Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Clickbait dan Apa Tujuannya


apa itu clickbait
clickbait penipu

Apa itu Clickbait dan Apa Tujuannya


Pada jaman informasi modern ini kita sering mendengar kata kata clickbait atau umpak klik. Beberapa konten di sosial media banyak dibanjiri oleh konten berjenis clickbait tidak hanya itu bahkan media artikel internet juga banyak yang clickbait. Sebenarnya apa itu clickbait? Mari kita bahas 

Daftar Isi:
  1. Pengertian clickbait
  2. Penggunaan dan tujuan clickbait
  3. Pencegahan Konten Clickbait
  4. kesimpulan


Pengertian clickbait



clickbait, ibarat seperti umpan untuk anda menklik konten tersebut

Dikutip dari en.wikipedia.org, clickbait adalah suatu bentuk iklan atau pengumuman suatu informasi yang memiliki fakta yang salah, tidak terbukti kebenarannya, mengakibatkan orang salah paham akan suatu iklan tersebut yang sengaja dibuat pembuat iklan / pengumuman dengan menggunakan link internet tulisan atau link gambar untuk menarik perhatian pembaca agar pengguna / user melihat link tersebut, melihat, membaca, atau mendengar link tersebut yang sebelumnya telah dikaitkan dengan sumber lain di internet.

Biasanya judul judul clickbait dibuat sangat menggoda dengan tujuan untuk mengambil rasa penasaran masyarakat. Judul tersebut dibuat menggoda dengan cara memberi sedikit informasi yang membuat target masyarakat tidak dapat menyimpulan informasi tersebut sehingga timbulah rasa penasaran membuka link internet / content tersebut.

Judul clickbait adalah bersifat “menipu” dan kadang dibuat dengan seakan akan menjadi suatu yang sensasional atau seakan akan benar padahal menyesatkan. Selain itu menampilkan sesuatu judul yang bertentangan dengan fakta umum yang ada di tengah masyarakat.

Ketidak jujuran pada judul clickbait menggunakan dayatarik yang sebenarnya isi konten dengan judul tersebut sama sekali tidak mirip atau bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan judul. Atau konten yang dibuat memiliki sumber keakuratan yang kecil atau bahkan tidak akurat sama sekali dengan fakta sebenarnya di lapangan.


Hati hati dengan apa yang anda klik

Jauh sebelum internet ada dan istilah clickbait muncul. Ada tipe marketing penjual yang hampir mirip dengan clickbait adalah bait and switch. Pada bait and switch mekanismenya adalah seseorang atau pelaku marketing mengumumkan suatu kelebihan produk / layanan atau semacam diskon dengan harga yang lebih murah tetapi setelah pembeli datang ke tempat tersebut, hal hal yang diiklankan sebelumnya tidak benar adanya. Keduanya yaitu clickbait dan bait and switch dimasukan dalam golongan penipuan.

Tetapi ada beberapa perbedaan pendapat saat link kontent clickbait yang telah diklik tidak memiliki tujuan untuk mengekploitasi pengguna / user dan bertujuan udalam hal humor atau menghibur, maka tidak dimasukan dalam clickbait, meskipun demikian hal tersebut menurut penulis adalah hal yang tidak etis, membuang buang waktu, dan termasuk menipu perasaan user pengguna. 

Rasa Penasaran manusia bisa di eksploitasi dengan mudah


Jadi secara garis besar clickbait adalah sesuatu yang didesain atau dibuat untuk membuat pembaca mau mengklik suatu link internet padahal isi konten dan judul tersebut tidak ada hubungannya, atau konten tersebut berisi penipuan dengan menyertakan sedikit sumber pustaka atau bahkan sumber fakta yang palsu.

clickbait kadang beredar dengan cepat di sosial media karena pembaca yang terkena fakta palsu artikel clickbait tersebut tidak melakukan cek ulang terhadap sumber berita yang dimaksud. Sehingga clickbait erat kaitannya dengan hoax.

Penggunaan dan tujuan clickbait


Clickbait bagi suatu situs internet digunakan untuk mendapatkan kunjungan pengguna internet agar konten yang mereka buat di baca di lihat atau dibagikan oleh pengguna internet. Dengan masuknya trafik atau lalulintas pengguna ke website mereka, maka situs tersebut menjadi semakin terkenal dan bisa mendapatkan nama / popularitas di mesin pencari. Kadang situs ini menampilkan juga iklan iklan pada artikel mereka, sehingga mereka bisa mendapatkan potensi penghasilan dari lalulintas yang banyak dari pengguna yang masuk ke situs mereka dan akan melihat iklan tersebut atau bahkan menklik iklan terebut. Karena semakin banyak iklan yang dilihat atau di klik oleh pengguna yang terjebak artikel clickbait tadi akan membuat pemilik situs mendapatkan komisi dari pembuat iklan.

Kadang cara seperti diatas digunakan untuk menyebarkan file file yang berbahaya atau mencuri informasi pengguna internet yang kadang tidak waspada atau tidak sadar telah mengklik atau mengetik pada halaman penipuan yang berasal dari artikel clickbait.

Para pembuat clickbait kadang menggunakan komposisi judul tulisan dan menggabungkannya dengan gambar yang sangat menarik padalah menipu dan menyesatkan. Kombinasi keduanya kadang mengeksploitasi alam bawah sadar manusia dalam hal rasa penasaran yang berhubungan dengan nafsu serakah, nafsu sex, atau nafsu lainnya. 

Pencegahan konten clickbait 


Beberapa sosial media telah menggunakan antisipasi bagi penggunanya agar bisa melaporkan konten konten yang bersifat clickbait dengan bahasa yang menipu. Alogaritma filter clickbait pun juga telah dibuat beberapa sosial media untuk menyaring konten tersebut. Selain itu beberapa mesin pencari / browser memiliki alat yang telah diintegrasikan dengan aplikasinya yang bisa mendeteksi clickbait.

Tidak ketinggalan partisipasi kita sebagai pengguna internet untuk turut aktif melaporkan artikel yang berbau penipuan dimanapun kita menemukannya, karena sosial media kita sekarang memiliki layanan pelaporan terkait artike artikel yang mengganggu dan melanggar paduan komunits sosial media termasuk salah satunya adalah artikel penipu clickbait.

Kesimpulan


Clickbait kadang bisa berbahaya bagi seseorang atau kelompok masyarakat, karena berisi informasi palsu yang berbahaya, bersifat menipu dan kadang bisa terjadi fitnah. Beberapa orang jahat yang mengetahui bagaimana clickbait bekerja, akan menggunakannya untuk kepentingannya sendiri mendapatkan uang secara tidak benar dan melanggar hukum, atau tujuan politik dari seseorang politisi yang ingin memenangkan pemilihan atau melakukan kampanye hitam kepada lawan politiknya.

Maka dalam mendapatkan informasi tersebut, kita sebagai pengguna alangkah baiknya untuk menyaring informasi yang ada. Tidak mudah percaya dengan berita yang datang, dan menggali lagi informasi yang telah sampai kepada kita.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Apa itu Clickbait dan Apa Tujuannya"