Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Manfaat Sereh yang Menakjubkan

22 Manfaat Sereh yang Menakjubkan


Sereh / serai atau dalam bahasa inggrisnya disebut Lemongrass merupakan salah satu rempah rempah yang banyak ditemukan di Indonesia dan sering kita lihat terjual di pasar pasar tradisional maupun pasar modern.


Serai juga bisa disebut citronella, tanaman yang memiliki bentuk tinggi dan tegak serta memiliki aroma yang khas. Serai termasuk pada kelompok tanaman rerumputan dengan nama lain Cymbopogon citratus. Tanaman ini bisa ditemukan secara alami di India dan daerah tropis asia.


Sereh memiliki beberapa fakta nutrisi, dalam 100 gram sereh, terdapat kandungan air sebanyak 70 gram, Sodium 6 mili gram, potassium 723 mili gram, magnesium 60 mili gram, zat besi 8 mili gram, kalsium 65 mili gram, karbohidrat 25 mili gram, lemak 0,94 gram, zinc 2 mili gram, tembaga 0,27 mili gram, vitamin c 2,6 mili gram, vitamin B6 0,08 mili gram, riboflavin 0,14 mili gram dan protein 1,85 gram. Dengan semua kandungan nutrisi tersebut, sereh dalam 100 gram nya mampu memberikan energi sebanyak 99 kilo kalori.


Di Afrika, Amerika dan asia tenggara, tanaman ini sering digunakan untuk konsumsi dengan menambahkan sebagai resep makanan. Selain itu tanaman ini juga digunakan untuk berbagai macam kegunaan medis. Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas manfaat sereh berikut daftar manfaatnya :

1. Membantu menurunkan kolestrol


Pada tahun 2011 sebuah jurnal Food and Chemical Toxicology menyatakan bahwa minyak esensial pada lemongras / serai memiliki bahan anti- hyperlipidemic dan anti- hypercholesterolemic yang memberikan manfaat pada serai untuk membantu tingkat kolestrol yang sehat. Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa efek serai pada hewan mampu mengurangi lemak pada pembuluh darah dan bisa sebagai mencegah kelainan jantung seperti Atherosclerosis.

2. Sebagai bahan Detox Tubuh

Pada suatu penelitian, manfaat serai mampu menolong kita untuk membersihkan dan mengeluarkan beberapa zat yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini menyebaban detoksifikasi beberapa organ pada tubuh seperti hati dan ginjal

3. Berpotensi sebagai Anti Kanker


Manfaat serai yang ketiga diketahui dapat mencegah tumbuhnya sel kanker tanpa mempengaruhi sel yang sehat pada tubuh. Penelitian yang dilakukan berfokus pada efek citral untuk kanker menunjukan kemampuannya menghambat tumbuhnya sel kanker 

4. Mampu Melawan Bakteri Staphylococcus Aerus


Manfaat selanjutnya diketahui bahwa minyak esensial sereh memiliki anti- biofilm yang berguna bagi infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aerus. Bakteri ini dikenal mampu menghasilkan beberapa penyakit bagi tubuh seperti bisul, jerawat, pneumonia, meningitis, arthritis dan berbagai penyakit lainnya

5.  Membantu menyembuhkan masalah perut


Berbagai penelitian menunjukan bahwa minyak esensial pada sereh mampu berperan sebagai anti- microba dananti- bakteri membuatnya mampu membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan kuman seperti E Coli dan beragam masalah pada perut lainnya 

6.  Meringankan Insomnia


Jika dijadikan teh, Sereh di klaim mampu membantu merelekskan otot dan saraf yang pada akhirnya membantu tubuh selama proses tidur. Selain itu juga membantu menambah kualitas tidur tubuh kita.

7. Membantu Masalah Pernapasan


Sereh diketahui sebagai obat untuk meredakan batuk dan flu. Selain itu beberapa komponen yang bermanfaat lainnya karena kandungan vitamin C nya dan membantu meredakan sumbatan pada daerah pernafasan.

8. Mengurangi efek Demam


Beberapa penelitian juga mengklaim sereh mampu mengurangi demam karena efek antipyretic dan diaphoreticnya.

9. Membantu mengurangi infeksi pada Tubuh


Sereh diketahui menjadi bahan antiseptik dan menurut penelitian mampu menangani secara efektif berbagai infeksi. Sereh juga menjadi penghambat pertumbuhan zat zat penyebab penyakit. 

10. Mengurangi Rasa Sakit


Beberapa sakit yang dapat dikurangi oleh manfaat Sereh diantaranya sakit kepala dan sakit migrain karena properi Analgesiknya.

11. Membantu Mengkontrol Diabetes Tipe 2


Sereh diketahui dapat memberikan manfaat dalam kontrol untuk menjaga kadar diabetes tipe 2. sebuah percobaan yang dilakukan terhadap hewan yang dilakukan oleh  Indian Journal of Pharmacology pada tahun 2011 mengindikasikan citral (kandungan sereh) mampu membuat tingkat insulin menjadi lebih baik dan meningkatkan toleransi glukosa pada tubuh. Tetapi efek lebih lanjut kepada manusia masih perlu diteliti lebih lanjut.

12. Mengurangi rasa sakit


Sereh diketahui mampu meredakan rasa sakit Rheumatism.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Ekstrak sereh diketahui memberikan manfaat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengatur aksi pada sitokinin yang akan memberi sinyal molekul yang membuat sel sel saling berkomunikasi dan respon untuk tubuh.

14. Membantu Perawatan Kulit


Sereh diketahui mampu meningkatkan tone kulit dan sebagai bahan efektif untuk membersihkan kulit berminyak atau kulit berjerawat. Mampu meningkatkan kesehatan pori pori dan mensterilkannya. Tetapi penggunaannya harus benar agar tidak kelebihan dosis pada kulit menyebabkan iritasi

15. Meningkatkan Kesehatan Sel Tubuh


Sereh memiliki zat antioksidan yang berkualitas dan membantu tubuh, melindungi sel dari radikal bebas. selain itu antioksidannya mampu menolong regenerasi sel tubuh menggantikan sel sel yang sudah tua

16. Membantu mengurangi Edema


Manfaat sereh diketahui efektif untuk meredakan kondisi retensi air pada edema, efeknya yang mampu membersihkan pada penumpukan lympathic dan dapat menolong pembengkakan

17. Mengurangi Obesitas


Kandungan Sereh yaitu citral menurut penelitian efektif melawan obesitas dan mampu mengurangi penumpukan lemak pada perut serta membuatnya menggunakan energi yang tersimpan tersebut

18. Sebagai Aromaterapi


Karena beberapa kandungan sereh yang unik, tanaman ini mampu membuat efek menyegarkan yang sangat menenangkan saat cuaca panas. Hal tersebut juga tidak lepas dari minyak alami yang terdapat pada sereh

19. Pengusir Serangga


Kandungan yang unik lainnya dari sereh adalah mengusir serangga. Kandungan unik ini menurut penelitian mampu menanggulangi penyakit akibat serangga seperti malaria, demam berdarah dan lainnya.

20. Menghilangkan Bau Badan


Karena juga memiliki efek aromaterapi dan anti bakterial, beberapa industri menggunakannya sebagai bahan baku untuk mencegah bau badan yang tidak mengenakan.

21. Meningkatkan Kesehatan Mulut


Sebuah jurnal The Food Chemistry menyatakan bahwa ekstrak herbal pada sereh mampu menjadi penghambat pertumbuhan bakteri pada sample lab utamanya yang diteliti adalah bakteri yag menyebabkan penyakit pada Gigi.

22. Meningkatkan Sel Darah Merah


Hasil penelitian pada tahun 2015 menunjukan bahwa meminum teh sereh, setiap hari selama 30 hari, mampu meningkatkan konsentrasi hemoglobin atau sel darah merah baik dari jumlah dan volumenya. Walaupun demikian masih tidak diketahui kandungan sereh apa yang menyebabkan efek tersebut.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "22 Manfaat Sereh yang Menakjubkan"