Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerima File lewat Bluetooth di Windows 10

Cara Menerima File lewat Bluetooth
Cara Menerima File lewat Bluetooth

Cara Menerima File lewat Bluetooth di Windows 10


Beberapa dari kita kadang suka berbagi file lewat usb, atau sosial media ke hp teman atau ke laptop lain. Tentu saja berbagi dengan cara seperti ini lebih mudah dibanding dengan teknologi jaman dulu yang masih menggunakan infrared atau kabel data yang besar.

Sekarang berbagi lewat bluetooth adalah hal yang sangat memudahkan, tidak perlu repot repot membawa kabel, berbagi file pun menjadi lebih cepat. Selain itu berbagi dengan menggunakan bluetooth pun bisa dilakukan hampir di setiap perangkat elektronik seperti laptop, komputer, tablet, dan smartphone. 

Untuk perangkat laptop pun bluetooth juga bisa digunakan, tetapi jika kita menggunakan bluetooth untuk perangkat laptop windows 10 tampaknya agak membingungkan. Karena letak setingan atau pengaturannya berbeda dari seri seri windows sebelumnya, seperti windows xp, windows vista, atau windows 7. 

Teknologi bluetooth ini di buat oleh ahli IT asal swedia pada tahun 1994. teknologi pengiriman ini menggunakan frekuensi dan gelombang sehingga bisa mengirim file antar perangkat yang saling memiliki teknologi bluetooth.

Maka dari itu mari kita lihat cara yang benar untuk memindahkan file dari hp ke laptop. Dan laptop dapat menerima file dari HP atau perangkat lainnya di windows 10.

Langkah Pertama, bukalah tombol home windows yang ada di pojok kiri bawah. Lalu ketiklah bluetooth. Maka windows akan otomatis mencarinya

Langkah kedua, klik pengaturan bluetooth dan sistem akan segera membuka pengaturan bluetooth

Langkah ketiga, setelah anda masuk kedalam pengaturan, klik tombol bluetooth yang berwarna abu abu. Setelah diklik, tombol bluetooth abu abu tadi akan berubah menjadi warna biru

Langkah keempat, setelah beberapa saat sistem akan mengaktifkan bluetooth. Setelah aktif, carilah “recieve file and send file” yang ada di bagian bawah.

Langkah kelima, setelah di klik maka kita akan dibawa ke pengaturan peneriman dan pengiriman  bluetooth, lalu pilihlah lagi “recieve file”

Langkah keenam, aktifkan bluetooth di perangkat pengirim dan pilihlah file yang ingin dikirim. Dalam pengaturan kirim di HP pilihlah nama bluetooth di laptop yang juga sedang aktif

Langkah ketuju, setelah pengirim selesai memilih perangkat laptop penerima untuk dikirim, maka tunggulah notifikasi penerimaan file laptop penerima beberapa saat kemudian

Proses penerimaan file akan berlangsung beberapa saat yang lamanya tergantung pada jarak antar perangkat elektronik peneriman dan pengirim, serta ukuran file yang akan dikirim.

Jika file yang dikirim banyak dan besar ukurannya, tentu prosesnya akan lebih lama.

Langkah kedelapan, akan ada notifikasi selesai menerima file dari perangkat pengirim ke perangkat penerima, lalu jangan lupa ingat ingat lokasi folder tempat file yang diterima disimpan. Atau bisa juga dengan mengubah tempat folder penyimpanan setelah file diterima dengan menekan tombol browse.

Dan akhirnya file dari pengirim telah berhasil diterima. Dan perangkat bluetooth yang menyala sudah bisa kita matikan.

Untuk lebih jelas lagi berikut adalah langkah langkah dengan gambar screenshotnya.

Cara Menerima File lewat Bluetooth
langkah pertama ketik bluetooth di tombol home dan pilih setingan bluetooth



langkah kedua Klik tombol bluetooth seperti yang ada di gambar




langkah ketiga pilihlah send or receive files via bluetooth



Langkah keempat pilihlah receive file seperti yang ditunjukan panah merah

Proses pengiriman akan segera berlangsung

Terakhir pilihlah folder tempat file akan disimpan

Demikianlah cara menerima file lewat bluetooth untuk sistem operasi windows 10, semoga bermanfaat.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Cara Menerima File lewat Bluetooth di Windows 10"