Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Beberapa Istana Termegah di Dunia

Daftar Beberapa Istana Termegah di Dunia


Istana adalah sebuah tempat terpusat yang berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan, petinggi negara atau orang penting lainnya. Tempat ini biasanya memiliki fasilitas yang lengkap sehingga bisa membuat siapapun yang tinggal di dalamnya merasa aman dan nyaman. Beberapa negara mempunyai istana yang bermacam macam bentuk, ukuran dan tujuan pembuatannya. Ada yang masih di gunakan sebagai tempat tinggal pejabat atau keluarga kerajaan atau ada yang sekarang hanya menjadi tempat wisata. 

Beberapa istana yang pernah di buat di berbagai belahan dunia tentu saja memiliki desain yang sangat menawan. Hal tersebut salah satunya sebagai simbol suatu negara atau kerajaan yang ada. Berikut kami sajikan beberapa istana termegah yang pernah di Buat beberapa negara.

1. Palatul Parlamentului


Beberapa Istana Termegah di Dunia

Palatul Parlamentului (The Palace of the Parliament dalam bahasa inggris) merupakan istana yang berfungsi sebagai salah satu pusat kegiatan administrasi kenegaraan. Bertempat di Bucharest Romania, istana ini merupakan salah satu istana termegah di dunia. Luas istana ini kurang lebih 66,000 meter persegi (luas tanah yang terpakai). Istana ini di buat pada masa pemerintahan sosialis negara itu dan mereka terinspirasi dari model yang ada di Korea Utara. 

Beberapa Istana Termegah di Dunia


Beberapa Istana Termegah di Dunia


https://en.wikipedia.org/wiki/Palace_of_the_Parliament


2. Istana Hofburg


Beberapa Istana Termegah di Dunia


Istana ini terletak di tengah kota Vienna dan di bangun sekitar abad 13. istana ini merupakan istana kerajaan yang di bangun pada masa dinasti Habsburg. Sekarang menjadi tempat kerja dan tempat tinggal presiden Austria pada saat pembangunan pertama kali tentu saja bangunan ini tidak langsung menjadi megah. Perlu beberapa masa pemerintahan agar istana ini menjadi seperti yang terlihat sekarang

Beberapa Istana Termegah di Dunia


Beberapa Istana Termegah di Dunia


3. Reggia di Caserta


Beberapa Istana Termegah di Dunia

Dalam bahasa inggris bisa juga disebut The Royal Palace of Caserta. Merupakan istana yang terletak di Casetra, Selatan Itali. Istana ini memiliki 5 lantai dan 1200 kamar serta termasuk 2 lusin apartemen, perpustakaan yang besar, dan fasilitas lainnya. Istana ini menjadi salah satu istana terbesar jika dilihat dari segi besar Volumenya. Tercatat bangunan istana ini memilioki volume 2 juta meter kubik. Istana ini juga telah terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Beberapa Istana Termegah di Dunia


Beberapa Istana Termegah di Dunia


https://en.wikipedia.org/wiki/Royal_Palace_of_Caserta

4. Palais du Louvre


Beberapa Istana Termegah di Dunia

Palais du Louvre atau Louvre Palace merupakan istana megah yang terletak di tengah kota Paris, Perancis. Awalnya Istana ini adalah benteng yang dibuat pada abad pertengahan, tetapi beberapa pemerintahan selanjutnya menjadikannya sebagai istana kerajaan pada abad 14 oleh Charles ke 5 dan seterusnya di gunakan oleh raja perancis. Tetapi pada tahun 1793 tempat ini menjadi musium publik.

Beberapa Istana Termegah di Dunia

Beberapa Istana Termegah di Dunia


5. Cumhurbaşkanlığı Külliyesi


Beberapa Istana Termegah di Dunia

Dalam bahasa Indonesianya adalah kompleks kepresidenan. Istana ini terletak di Turki dan menjadi tempat tinggal kepresidenan republik turki. Pembangunan Istana ini adalah saat masa pemerintahan Presiden Erdogan, dan menghabiskan lebih dari setengah Milliar Dollar Amerika. Ditengah kritik yang deras tentang pembangunan kompleks ini ternyata tidak membuat kepopuleran Erdogan mereda pada pemilu selanjutnya. Kompleks Istana ini mempunyai fasilitas sangat lengkap terdiri dari 250 kamar. Bungker perlindungan, dan laboratorium pendeteksi serangan nuklir, biologi, dan kimia.

Beberapa Istana Termegah di Dunia

Beberapa Istana Termegah di Dunia


6. Istana Nurul Iman



Selanjutnya adalah salah satu istana yang berada di Asia Tenggara tepatnya di negara Brunei Darusalam. Istana ini adalah kediaman resmi sultan Brunei yaitu Hassanal Bolkiah dan beberapa pejabat pemerintahan. Istana ini terletak beberapa kilometer kearah Selatan dari Ibukota negara Bandar Seri Begawan. Istana ini juga dijuluki sebagai Istana Tempat Tinggal Presiden paling besar di Dunia. Tidak hanya sebagai tempat tinggal. Istana ini merupakan salah satu tempat dilaksanakannya beberapa kegiatan pemerintahan negara Brunei.



7. Forbidden City



Kompleks istana ini dalam bahasa Indonesia adalah kota terlarang. Merupakan salah satu kompleks Istana paling besar yang ada di Dunia. Istana ini terletak di Pusat kota Beijing China dan merupakan bekas tempat tinggal keluarga kekaisaran China dari masa dinasti Ming hingga dinasti Qing selama lebih dari 500 tahun Dibangun pada tahun 1406 sampai 1420 istana ini memiliki 980 bangunan dan meliputi area seluas 72 hektar. Walaupun sekarang bukan lagi menjadi tempat keluarga kerajaan, Istaini ini menjadi museum istana di China dan termasuk dalam situs warisan dunia dari UNESCO.Pada tahun 2019 tercatat lebih dari 19 juta orang berkunjung ke tempat ini untuk berwisata.




8. Zamek w Malborku



Zamek w Malborku atau Kastil Teutonic di Malbork adalah kastil yang terletak di polandia dan termasuk dalam salah satu situs warisan Dunia UNESCO. Istana ini di bangun oleh Prajurit Teuton yang berasal dari jerman. Salah satu fungsinya adalah untuk mengkontrol area sekitar dari Prussia dan Suku Suku Baltik pada masa itu.




9. Palacio Real de Madrid



Adalah Istana milik keluarga kerajaan Spanyol yang terletak di kota Madrid. Istana ini terdiri dari 3418 kamar dan menempati area sebesar 135 ribu meter persegi. Istana ini terkenal dengan kemewahan interiotnya dan kaya akan nilai seni, dibangun dari material terbaik pada saat itu. Istana ini dibangun pada tahun 1735 pada masa raja Felipe ke 5.




10. Winter Palace



Winter Palace merupakan salah satu istana termegah di dunia yang pernah di bangun. Bertempat di Saint Petersburg, Russia, Istana ini merupakan tempat tinggal resmi kekaisaran Rusia mulai pada tahun 1732 hingga 1917. Istana ini dibangun dengan tujuan untuk merefleksikan kekuatan kerajaan rusia pada saat itu yang telah menguasai 1/6 bagian muka bumi atau lebih dari 22 juta kilometer persegi. Istana ini memiliki 1886 pintu, 1945 jendela dan 1500 ruangan.




11. Château de Versailles


Beberapa Istana Termegah di Dunia

Istana Versailles adalah tempat tinggal bagi keluarga kerajaan Perancis mulai dari tahun 1682 hingga berakhir pada revolusi Perancis di tahun 1789. Istana ini menjadi salah satu istana yang menyaksikan Revolusi berdarah Perancis pada waktu itu yang pada akhirnya menghancurkan sistem kerajaan di Perancis untuk selamanya. Sekarang Istana ini tidak lagi menjadi tempat tinggal kerajaan dan lebih menjadi destinasi wisata di Perancis.





Demikianlah daftar istana istana termegah di Dunia yang pernah dibangun, semoga bisa menambah kekayaan informasi kita dan mungkin menjadi salah satu tujuan destinasi wisata kita kedepannya. Sekian terimakasisih…
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Daftar Beberapa Istana Termegah di Dunia"