Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide bisnis produsen frozen food


Ide bisnis produsen frozen food


Frozen food menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dicari apalagi di daerah perkotaan. Hal tersebut biasanya terjadi akibat masyarakat perkotaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak. Mereka cenderung menyukai yang instan. Karena waktu mereka banyak dipakai untuk bekerja, belum lagi banyak yang menghabiskan waktu tidak sedikit terjebak dalam macet dan mengerjakan pekerjaan tambahan diluar jam kerja mereka. Proses masak frozen food pun tidak sulit, hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit produk ini sudah bisa di hidangkan. Lebih cepat daripada harus membuat makanan lain.

Melihat pertumbuhan masyarakat urban yang cepat, maka permintaan akan frozen food juga akan meningkat. Tidak hanya masyarakat rumah tangga yang membeli frozen food. Penjual makanan pinggir jalan juga membeli produk frozen food untuk mereka masak kembali dan jual. Tentu kita sering melihat pedagang seperti penjual bakso goreng, tahu bulat, sosis dan nuget di depan SD. Mereka kebanyakan membeli produk yang langsung jadi dan menjualnya. Lebih hemat dibandingkan membuat sendiri produk mereka yang tentu akan memakan waktu yang cukup lama

Step 1 : Temukan Produk terbaik anda 

Langkah pertama anda harus melihat produk frozen food mana yang kira kira akan laris dipasaran. Cara mencari produk terlaris adalah dengan melakukan pengamatan di lapangan secara langsung. Bertanya ke toko toko atau bertanya pada tetangga. Atau melihat produk frozen food paling populer di marketplace online.

Jika produk frozen food kita adalah produk yang baru dan unik, maka langkah test pasarnya adalah membuat sample dan membagikannya kepada masyarakat. Baik secara gratis atau potongan harga. Setelah dirasa memiliki keyakinan bahwa produk ini akan laris dipasaran maka barulah kita melakukan produksi masal.

Dalam membuat produk ini kita juga harus mengetahui beberapa hal seputar perizinan. Izin BPOM mutlak diperlukan untuk memasarkan produk frozen food. Tetapi sembari mengurus proses perizinan, kita bisa melakukan peningkatan standar kebersihan dan kemanan produk. Karena proses izin BPOM sangat ketat, jadi penampilan ruang produksi harus rapi steril.

Jika dirasa memberatkan untuk langsung ketahap izin BPOM, maka langkah awal adalah memastikan produk diterima pasar terlebih dahulu. Karena jika setelah kita selesai mengurus izin BPOM tetapi produk kita tidak diminati pasar. Maka kerugian besar bisa saja menimpa usaha kita, padahal modal yang dikeluarkan tidak sedikit dalam memulai usaha

Step 2: Fokus Produksi, Cari “Tangan Kedua”


Setelah kita yakin produk kita aman dan dapat diterima pasar dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menjual produk kita kepada distributor atau reseller. Kenapa tidak langung kepada konsumen akhir seperti ibu rumah tangga atau pedagang? Hal tersebut karena banyaknya “tangan” yang menjualkan barang anda semakin banyak produk terjual dalam jumlah besar. Produksi adalah hal yang berat dan memakan waktu yang lama, jika kita juga ikut pusing memasarkan produk hingga ke konsumen akhir maka kita tidak bisa fokus dalam produksi.

Misalkan kita memiliki kemampuan memasarkan 100 produk kepada 10 orang konsumen akhir dengan profit satu produk terjual adalah 10.000. maka kita akan mendapatkan profit total 1.000.000. jika 10 orang tadi adalah reseller, dan masing masing reseller mampu menjual 10 orang konsumen akhir dengan 1 orang membeli 10 produk maka perhitungannya adalah, 1000 produk terjual, walaupun dengan untung yang jelas berkurang 1 produk ke tangan reseller adalah 5000, maka profitnya sudah 5000 x 1000 = 5.000.000. itulah enaknya jika memiliki reseller.

Tetapi jika kita baru memulai bisnis ini, tidak ada salahnya kita menjadi “superman” terlebih dahulu, yaitu menghandel sampai ke penjualan. Karena terbatas modal dan harus segera mendapatkan pemasukan, menjual sendiri ke konsumen akhir dapat menjadi pilihan. Setelah dirasa sudah mantap dan menemukan pola, maka langkah selanjutnya adalah mencari reseller, kemudian distributor setelah perusahaan memiliki sistem manajemen yang baik.

Step 3: Pastikan Produk Aman


Maksudnya disini adalah selama proses produksi, rasa dan kualitas yang dijual adalah sama dan memiliki standarisasi. Mulai dari pertama kali barang terjual sampai seterusnya. Jika dirasa bisa meningkatkan produk lebih baik maka itu tidak masalah, tetapi harus terus menerus selama barang dipasarkan. Akan aneh rasanya jika kita menjual produk yang sama tetapi rasa dan kualitasnya naik turun, hari ini enak, hari kemudian tidak enak. Hal ini yang akan membuat konsumen lari dari produk kita. Lebih buruk lagi jika sudah banyak mengeluarkan biaya marketing tetapi produknya tidak siap. Maka yang menjadi taruhannya adalah brand anda.

Selain kualitas dan rasa produk yang enak dan ter standarisasi, perizinan produk harus juga sudah selesai. Karena dengan adanya izin BPOM pada kemasan anda, bisa dipastikan produk anda lebih banyak diminati karena terkesan profesional dan terpercaya. Tidak mungkin jika produk sudah tersertifikasi memiliki kandungan yang berbahaya didalamnya.
 
Produk berizin muda memasuki pasar yang lebih luas

Step 4: Simulasi


Produk Simulasi produksi frozen food kali ini adalah Frozen Food French Fries skala kecil

Modal Awal

Item
Harga
Freezer 300 liter
Rp 3.500.000
Potato Chipper
Rp  900.000
Penggorengan
Rp  500.000
Peralatan Masak
Rp  600.000
Peralatan Packing
Rp  500.000
Total
Rp 6.000.000

dengan biaya penyusutan 3 persen menjadi 180 ribu per bulan

Biaya Operasional


Item
Harga
Kentang 1000 kg
Rp 6.000.000
Peralatan penggorangan
Rp 250.000
Plastik sealer 1000 pcs
Rp 500.000
Bahan baku resep, garam, dan lainnya
Rp 200.000
Biaya penyusutan
Rp 180.000
Biaya listrik
Rp 400.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Total
Rp 7.730.000

 Omset


Penjualan Per bulan cukup untuk 1000 pcs
1000 x Rp 10.000 = 10.000.000

Keuntungan


Omset - Biaya = 10.000.000 - 7.730.000 = Rp 2.270.000 per bulan

Kesimpulan


Produksi Frozen food memiliki keuntungan yang besar jika kita tahu cara menjual produk kita dengan baik. Menjaga kualitas produk adalah hal yang mutlak, agar konsumen tidak lari ke produk pesaing. 
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide bisnis produsen frozen food"