 agustus tahun 1995 dan merupakan ide dari Soenarto Soemoprawiro wali kota Surabaya pada waktu itu. Pembangunan dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Try Sutrisno wakil presiden Indonesia pada saat itu. Karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 1998 pembangunan masjid ini sempat terhenti dan kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2000. lalu diresmikan pada 10 November tahun 2000 oleh presiden indonesia pada waktu itu KH Abdurrahman Wahid

Dari segi area, Masjid ini memiliki luas 22 300 meter persegi. Dengan panjang bangunan 147 meter dan lebar 128 meter. Untuk langit langitnya. Masjid ini di hiasi dengan beberapa kubah dengan kubah luarnya setinggi 27 meter. 

Menara masjid ini sama seperti masjid Istiqlal di Jakarta hanya memiliki 1 menara masjid. Dan tinggi menara masjid ini adalah 99 meter yang merupakan salah satu simbol 99 Asmaul Husna.

3.Masjid Islamic Center Samarinda --- 40 Ribu Orang


Selanjutnya adalah masjid Masjid Islamic Center Samarinda yang terletak di Ibukota provinsi Kalimantan Timur. Masjid ini memiliki luas area 43 500 meter persegi dan mampu menampung 45 ribu orang. Masjid ini memiliki luas lantai utama nya sebesar 10 000 meter persegi dan dibangun di atas lahan bekas PT Inhutani, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu. Masjid ini juga dikenal dengan nama masjid Baitul Muttaqien dan terletak di Sub distrik Teluk Lerong Ulu di dekat sungai Mahakam.

Masjid ini memiliki beberapa menara dan satu menara utama. Menara utamanya memiliki tinggi 99 meter yang menjadi simbol 99 Asmaul Husna. Menara tersebut memiliki 15 lantai dengan masing masing lantai memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 6 meter. Selain menara utama tertinggi, Masjid Islamic Center Samarinda ini memiliki 6 menara lain dengan 4 menara diantaranya terletak di setiap ujung masjid dengan ketinggian 70 meter dan 2 menara sisanya terletak di dekat pintu masuk dengan ketinggian 57 meter.

4.Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh --- 30 Ribu Orang


Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di Aceh ini merupakan salah satu masjid paling terkenal di Indonesia. Karena masjid ini termasuk salah satu bangunan yang berdiri setelah diterjang gelombang dasyat Tsunami pada tahun 2004 lalu. Masjid ini memiliki total kapasitas jamaah sekitar 30 ribu orang. 

Luas area di dalam Masjid Raya Baiturrahman adalah sekitar 1500 meter persegi. Terdiri dari 7 kubah dan 8 menara. Masjid ini nama aslinya adalah masjid raya dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. beberapa orang juga mengatakan bahwa masjid ini dibangun jauh sebelum itu, yaitu pada tahun 1292 oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah.

Masjid ini pernah rusak saat VOC menyerang Aceh pada tahun 1873, setelah hancur masjid ini dibangun kembali pada tahun 1879 dan selesai pada 27 desember 1881. pada saat awal masjid ini dibangun. Menara masjid dan kubah masjid hanya ada satu, tetapi seiring berkembangnya jaman, bangunan ini diperbarui hingga menjadi seperti sekarang ini.

5.Masjid Dian Al Mahri Depok --- 20 Ribu Orang


Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah masjid Dian Al Mahri di Kota Depok provinsi Jawa Barat. Masjid ini juga memiliki nama lain yaitu masjid Kubah emas. Masjid ini dibangun oleh pembisnis dari banten yang membeli lahan pada tahun 1996 dan mulai pembangunan masjid pada tahun 2001. Pada tahun 2006 masjid ini selesai di bangun dan mulai secara resmi di gunakan pada akhir tahun 2006.

Masjid inimemiliki luas area total 50 hektar dan bangunan utamanya menempati 60 x 120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Dengan luas yang cukup besar itu, masjid ini mampu menampung 20 ribu orang. Menara masjid ini memiliki ketinggian 40 meter dan berjumlah 6 menara. Sementara itu kubahnya memiliki diameter 20 meter dan berjumlah 5 kubah.



Selain 5 masjid tersebut berikut beberapa masjid di Indonesia yang juga dapat menampung banyak jamaah:

Masjid Raya Sumatera Barat

Total Kapasitas Jamaah: 20,000
Kota letak masjid : Padang
Provinsi Sumatera Barat
Tahun pembangunan masjid: 2014


Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari

Total Kapasitas Jamaah: 16,000
Kota letak masjid : Jakarta
Tahun pembangunan masjid: 2013

Masjid Agung Jawa Tengah

Total Kapasitas Jamaah: 15,000
Kota letak masjid : Semarang
Provinsi Jawa Tengah
Tahun pembangunan masjid: 2006

Masjid Agung Palembang

Total Kapasitas Jamaah: 15,000
Kota letak masjid : Palembang
Provinsi : Sumatera Selatan
Tahun pembangunan masjid: 1738


Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Total Kapasitas Jamaah: 15,000
Kota letak masjid : Banjarmasin
Provinsi Kalimantan Selatan
Tahun pembangunan masjid: 1979


Masjid Raya Bandung

Total Kapasitas Jamaah: 13,000
Kota letak masjid : Bandung
Provinsi Jawa Barat
Tahun pembangunan masjid: 2003

Masjid Agung Al-Azhar

Total Kapasitas Jamaah: 10,000
Kota letak masjid : Jakarta
Tahun pembangunan masjid: 1958

Masjid Al-Ittihad Jatibarang

Total Kapasitas Jamaah: 10,000
Kota letak masjid : Brebes
Provinsi Jawa Tengah
Tahun pembangunan masjid: 2008

Masjid Raya Makassar

Total Kapasitas Jamaah: 10,000
Kota letak masjid : Makassar
Provinsi sulawesi selatan
Tahun pembangunan masjid: 1999


Demikianlah Artikel tentang masjid terbesar di Indonesia ini, semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi kita semua. Sekian terimakasih…
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Daftar Masjid Terbesar di Indonesia"