Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

List Makanan Tahan Lama yang Bisa Digunakan Saat Darurat atau Lockdown

lockdown karantina
lockdown karantina


List Makanan Tahan Lama yang Bisa Digunakan Saat Darurat


Saat kondisi darurat, genting, atau dalam lockdown karantina lokal dan sebagainya. Banyak masyarakat yang berbondong bondong membeli persediaan untuk jangka panjang. Hal tersebut sebagai bentuk jaga jaga dan naluri alamiah manusia untuk mempertahankan hidupnya.

Masyarakat tentu tidak bisa memperhitungkan secara pasti berapa lama kondisi darurat akan berlangsung. Seperti saat terjadi bencana alam sehingga daerah mereka terjadi lockdown atau isolasi. Maka masyarakat akan membeli kebutuhan pangan yang tahan lama.

Selain makanan yang tahan lama, disarankan sebaiknya membeli makanan yang mudah cara mengolahnya atau biasa disebut makanan instan atau langsung jadi. Makanan darurat ini tentu sangat merepotkan bila pengolahannya harus memakan waktu lama dan menghabiskan banyak sumber daya untuk membuatnya.

Berikut adalah daftar makanan tahan lama yang bisa kami rangkum:

1. Bahan Baku Makanan yang Tahan Lama


Beras

Stok beras di gudang bulog bisa bertahan hingga setahun, jika kondisinya baik. Jika terjadi bencana alam, lockdown di suatu daerah, atau perjalanan jauh, maka beras menjadi salah satu andalan makanan utama yang bisa bertahan lama. Beras dapat diolah menjadi nasi yang merupakan salah satu makanan pokok utama. Sehingga stok beras dan distribusi stok beras menjadi vital untuk setiap keluarga yang terkena dampak lockdown, karantina, isolasi diri, dari penyakit atau bencana alam.

Tepung - Tepungan

Tepung biasanya bertahan mulai dari 6-9 pekan, tergantung penyimpanan. Tepung terigu misalnya, bisa digunakan untuk membuat beberapa olahan yang mengenyangkan seperti roti dan berbagai macam olahan lainnya. Di beberapa negara barat. Tepung biasanya menjadi salah satu cadangan makanan utama, sebab mereka menggunakan roti sebagai salah satu bahan makanan utama yang di konsumsi sehari hari

Jagung

Jagung kering sebelum diolah bisa bertahan dalam waktu hingga 6 bulan, tergantung cara penyimpanannya. Jagung merupakan salah satu bahan pokok yang bisa digunakan untuk kebutuhan makan sehari hari. Karena jangka simpan yang lama, jagung bisa menjadi salah satu pilihan makanan utama atau cadangan saat terjadi keadaan darurat, lockdown lokal, atau hal lainnya.

Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang bisa disimpan dalam jangka waktu agak panjang. Sekitar 4-6 bulan sebelum di olah. Kentang bias diolah menjadi berbagai lauk yang bergizi dan mempuyai rasa yang enak. Selain itu pengolahan kentang tidak terlalu memakan waktu dan tenaga yang banyak.

Biasanya kentang bisa bertahan dengan baik di suhu yang dingin, kering, dan tidak terkena matahari secara langsung . sebelum menggunakan kentang untuk diolah lebih lanjut, pastikan membuang bagian yang busuk, atau berakar serta yang berwarna hijau pada kentang karena bisa mengakibatkankan tubuh kita menjadi sakit.

2. MRE (Meal Ready to Eat)


MRE atau Meal Ready to Eat adalah makanan yang dikemas sedemikian rupa sehingga bisa betahan lama dan sangat cepat dihidangkan. Biasanya dengan memasukan di oven atau merebusnya, makanan ini sudah bisa dihidangkan.

MRE emergency

Makanan jenis ini biasanya digunakan bagi mereka teng berada dalam kondisi darurat seperti di pengungsian atau saat lagi camping ditengah hutan. Makanan ini cukup ringan dan simpel digunakan

 MRE TNI

Biasanya hanya TNI dan yang terkait dengannya yang bisa mengakses makanan ini. Karena makanan ini merupakan standar makanan untuk tni yang sedang melakukan tugas yang mengharuskan mereka menggunakan MRE, seperti perang atau misi perdamaian, atau melakukan misi tertentu di hutan belantara. MRE TNI biasanya berisi 3 jenis makanan basah, seperti lauk pauk, dilengkapi Nasi, beberapa energy bar, biskuit, dan minuman energi, sehingga bisa menjaga kekuatan seorang prajurit TNI selama bertugas. Tetapi sepertinya produk ini telah ada dan dijual secara bebas di toko onlline.

 3. Frozen Food


Frozen food biasanya terdiri dari berbagai macam jenis, seperti sosis, nugget, french fries. Tetapi biasanya makanan beku yang dipilih untuk menjaga stok saat lockdown adalah makanan utama atau makanan beku yang bisa dijadikan lauk.

 Nugget

Merupakan olahan daging yang dilapisi tepung berbentuk kecil. Biasanya terbuat dari daging ayam dan bahan campuran lainnya. Nugget merupakan salah satu makanan beku yang digemari anak anak maupun orang dewasa.

 Sosis

Sosis beku biasanya merupakan olahan daging sapi. Tetapi biasanya juga ada yang dari daging ayam. Sosis biasanya dibungkus dalam kemasan plastik khusus untuk mempertahankan bentuknya yang lonjong. Sosis merupakan salah satu makanan yang digemari di indonesia sebagai lauk

 Bakso

Bakso beku biasanya bisa dihidangkan dengan direbus terlebih dahulu atau digoreng. Bisa sebagai lauk untuk dimakan dengan nasi, atau dihidangkan sebagai bakso berkuah seperti biasa. Bakso beku biasanya menggunakan daging sapi, daging ayam, atau daging kombinasi keduanya

 Siomay

Siomay beku bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk stok kebutuhan. Biasanya siomay beku dapat dihidangkan dengan bumbunya atau menggorengnya untuk dihidangkan bersama dengan nasi

 Ikan dan olahannya

Ikan beku dapat hadi dalam berbagai macam jenis ikan, mulai dari ikan laut atau ikan hasil tambak. Jenisnya ada yang masih berbentuk utuh seperti ikan setelah langsung dipanen atau dibekukan setelah di potong potong dan dihilangkan durinya

Daging

Salah satu makanan beku favorit masyarakat. Biasanya Ayam atau daging sapi. Dalam bentuk sudah dipotong potong atau utuh dan harus diolah lebih lanjut. Biasanya daya simpan daging tidak bisa terlalu lama karena bisa terjadi froze bite mengurangi nilai gizi daging.

 Nasi Goreng Beku

Mungkin banyak juga yang tidak tahu bahwa nasi goreng tersedia dalam kondisi beku. Nasi goreng instan ini sudah tersedia di pasar luar negeri. Untuk menghidangkannya, cukup mudah, yaitu memanaskannya pada penggorengan hingga matang kemudian sudah siap untuk dihidangkan.



4. Makanan Kering Instan


Mie instan

Mie bisa dibilang menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia karena penyajian yang mudah, rasanya yang enak dan disukai masyarakat, serta harga yang murah. Untuk itu biasanya saat terjadi hal hal darurat, bantuan sosial bisa saja mendistribusikan Mie instan kepada daerah terdampak. Makanan kering tahan lama ini biasanya disediakan dalam bentuk kemasan plastik dalam dus besar.

Nasi Instan

Mungkin jarang yang mengetahui salah satu makanan yang tahan lama ini, biasanya nasi instan disediakan dalam berbagai olahan rasa seperti nasi liwet instan atau nasi kuning instan. Nasi instan ini bisa digunakan bagi anda yang ingin mengkonsumsi nasi instan dengan lebih cepat dan rasa yang enak.

Bubur Instant

Sebenarnya bukan merupakan salah satu makanan pokok utama pengganti nasi, tetapi cukup baik untuk menambah pilihan rasa selama masa lockdown atau masa karantina isolasi diri di rumah. Biasanya bubur instant disajikan per porsi bersama toping dan kerupuk.

Abon

Abon merupakan salah satu masakan tahan lama dan dapat dijadikan lauk instant tanpa perlu diolah lagi. Dapat dihidangkan dengan nasi sebagai lauk kering tahan lama yang mengenyangkan dan bergizi. Lauk ini bisa juga disebut lauk yang tidak mudah basi, karena kandungan airnya yang sedikit.

5. Makanan Kaleng


Ikan kaleng sarden

Ikan kaleng biasanya tersedia dalam ukuran kecil dan ditambahkan beberapa saus dalam kalengnya. Untuk memakan ikan sarden alangkah baiknya untuk menghangatkan ikan ini terlebih dahulu sebelum dijadikan santapan. Makanan ini bisa dihidangkan bersama nasi atau dimakan langsung.

Sosis kaleng

Sosis kaleng biasanya juga di kemas dalam ukuran kecil dimasukan dalam larutan pengawet didalam kaleng, dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu sosis kaleng ini lebih mudah dihidangkan dibandingkan dengan sosis beku meskipun dalam ukuran yang lebih kecil.



isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "List Makanan Tahan Lama yang Bisa Digunakan Saat Darurat atau Lockdown"