Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memindahkan File Ke Kartu SD di Android

Cara Memindahkan File Ke Kartu SD
Cara Memindahkan File Ke Kartu SD

Cara Memindahkan File Ke Kartu SD di Android

Memori internal pada HP adalah hal yang penting. Disinilah kita menyimpan beberapa file penting kita termasuk aplikasi, foto, video, mp3, dokumen, hasil download, dan lainnya. Belum lagi jika aplikasi yang sudah terinstal di HP kita meminta lebih banyak memori untuk data yang mereka bawa. Seperti aplikasi medsos yang biasanya memakan banyak memori dalam hal data yang mereka simpan. Contohnya adalah sosial media WA, instagram, atau aplikasi youtube.

Kekurangan memori internal hp tentu akan menjadi masalah bagi kita, jika kita ingin menambakan data lagi, baik berupa hasil download atau ingin install aplikasi terbaru seperti game yang agak besar ukurannya atau menambah jejaring sosial media baru. Dengan kebutuhan data yang semakin besar maka dibutuhkan juga space penyimpanan yang besar.

Jika kebutuhan akan ruang kosong memori tersebut tidak terpenuhi, tentunya kebutuhan kita akan terganggu, seperti contoh kita harus menghapus beberapa aplikasi lama kita atau menghapus beberapa foto, video, dan game kita hanya untuk menyimpan file baru atau mendownload dan menginstal aplikasi baru. Dan menginstal ulang aplikasi lama yang sebelumnya di hapus jika akan digunakan lagi.

Untuk beberapa hp dengan memori kecil tentu ini akan menjadi momok, karena mungkin memori internalnya tidak memiliki ruang kosong lagi. Seperti tipe hp hp lama di bawah satu jutaan atau tipe HP entry level yang memori internalnya dibawah 16 Gb atau bahkan hanya sampai 8 Gb.

Untung saja kita bisa menambah memori internal HP kita dengan membeli memori eksternal berupa SD Card, atau dalam bahasa indonesianya adalah Kartu SD. Dengan adanya kartu SD ini kita bisa menambah ruang kosong dan menjadikan HP kita cukup lega untuk menyimpan beberapa file ukuran besar.

Ukurang memori SD biasanya bermacam macam dan tergantung kemampuan HP itu sendiri. Ada yang hanya sampai 32 Gb, atau 64 Gb, 128 Gb, atau bahkan 256 Gb. Dengan memori yang lebih besar tersebut, tentu akan membuat kita semakin bebas menggunakan HP tanpa perlu membeli HP baru yang memorinya lebih besar

Tetapi, akan menjadi kesulitas tersendiri apabila kita tidak tahu Cara Memindahkan File Ke Kartu SD. Akan percuma jika kita membeli memori SD yang besar tetapi tidak bisa digunakan dan nantinya akan tidak terpakai.

Sebenarnya ada beberapa cara memindahkan file ke kartu SD. Dan cara memindahkannya tentu tidak terlalu sulit. Tanpa komputer atau laptop pun kita bisa menggunakannya dan hanya memakai HP. Untuk itu berikut adalah beberapa cara memindahkan file ke kartu SD:

Daftar isi

  1. cara memindahkan file ke kartu SD dengan file manager bawaan HP
  2. cara memindahkan foto ke kartu SD dengan setingan kamera HP
  3. cara memindahkan file ke kartu SD dengan aplikasi pihak ketiga

1. Cara memindahkan file ke kartu SD dengan file manager bawaan HP


cara memindahkan file ke kartu SD dengan file manager hp kita sendiri sebenarnya cukup mudah, tetapi yang menjadi permasalahan adalah tidak semua HP memiliki sistem file manager yang sama. Ada beberapa HP yang kadang tidak memiliki file manager, seperti HP keluaran lama atau HP yang entry level. Tetapi biasanya untuk HP keluaran terbaru akan mempunyai file manager walaupun harganya dibawah 1 jutaan.

Berikut adalah cara memindahkan file ke kartu SD dengan file manager bawaan HP:


  1. Buka file manager, biasanya ikonnya adalah bentuk folder dan tertulis “ file”, “file manager”, “pengaturan file”, bisa berbeda beda tergantung jenis HP
  2. Kemudian pilih file yang ingin di pindah dengan menekannya beberapa detik, dalam contoh ini adalah pemindahan aplikasi.
  3. Lalu pilih tombol “Titik Tiga” di bagian atas. Setelah itu pilih “pindahan ke SD card”


NOTE: UNTUK aplikasi tertentu kadang ada yang TIDAK BISA dipindah ke kartu SD karena setingan bawaan aplikasi tersebut

Berikut adalah gambar lengkap cara memindahkan file ke kartu SD dengan file manager bawaan HP:





Buka File manager dan pilih file atau aplikasi yang ingin dipindahkan



  
Setelah di pilih, klik tombol "titik tiga" di pojok kanan atas dan pilih pindahkan ke kartu SD



Selain itu langkah langkah diatas juga bisa digunakan sebagai cara memindahkan foto ke kartu SD. 
Berikut adalah langkah langkahnya menggunakan gambar:


Pilih kategori "Foto" di menu kemudian pilih foto yang ingin di pindahkan



Setelah di pilih, klik menu pojok kanan atas dan pilih pindahkan ke folder
setelah itu pilih folder yang berada di Kartu SD 

2. Cara memindahkan foto ke kartu SD dengan setingan kamera HP


Selain menggunakan aplikasi file manager bawaan di HP, bisa juga langsung melakukan penyetelan di aplikasi kamera yang akan digunakan.caranya juga mudah. Dan dengan melakukan pengaturan langsung di kamera, kita tidak perlu repot repot memindahkan file foto tersebut setiap kali selesai menngambil foto

Berikut adalah cara memindahkan foto ke kartu SD dengan setingan kamera langsung:

  1. Buka aplikasi kamera, dan pilih pengaturan. (biasanya berbeda untuk setiap HP)
  2. Dalam pengaturan pilih lokasi penyimpanan foto atau video, pilih memori eksternal atau kartu SD
  3. Biasanya jika dalam kamera tidak ada pilihan pengaturan. Kita bisa mengaturnya di menu setting umum HP


Berikut adalah langkah beserta gambar:


Buka Kamera, dan pilihlah setingan kamera 


Pilih Lokasi penyimpanan dan pilihlah Eksternal


NOTE: Beberapa HP mungkin berbeda, dan beberapa HP mungkin ada yang tidak bisa melakukan settingan tersebut

3. Cara memindahkan file ke kartu SD dengan aplikasi pihak ketiga


Selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. cara memindahkan file ke kartu SD ini efektif bagi kalian yang tidak mempunyai file manager bawaan dari HP.

Untuk simulasi kali ini penulis menggunakan aplikasi ES File Manager. Tentu teman teman bisa mencari aplikasi lain yang dirasa lebih bagus dan dapat digunakan sebagai cara memindahkan file ke kartu SD.

  1. Langkah pertama instal dan buka aplikasi ES File manager
  2. Kemudian pilih menu di pojok kiri atas yang bergaris tiga, lalu pilih penyimpanan internal
  3. Cari file di penyimpanan internal HP tersebut yang ingin di pindahkan
  4. Klik tombol “Titik Tiga” di samping kanan file, pilih “cut” (untuk memindahkan ke folder baru) atau “copy” ( untuk duplikasi file).
  5. Selanjutnya pilih lagi menu tiga garis di pojok kiri atas dan pilih memori kartu SD
  6. Lalu pilih folder mana yang di tuju di kartu SD
  7. Setelah memilih folder yang dipilih, pilih tanda centang yang ada di pojok kanan bawah disamping nama file yang akan di pindahkan.Biasanya letak tombo centang ini ada di bawah kolom iklan.


Berikut adalah gambar langkah langkah cara memindahkan file ke kartu SD dengan aplikasi pihak ketiga.







Klik menu dan pilih "Internal Storage"




Klik "SD card" dan pilih folder yang dituju


Untuk menggunakan aplikasi ini memang tampak lebih sulit dan panjang, jika anda ingin menggunakan file manager lain yang lebih cepat tentu bisa saja.


Penutup


Demikian lah artikel yang bisa di share kali ini, beberapa langkah diatas sudah dicoba dan berhasil. Mungkin teknis lebih rinci bisa berbeda untuk setiap hp dan aplikasi file manager yang berbeda juga. Semoga artikel tentang cara memindahkan file ke kartu SD dan cara memindahkan foto ke kartu SD ini bermanfaat. 
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Cara Memindahkan File Ke Kartu SD di Android"