Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Membuka Usaha Bimbingan Belajar

Ide bisnis usaha bimbingan belajar bimbel
Ide bisnis usaha bimbingan belajar bimbel


Ide Bisnis Membuka Usaha Bimbingan Belajar


Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan usaha bimbel, atau biasa disebut dengan bimbingan belajar. Metode bimbel biasanya dilakukan dalam ruangan kelas atau guru langsung datang ke rumah muridnya. Kenapa bisnis ini banyak menjamur dimana mana? Bisa di katakan masyarakat ingin anaknya memperoleh nilai yang bagus di sekolah dan lulus dengan nilai yang baik.

Kebutuhan akan bimbingan belajar bagi siswa SD SMP SMA sangatlah besar. Karena setiap tahun, tentu saja banyak siswa yang lulus dan juga banyak calon siswa baru yang mendaftar. Tidak ada Habisnya. Hitungannya jika ada sepuluh sekolah SMP di suatu kota, setiap sekolah memiliki 300 siswa. Itu berarti ada target pasar sebanyak 3000 siswa, dan per tahun selalu ada, selama sekolah tersebut berdiri. Itu baru satu jenjang, jika digabungkan dengan SD dan SMA maka jumlahnya bisa lebih banyak. Belum lagi jika di kota besar yang jumlah sekolahnya sampai puluhan mulai dari sekolah negeri sampai sekolah swasta.

Ide bisnis usaha bimbingan belajar bimbel
Pastikan anda siap sebelum mengajar

Step 1: Persiapan 

Sebelum memulai bisnis ini ada beberapa hal yang patut kita cermati.

Yang pertama adalah bekal skill mengajar yang kita miliki. Walaupun kedepannya jika bisnis ini berkembang kita bisa menyewa lebih banyak tentor, tetapi pada dasarnya untuk yang baru mulai belajar membuka bisnis ini anda juga harus bisa menjadi tentor. Selain sebagai tentor pengganti jika tentor partner anda bermasalah, anda juga akan mengetahui seluk beluk dunia permentoran dan merasakan posisi tentor yang pada akhirnya membuat langkah untuk manajemen mempekerjakan tentor menjadi lebih baik.

Yang kedua sesuaikan modal anda dengan metode bimbel yang ingin anda ikuti. Jika modal anda mencukupi bisa membuka metode bimbel dengan menggunakan kelas terpusat dan private mengirim tentor menuju rumah murid yang bersangkutan. Tetapi jika memiliki keterbatasan modal, maka bisa melakukan private tentor datang kerumah murid. Tentunya pada tahap ini yang lebih utama adalah menjaga kepercayaan konsumen dalam hal ini murid anda dengan metode pengajaran yang berkualitas dan berhasil secara nyata.

Yang ketiga adalah persiapan yang matang. Pastikan saat kita mulai pada pelanggan pertama semua sudah dipersiapkan mulai dari baju, alat tulis, latihan soal, bahkan sampai hal hal yang detail pada diri tentor. Karena impresi pertama bisa menjadi penilaian yang baik bagi kepuasan konsumen. Buatlah lembaga bimbel anda terlihat se profesional mungkin walaupun dengan hanya modal terbatas. Tambahkan detail detail pemanis yang sesuai budget yang membuat anda semakin terlihat profesional, seperti memiliki web site, sosmed, promosi, visi misi lembaga, kartu nama dan lainnya.

Step 2: Pastikan “produk” anda berkualitas 

Produk dalam bisnis bimbel ini tentunya bukan barang yang terlihat secara nyata melainkan yang dirasakan. Yaitu kualitas pengajaran, layanan yang diberikan, serta memiliki relasi atau hubungan setelah bimbel berakhir. Kalau bisa jadikan murid seagai teman atau partner. Layani permintaan atau pertanyaan mereka saat diluar jam bimbel, dan hal hal lain yang membuat murid merasa nyaman.

Untuk memberikan “produk” yang berkualitas tentunya kita juga harus memilki Tentor yang berkualitas. Pastikan selain anda, siapa tentor yang dirasa memiliki kriteria yang sesuai dengan visi misi lembaga bimbel anda. Selain pintar secara teori, juga pintar dalam bergaul dengan si murid.

Untuk hal ini biasanya Tentor yang paling mudah didapatkan adalah mereka yang masih menempuh bangku kuliah dan berstatus sebagai mahasiswa. Selain “Gaji” yang diberikan tidak setinggi UMR tempat anda, kualitasnya bisa dibilang tidak kalah dengan yang sudah lulus perguruan tinggi atau mengajar sebagai guru. Tentunya ini sangat membantu bagi anda yang ingin memulai bisnis ini dengan modal yang terbatas.

Step 3 : Pemasaran

Teknis pemasaran setiap lembaga bimbel berbeda beda, ada yang dengan menggunakan promosi instagram, atau sosmed lainnya. Ada yang menggunakan selebaran yang dibagikan secara offline. Ada pula yang bekerja sama dengan sekolah sekolah tertentu.

Jika memiliki modal yang terbatas, maka promosi online bisa menjadi solusi. Selain membuat akun sosmed yang gratis, promosi online pada zaman sekarang ini tampaknya akan semakin diminati karena masa revolusi industri 4.0 yang sangat cepat.

Step 4 : Simulasi


Pada simulasi kali ini, kita akan menghitung modal bisnis lembaga Bimbel yang menggunakan kelas utama.

Modal Awal

Item
Harga
Meja dan kursi
Rp 5.000.000
Peralatan tulis
Rp 200.000
Peralatan pendukung (papan tulis dll)
Rp 1,000.000
Total
Rp 6.200.000

dengan biaya penyusutan misal 180 ribu per bulan

 Biaya Operasional

Item
Harga
Peralatan mengajar (spidol, kertas, dll)
Rp 500.000
Biaya penyusutan
Rp 180.000
Biaya listrik dan internet
Rp 400.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Biaya transportasi
Rp 200.000
Buku bahan ajar
Rp 800.000
Total
Rp 2.180.000

Omset 

Perbulan untuk 15 orang, masing masing iuran 20.000 per hari, seminggu 3 kali
15 X 20.000 x 3 x 4 = Rp 3.600.000

Keuntungan 

Omset - Biaya Operasional = Rp 1.420.000 per bulan

perhitungan diatas merupakan simulasi, bisa lebih atau kurang tergantung wilayah dan efisiensi anda menjalankan usaha. Simulasi diatas adalah perkiraan saat anda memulai usaha, untuk kedepannya diharapkan dapat memperoleh lebih banyak murid dan jam mengajar.


Kesimpulan


Pasar lembaga bimbingan belajar sangat luas, siswa mulai dari  jenjang SD SMP SMA memerlukan lembaga ini. Jika kita bisa fokus dalam salah satu jenjang terlebih dahulu sebagai sarana awal mengembangkan usaha, maka hal tersebut sudah sangat bagus. Dan pastikan sebelum memulai bisnis ini, anda memiliki kelebihan layanan dibandingkan dengan kompetitor agar daya saing lembaga anda semakin baik

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Membuka Usaha Bimbingan Belajar"