Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga

Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga

Definisi Prisma Segitiga


Prisma Segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi polihedron yang memiliki alas dan tinggi berbentuk segitiga sama besar terpisah saling berhadapan dengan jarak tertentu dan dihubungkan oleh 3 bidang datar permukaan poligonal berbentuk persegi atau persegi panjang. Jika teman teman belum tahu, polihedron adalah kelompok bangun ruang tiga dimensi dengan bidang permukaan poligonal, sisi yang lurus dan beberapa sudut. Sedangkan poligonal adalah bangun datar dengan beberapa garis / rusuk yang saling berhubungan sehingga membentuk sirkuit / lintasan tertutup. Misal Segitiga, adalah bangun poligonal yang memiliki 3 rusuk dan 3 sudut, persegi adalah bangun poligonal yang memiliki 4 rusuk dan 4 sudut, dan seterusnya.

Total bidang permukaan yang di miliki oleh prisma segitiga adalah 5 sisi. Yaitu sisi segitiga yang saling berhadapan dan sisi “dinding” berjumlah 3 buah mengikuti jumlah rusuk segitiga. Perlu di ketahui alas dan atap segitiganya tidak selalu memiliki segitiga yang sama sisi. Bisa juga berbagai macam jenis segitiga seperti segitiga sama kaki, segitiga siku siku atau segitiga sembarang.

Sebuah bangun ruang prisma segitiga biasanya diberi notasi atau tanda huruf disetiap sudutnya. Misalnya menggunakan huruf A sampai F secara berurutan. Fungsi untuk mempermudah mengidentifikasi Prisma Segitiga. Salah satu fungsinya agar kita tidak bingun garis tertentu saat segitiga tersebut di putar atau di balik.

Definisi Segitiga alas sebenarnya tidak mutlak pada prisma segitiga, jika segitiga tersebut di baringkan maka sisi bidang segitiganya terletak di kanan dan kiri atau depan belakang. Untuk itu diharapkan teman teman tidak bingung tentang apa yang dimaksud dengan tinggi prisma dan memang lebih mudah jika menggunakan tanda Huruf seperti di jelaskan sebelumnya.

Setiap bidang permukaan berbentuk persegi juga memiliki nilai yang sama besar dan identik satu dengan lainnya. Dan perseginya juga bisa antara persegi panjang atau persegi biasa yang sama besar antar sisinya.

Rumus Volume Prisma Segitiga


Setiap bangun ruang tentu saja memiliki volume dan untuk mencari volume prisma segitiga, yang perlu kita lakukan adalah menghitung luas alas segitiga terlebih dahulu dan kemudian dikalikan dengan tinggi prisma atau jarak bidang segitiga satu dengan segitiga lainnya. 


Volume Prisma Segitiga
Volume Prisma Segitiga

Bila menggunakan gambar diatas. Maka luas segitiga bisa disebutkan sebagai Luas segitiga ABC atau EDF di kalikan dengan garis AD (panjang titik A ke D) atau dikalikan dengan garis BE atau dikalikan dengan garis FC. Untuk lebih jelasnya mari kira lihat gambar dan pembahasan Volume Prisma Segitiga di bawah ini:


Sebagaimana di jelaskan di bagian definisi, jika kita membaringkan prisma segitiga ini maka rusuk tingginya adalah jarak titik B ke A atau garis BA dan tinggi prisma seperti ini tidak bisa digunakan untuk mencari Volume karena definisi yang benar adalah Luas segitiga ABC atau DEF dikalikan dengan garis AD, atau garis BE atau garis FC.


Contoh Soal Volume Prisma Segitiga


1. Sebuah Prisma Segitiga berbentuk seperti dibawah ini memiliki. Dengan luas segitiga ABC adalah 10 cm². dan panjang garis AD adalah 12 cm. Berapakah Volume Prisma segitiga tersebut?



Jawaban:

Luas Segitiga ABC = 10 cm²
Garis AD = 12 cm

Menggunakan rumus volume prisma segitiga
V = Luas alas x Tinggi
V = Luas alas segitiga ABC x Garis AD
V = 10 cm² x 12 cm
V = 120 cm³

2. Sebuah Prisma segitiga dengan segitiga siku siku. Segitiga tersebut memiliki panjang garis c (sisi miring) 5 cm dan panjang garis b (sisi tegak) 4 cm. Jika tinggi prisma tersebut adalah 10 cm. Berapakah volume prisma segitiga tersebut?



Jawaban:

Garis c = 5 cm 
Garis b = 4 cm

Untuk mencari luas segitiga kita harus mencari panjang garis a terlebih dahulu atau garis alas dengan teorema pythagoras yaitu
c² = a² + b²
5² = a² + 4²
25 - 16 = a²
9 = a²
a = 3 cm

Lalu menggunakan rumus Volume prisma segitiga yaitu 
V = luas alas x tinggi
V = (luas segitiga) x 10 cm
V = (1/2 x 3 cm x 4 cm) x 10 cm
V = 6 cm² x 10 cm
V = 60 cm³

3. Sebuah prisma segitiga mempunyai Volume 1000 cm³. jika prisma tersebut memiliki luas alas segitiga 100 cm², berapakah tinggi prisma tersebut?



Jawaban:

Volume Prisma Segitiga = 1000 cm³
Luas segitiga = 100 cm²

Dengan menggunakan rumus Volume prisma segitiga yaitu 
V = luas alas x tinggi
1000 cm³ = 100 cm² x tinggi
Tinggi = 1000 cm³/100 cm²
Tinggi = 10 cm

4. Dua buah prisma segitiga di jejerkan sedemikian rupa seperti gambar di bawah ini sehingga menjadi kubus. Jika panjang garis BC adalah 10 cm. Berapakah volume salah satu prisma segitiga tersebut?



Jawaban: 

Ada dua cara untuk menyelesaikan soal ini. Cara pertama dengan mencari luas segitiganya terlebih dahulu lalu dikalikan dengan tinggi.

Dengan menggunakan rumus Volume prisma segitiga yaitu 
V = luas alas x tinggi
V = (1/2 x alas x tinggi segitiga ) x Tinggi prisma

Karena bangun ruang tersebut adalah kubus, maka panjang garis sama 

V = (1/2 x 10 cm x 10 cm) x 10 cm
V = 50 cm² x 10 cm
V = 500 cm³

Cara kedua dengan mencari terlebih dahulu volume Kubus dan kemudian membagi volume kubus dengan dua karena kubus tersebut tersusun atas dua buah bangun ruang prisma segitiga yang sama besar

V kubus = sisi x sisi x sisi
V kubus = 10 cm x 10 cm x 10 cm
V kubus = 1000 cm³

V satu buah prisma = 1/2 V kubus
V prisma = 1/2 x 1000 cm³
V prisma = 500 cm³




Penutup


Dalam mencari volume Bangun ruang prisma segitiga, balok, kubus atau tabung sebenarnya memiliki cara yang hampir mirip. Yaitu luas alas dikalikan dengan tinggi. Tetapi bedanya dari beberapa bangun ruang tersebut adalah bentuk bidang datar alasnya. Seperti prisma segitiga yang bidang alasnya berbentuk segitiga, maka menggunakan rumus luas segitiga. Balok dan kubus yang memiliki bidang alas yang berbentuk persegi, maka menggunakan rumus luas persegi, serta bangun ruang Tabung yang memiliki alas berbentuk lingkaran maka luas alasnya di cari dengan menggunakan rumus luas lingkaran

Demikian lah artikel ini dibuat semoga bisa menjadi informasi yang berguna dan menambah pemahaman kita terkait bangun ruang prisma segitiga. Sekian terimakasih…..

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Volume Prisma Segitiga"