Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Jualan Pakaian Formal

Ide bisnis jualan pakaian formal
Ide bisnis jualan pakaian formal

Ide Bisnis Jualan Pakaian Formal


Kebutuhan akan pakaian formal pada saat ini sangat banyak. Bagaimana tidak, setiap orang membutuhkannya paling tidak untuk kebutuhan menghadiri acara acara formal. Mulai dari para pencari kerja yang ingin wawancara kerja, atau mahasiswa yang ingin ujian akhir. Setiap orang paling tidak membutuhkan satu stel pakaian formal. Apalagi para pekerja yang setiap harinya membutuhkan pakaian formal karena tuntutan tempat kerjanya. Karena itulah pasar pakaian formal ini sangat besar, mulai dari pakaian kemeja formal, sampai celana formal.

Pakaian formal tidak hanya kemeja lengan panjang yang biasanya dipakai orang kantoran, tetapi juga pakaian formal siswa, mulai dari sd, smp, hingga sma membutuhkannya. Apalagi saat tahun ajaran baru atau musim tes seleksi bumn/cpns. Tentu saja banyak yang membutuhkan baju formal karena sebuah standar. Biasanya ada beberapa orang yang memiliki baju atau pakaian formal lebih dari satu. Hal tersebut mungkin untuk berjaga jaga atau cadangan untuk pakaian formal lainnya.

Step 1: Analisa Pasar 

Sebelum anda memulai bisnis ini, wajib hukumnya bagi kita mengetahui seluk beluk pasar yang ada. Pastikan produk anda bisa masuk pasar karena memang target pasar nya atau konsumennya ada. Percuma rasanya saat anda membuat toko bagus bagus tetap tidak ada yang mau membeli karena konsumennya tidak ada. Sebagaimana yang sudah dijlelaskan diatas bahwa pakaian formal ini merupakan kebutuhan di zaman modern. Maka dari itu tentukan dulu target pasar yang paling potensial bagi kita dilingkungan sekitar kita. Jika sekitar tempat jualan banyak mahasiswa lalu lalang, maka pakaian formal kemeja putih atau jenis lainnya yang bisa dijual disana, karena umumnya mahasiswa dituntut paling tidak memakainya saat acara resmi seperti wisuda atau ujian akhir. Bila di lingkungan anda banyak sekolah sd / smp / sma, maka seragam sekolah bisa menjadi pilihan. Mulai dari pakaiannya, dasi hingga topi. Semua memiliki pasarnya tersendiri.

Teknis untuk mengetahui bagus tidak pasar di daerah anda tergantung kejelian anda dalam menangkap peluang. Jika dirasa pasar masih minim pesaing maka masuk dalam bisnis itu masih bisa menguntungkan. Atau saat pasar penuh dengan persaingan tetapi toko anda memiliki nilai lebih dibanding dengan pesaing maka anda bisa bertahan dan mungkin akan mengalahkan pesaing anda.

Cara yang paling mudah untuk test pasar adalah langsung praktek, tetapi dalam jumlah yang sedikit. Misalnya anda membeli pakaian kemeja formal sebanyak 10 pcs mulai dari ukuran s hingga xl. Mulailah menjualnya dari teman, keluarga atau teman. Setelah itu minta lah mereka mereferensikan produk anda ke kenalan nya masing masing. Selain itu gunakan juga kemajuan teknologi seperti menggunakan marketplace online seperti tokopedia atau bukalapak. Dan tak lupa juga menggunakan facebook atau instagram.

Setelah anda mengetahui kondisi pasar di tempat anda bagus dan sangat membutuhkan pakaian formal. Maka anda bisa melakukan ekspansi pasar dan toko anda. Mulai dari brand toko, toko fisik atau toko offline dan tak lupa toko online.

Ide bisnis jualan pakaian formal
Jahit sendiri baju produk atau pesan produsen baju

Step 2: Cari Supplier atau Buat sendiri


Jika anda memiliki kemampuan membuat sendiri, kenapa tidak?. jika kita membuat sendiri pakaian kita maka margin yang didapat sudah pasti lebih besar. Membuat sendiri disini tidak mesti kita yang menjahitkan, tetapi bisa minta orang lain menjahitkan.

Jika kita tidak memiliki kemampuan atau relasi tukang jahit, maka bisa membelinya di produsen baju formal atau distributor dan agen. Menyesuaikan modal yang ada. Jika modal besar, kita bisa langsung membeli kepada produsen karena kuantiti minimal pembelian langsung dari pabrik cukup banyak. Jika modal terbatas bisa langsung membeli di agen.

Step 3: Pemasaran 

Pemasaran produk ini sekali lagi tergantung pada kejelian kita menangkap peluang. Jika dirasa pesaing sangat bagus dalam hal offline seperti toko nya bagus dan lokasi strategis, kita bisa menguasai secara toko online, apalagi sekarang adalah era industri 4.0. ditengah masyarakat yang semakin melek IT dan pengguna internet semakin banyak, tentu toko Online menjadi salah satu strategi pemasaran yang baik

Jika kita memiliki toko online dan offline tentu hal tersebut akan menjadikan toko kita menjadi lebih baik dalam hal penjualan karena ibarat seperti memancing, jala yang digunakan semakin besar maka ikan yang terjaring juga akan semakin banyak. Besar nya “jala” ini adalah dengan cara kita mencoba menjual produk kita dari berbagai arah yang ada sehingga bisa masuk ke konsumen Tentu saja setiap platform online memilki caranya masing masing, misal seperti instagram yang lebih mengutamakan penampilan foto produk dibanding sosmed jenis lain.

Selain itu fokuslah pada kelebihan apa yang bisa kita berikan kepada konsumen yang tidak dimiliki toko lainnya. Mulai dari tempat, relasi orang, promosi, produk, harga. Mana diantara ke lima bagian itu yang bisa menjadikan kita lebih baik dibandingkan produk pesaing. Misalnya kelebihan kita adalah tempat. Maka pastikan lokasi toko kita strategis dan lebih rapi dibanding dengan toko orang lain.

Step 4: Simulasi 

Modal Awal 

Item
Harga
Etalase Baju dan gantungan baju
Rp 3.500.000
Meja kasir
Rp  900.000
Alat Tulis
Rp  500.000
Total
Rp 4.900.000

dengan biaya penyusutan lebih 150 ribu per bulan

Biaya Operasional 

Item
Harga
Baju formal kemeja 50 pcs
Rp 2.500.000
Biaya penyusutan
Rp 150.000
Biaya listrik
Rp 100.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Total
Rp 2.850.000

 Omset


Penjualan Per bulan 
50 x Rp 75.000 = 3.750.000

 Keuntungan


Omset - Biaya = 3.750.000 - 2.850.000 = Rp 900.000 per bulan

Kesimpulan

Bisnis baju formal sebenarnya cukup menjanjikan, walaupun dirasa cashflow profit dikit, tetapi jika tetap kontinu dalam pemasaran dan perbaikan kualitas, bukan tidak mungkin penjualan akan lebih besar.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Jualan Pakaian Formal"