Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Menjual Sepatu Formal

ide bisnis, jual sepatu, sepatu formal
Ide bisnis jualan sepatu formal

Ide Bisnis Menjual Sepatu Formal


Setiap orang membutuhkan sepatu, terlebih lagi sepatu formal. Pengguna sepatu formal bisa dari kalangan pelajar, pekerja kantoran, pegawai, dan setiap orang yang akan menghadiri kegitan kegiatan formal lainnya. Paling tidak membutuhkan satu pasang setiap orangnya. Mungkin kebutuhan sepatu formal tidak terlalu besar di daerah pedesaan karena kepadatan penduduknya yang tidak sebesar perkotaan. Dan juga di pedesaan jarang masyarakat menuntut pakaian yang teralu formal, asal sesuai dengan norma, adat dan terlihat sopan, pakaian bisa pun bisa. Tetapi di lingkungan urban, sepatu formal menjadi suatu standar kerapian baru yang menjadikan sepatu ini menjadi kebutuhan .

Sepatu formal bisa hadir dalam berbagai macam bentuk, misal sepatu pantofel. Sepatu pantofel sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenis, ada yang slop in, model sepatu sandal, model tali, model phd, dan lain sebagainya. Setiap jenis, model, dan warna memiliki pasarnya tersendiri.

Yang menjadikan sepatu formal ini menggiurkan adalah marginnya yang besar. Mulai dari 30 persen hingga 100 persen, tergantung merek dan lokasi anda menjual. Jika brandnya lokal mungkin bisa mengambil margin 30 persen hingga 50 persen. Jika brand ternama, maka penjualnnya bisa mengambil margin hingga 100 persen. Margin yang besar ini memang keunggulan dari produk fashion. Selain margin yang besar, produk fashion seperti sepatu formal ini tidak memiliki masa kadaluarsa jika dibandingkan produk kuliner.

Step 1: Riset Pasar


Sebelum memulai bisnis jual sepatu formal ini, terlebih dahulu kita mengetahui bahwa di lapangan / pasar yang sesungguhnya memang ada yang akan membeli produk kita, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Target pasar bisa anak anak sekolah mulai dari sd, smp, dan sma. Bisa para mahasiswa, atau pegawai dan pekerja. Anak sekolah biasanya membutuhkan sepatu setiap hari, tetapi ukurannya mungkin tidak sebesar sepatu ukuran dewasa. Untuk mahasiswa, setiap wisuda, seminar atau acara acara formal lainnya pasti membutuhkan sepatu formal. Untuk pergawai kebutuhannya tergantung pada pekerjaannya, tetapi untuk event tertentu wajib bagi mereka berpakaian se formal mungkin.

Dari target pasar tersebut, kita harus melihat mana yang paling menjanjikan disekitar usaha kita akan dibuka. Jika daerah perkotaan dimana banyak universitas, maka carilah ssepatu formal yang memiliki model yang cocok untuk para mahasiswa, jika terdapat pekerja kantoran, maka modelnya juga harus disesuaikan. Jika tempat anda strategis dan target pasar banyak disekitar anda, pilihlah yang paling menguntungkan, karena usaha ini baru dibuka. Tetapi kalau dirasa riset pasar yang sudah anda lakukan baik dan benar dan produk anda akan laris, maka tidak ada salahnya mengambil semua target pasar sepatu formal yang ada.

 

Carilah Produsen sepatu formal berkualitas
Step 2: Mencari Supplier


Produsen sepatu formal banyak ditemukan pada kota kota besar dan sekitarnya. Produsen sepatu lokal juga tidak kalah banyaknya, dengan kualitas yang tidak kalah dengan sepatu formal buatan brand ternama. Jika modal tidak memadai membeli langsung ke prdusen, maka bisa membelinya kepada distributor, agen, atau produsen lokal skala kecil. Produsen besar dari brand ternama tentunya membutuhkan pembelian minimal yang besar dan membuat anda mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Tetapi dengan membeli ke produsen lokal maka modal yang dikeluarkan tidak sebanyak jika membelinya ke produsen besar.

Dalam membeli kepada produsen lokal, hal yang patut dicermati yang pertama adalah kualitas produk. Ada beberapa produsen sepatu lokal yang menggunakan bahan baku lem yang tidak kuat sehingga sepatu mudah mengelupas, atau ada yang pengerjaannya asal asalan sehingga produk tidak terlihat bagus untuk dipasarkan. Karena jika kita menemukan produsen yang kualitasnya bagus maka margin yang kita jual dari harga pokok produksi bisa lebih besar.

Yang kedua harus dicermati testimoni pelanggan atau mitra produsen tersebut. Kadang ada produsen sepatu formal yang tidak bisa menjaga kualitas produknya, ada yang bagus diawal pembelian tetapi saat pembelian banyak, produk sepatu tidak bisa terjaga kualitasnya sehingga mengurangi nilai sepatu itu sendiri. Tentu saja kerugian juga jatuh kepada kita karena kita sulit menjual produk yang tidak bagus

Step 3: Pemasaran 

Strategi pemasaran bisa berbeda beda setiap target pasar. Misal kepada para pemuda, mereka lebih banyak menggunakan aplikasi sosial media. Maka kita harus membawa “toko” kita ke lingkungan mereka yaitu dunia sosmed, mulai dari instagram, facebook, atau memuat website sendiri. Dengan teknis strategi yang cocok anda bisa mendapatkan target pasar tersebut, misal memberikan promo gratis ongkir kepada para mahasiswa di universitas tertentu dan sebagainya.

Jika anda memiliki toko offline/fisik, maka tidak ada salahnya membuka channel online juga. Channel online ini bermanfaat menggaet target pasar yang suka berada didunia online. Lagi pula membuat brand di instagram misalnya, adalah sesuatu yang gratis, anda hanya harus bisa membuat postingan yang akan menarik target pasar.

Step 4: Simulasi 


Produk Simulasi kali ini adalah menggunakan sepatu pantofel

Modal Awal


Item
Harga
Lemari sepatu / etalase sepatu
Rp 3.500.000
Meja kasir
Rp  900.000
Alat Tulis
Rp  500.000
Total
Rp 4.900.000

dengan biaya penyusutan 3 persen menjadi kurang lebih 150 ribu per bulan

Biaya Operasional


Item
Harga
Sepatu pantofel 50 pcs
Rp 1.500.000
Biaya penyusutan
Rp 150.000
Biaya listrik
Rp 100.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Total
Rp 1.850.000

 Omset


Penjualan Per bulan
50 x Rp 75.000 = 3.750.000

 Keuntungan


Omset - Biaya = 3.750.000 - 1.850.000 = Rp 1.950.000 per bulan

Kesimpulan 

Bisnis reseller sepatu formal ini sangat menjanjikan karena kebutuhan akan sepatu formal yang juga banyak. Mulai dari anak anak hingga dewasa paling tidak membutuhkan 1 sepatu formal. Selain itu target pasar sepatu formal ini tersebar dari berbagai kalangan, tinggal kita sebagai penjual harus jeli melihat peluang yang tersedia disekitar kita. Yang tidak disadari oleh konsumen adalah HPP atau harga pokok produksi yang sangat murah dari produk produk fashion, dan margin yang ada digerakan oleh keindahan dan penilaian manusia. Untuk itulah kita sebagai penjual sepatu formal bisa mendapatkan margin besar.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Menjual Sepatu Formal"