Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Paling mematikan di Dunia

Penyakit Paling mematikan di Dunia


Ada Beberapa Penyakit paling mematikan didunia, beberapa penyakit ini dikenal teah membunuh jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa penyakit ini bahkan membuat peta kekuatn negara negara di dunia menjadi berantakan. Mulai dari ekonomi, politik, dan sosial semuanta runtuh.
Berikut adalah daftar penyakit yang mematikan dan merebut korban jiwa yang banyak:



1. HIV AIDS


Human immunodeficiency virus atau biasa disebut dengan HIV tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Virus yang menyerang sistem imun manusia ini menyebabkan penyakit yang disebut dengan AIDS atau Acquired Immunodeficiency Synrome

Virus ini dapat menular melalui cairan tubuh, seperti saat berhuungan badan, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dari pasien yang terinfeksi kepada orang yang sehat, proses menyusui antara ibu dan anaknya, tranfusi darah, dan beragambentuk proses pertukaran cairan tubuh lainnya.

Virus ini diakui sebagai virus berbahaya mulai dari tahun 1981, dan semenjak itu, jutaan orang telah terinfeksi dan jutaan juga korban meninggal yang diakibatkan penyakit ini. Penyakit ini menyebar dengan cepat pada kawasa Benua Afrika.

HIV AIDS sejauh ini telah diperkirakan merengut lebih dari 32 juta nyawa selama periode 1960 hingga sekarang(1).

2. Spanish Flu / Pandemik Virus Spanyol


Virus Spanyol ini merupakan salah satu virus paling mematikan di abad modern. Virus ini berjenis H1N1 Influenza, mirip dengan virus yang menyerang dunia beberapa tahun lalu yaitu flu babi.

Virus Spanyol sebenarnya bukan pertama kali terjadi di spanyol, tetapi media spanyol yang pertama kali membuat berita tentang bahaya virus ini sehingga terkenal bahwa Virus Spanyol ini berasal dari spanyol.

Dimulai bersamaan saat perang dunia pertama sedang berlangsung, menyebabkan perhatian negara negara yang terkena Virus Spanyol ini tidak fokus memerangi virus ini, sehingga dengan cepat menyebar hingga menginfeksi lebih dari 500 juta penduduk dunia.

Pada tahun itu, sekitar tahun 1918, para ilmuan masih belum mengetahui secara jelas asal Virus Spanyol ini, dan apa yang menyebabkan orang orang terkena penyakit ini, dan baru beberapa tahun berikutnya setelah Virus Spanyol dinyatakan “hilang” para ilmuan mulai bisa meneliti dengan lebih detail.

Kematian akibat Virus Spanyol ini diperkirakan antara 17 - 50 juta(2), bahkan sumber lain mengatakan hingga 100 juta(1). Perbedaan ini karena sulitnya pencatatan pada waktu itu untuk dilakukan

Virus Spanyol ini juga menyerang Indonesia (pada waktu itu masih dijajah) dan merengut kurang lebih 1.5 juta orang meninggal dunia. Menjadikan indonesia menjadi salah satu negara setelah sub continetal india dan china yang mengalami jumlah korban terbanyak(1).

3. Plague of Justinian / Wabah Yustinian 


Justinian atau Yustinian adalah seorang raja yang menguasai daerah Byzantium Romawi, kerajaannya membentang dari mesir, anatolia turki, daerah balkan eropa hingga itali.

Pada masa pemerintahan raja justinian, wabah ini muncul dan meluluhlantakan kekaisaran Byzantium. Constatinopel (sekarang Istanbul turki) menjadi salah satu kota yang terkena, dipercaya wabah yang menyerang kota ini berasal dari kapal mesir yang berlabuh, membawa tikus yang terjangkiti Yersinia pestis.

Wabah ini dipercaya merengut 1/4 populasi daerah mediterania timur dan hampir merengut 5000 nyawa per hari di daerah kota constantinople

Justinian plague ini diperkirakan merengut 25 juta sampai 100 juta nyawa atau setara dengan separuh populasi eropa pada masa itu sekitar tahun 541M - 542M.

4. Black Death / Maut Hitam


Merupakan salah satu bencana wabah paling mematikan yang pernah tercatat dalam sejarah manusia. Terutama untuk negara negara eropa pada masa itu. Berlangsung mulai dari tahun 1347 hingga  tahun 1351, wabah ini merupakan wabah yang membuat populasi Eropa diperkirakan turun 30% hingga 60%.

Wabah ini dibawa oleh bakteri Yersinia pestis, dan dibawa oleh tikus dan kutu kemudian menular ke manusia. Wabah ini disebut sebut berasal dari china dan datang ke Eropa dengan menumpang jalur sutra yang menghubungkan kedua wilayah ini.

Selain itu perdagangan kapal kapal antara negara negara eropa juga mempercepat penyakit ini menular dari satu negara ke negara lain. Diperkirakan 25 juta orang telah meninggal di Asia sebelum penyakit ini sampai di Eropa

Black death diperkirakan mengakibatkan kematian mulai dari 75 juta hingga 200 juta orang diseluruh dunia terutama eropa, timur tengah dan asia(1).

Sumber :



isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Penyakit Paling mematikan di Dunia"