Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide bisnis Jualan Gorengan


Ide bisnis Jualan Gorengan
ide bisnis jualan gorengan

Ide bisnis Jualan Gorengan 

Gorengan adalah salah satu makanan paling merakyat yang pernah ada. Karena gorengan dapat dinikmati semua kalangan dengan harga terjangkau. Mulai dari 500 rupiah kita sudah bisa menikmati makanan yang satu ini. Gorengan banyak di jadikan teman santai, nongkrong, atau cemilan sebelum makan besar atau cemilan di kala bosan. Gorengan juga beraneka ragam, mulai dari tahu, bakwan, pisang, tempe, tape, singkong dan lain sebagainya.

Bisnis gorengan ini menjadi salah satu bisnis yang membutuhkan modal awal yang sedikit dan biaya operasional yang kecil. Meskipun kadang orang meremehkan bisnis ini, tetapi kenyataannya banyak pengusaha yang mampu berkecukupan dengan mengandalkan bisnis gorengan ini.

Jika ada acara, atau kumpul santai, gorengan menjadi salah satu pilihan untuk dihidangkan. Karena itu potensi yang dimiliki bisnis ini terbilang cukup menjanjikan.

Step 1: Riset Pasar 

Hal yang pertama kali kita lakukan sebelum kita menjalankan bisnis ini adalah melakukan riset pasar. Pastikan produk yang akan anda jual nanti akan memiliki pembeli atau konsumen. Tentukan tempat di keramaian atau banyak lalu lalang warga, terutama di pinggir jalan atau daerah perumahan. Jika dirasa tempat sudah sesuai, maka cobalah memasarkan produk anda. Bisa melalui teman atau keluarga dahulu. Jika produk anda disukai oleh teman dekat anda dan keluarga itu berarti produk anda sudah bisa masuk kedalam pasar.

Produk yang enak belum tentu akan laris dipasaran. Maka pastikan harga yang akan anda tawarkan adalah harga yang rasional. Jika dirasa kualitas produk kurang lebih dengan pesaing, dan anda menjual lebih mahal. Tentu orang lain akan beralih ke tempat lain. Tetapi ada kalanya produk mahal menjadi laris jika warung anda pandai memasarkan, membuat brand, dan kualitas gorengan anda jauh lebih enak dibandingkan pesaing.

 Step 2: Perhatikan kelebihan anda


Yang perlu dicermati adalah nilai kelebihan produk anda dibanding dengan produk dari kompetitor. Entah itu dari segi rasa atau ukuran. Jika anda memiliki kelebihan misal dari segi kualitas gorengan yang tidak terlalu berminyak atau tidak membuat tenggorokan perih, maka konsumen jelas memilih produk anda, tinggal bagaimana caranya kita “memberi” tahu kelebihan kita kepada konsumen. Dan hal tersebut tergantung keahlian marketing anda

Kemudian selain produk harga juga menjadi pilihan bagi konsumen untuk membeli produk anda. Misalnya beli 4000 dapat 4, 5000 dapat 8. Tentu konsumen akan diajak berpikir dan membuat pilihan logis untuk membeli produk anda sebanyak 5000. karena “hanya” menambahkan seribu, konsumen bisa mendapatkan gorengan yang lebih banyak

Selanjutnya, kelebihan yang bisa anda perhatikan adalah lokasi yang strategis. Jika anda menjadi penjual satu satunya di sebuah jalan / tempat. Maka harga yang anda patok bisa sedikit dilebihkan dibanding harga rata rata pasar Walaupun beresiko di salip pesaing. Maka kuncinya adalah membuat harga sedikit lebih mahal tetapi tidak sampai mengurangi ketertarikan konsumen dengan produk anda.


Step 3: Pemasaran


Bisnis gorengan ini sebenarnya tidak membutuhkan marketing yang terlalu canggih atau ribet. Cukup menjajakan dan memperbaiki display kedai, maka pelanggan akan tertarik membeli. Menurut penulis, jika gorengan ini di beri suatu brand tertentu tetapi produknya biasa saja. Maka konsumen tidak akan tertarik, walaupun harganya sama. Jika produk gorengan yang anda jual memiliki nilai lebih yang banyak dalam hal rasa, kualitas bahan, dan kandungan gizi, maka itu tidak masalah jika menggunakan brand.

Untuk ekspansi bisnis gorengan ini ada banyak cara tergantung kejelian masing masing pengusaha dalam melihatnya. Penjualan produk bisa melalui kerja sama dengan katering atau anda sendiri yang menawarkan penjualan aneka gorengan untuk event event organizer atau acara acara RT misalnya.

Dan yang terpenting adalah selalu jaga kualitas makanan sesuai standar. jika produk anda memiliki rasa yang enak. maka saat pembeli membeli pertama kali hingga puluhan pembelian berikutnya, rasanya harus sama. karena pelanggan kecewa akan sulit untuk balik lagi membeli produk kita, apalagi rasanya yang berubah ubah.
Ide bisnis Jualan Gorengan
Pastikan Kualitas produk anda stabil dan ter standarisasi

 Step 4 : Simulasi


Modal Awal 

Item
Harga
Gerobak / Meja etalase
Rp 3.500.000
Kompor jos dan gas
Rp  500.000
Peralatan masak
Rp  500.000
Total
Rp 4.500.000

dengan biaya penyusutan lebih 150 ribu per bulan

 Biaya Operasional 

Item
Harga
Bahan baku (tepung, minyak, telur, dll)
Rp 1.500.000
Biaya penyusutan
Rp 150.000
Biaya listrik
Rp 100.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Total
Rp 1.850.000

 Omset


Penjualan Per bulan 
30 hari x 100 biji  x Rp 1.000 = 3.000.000

 Keuntungan


Omset - Biaya = 3.000.000 - 1.850.000 = Rp 1.900.000 per bulan


Kesimpulan

Sebenarnya bisnis gorengan ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk memulai usaha dengan modal yang kecil. walaupun dirasa profitnya sedikit, tetapi pembelian gorengan tentu dalam jumlah banyak, hampir tidak ada dan jarang sekali orang yang membeli gorengan hanya 1 biji. karena bisnis ini "bermain" dari faktor kali unit penjualan dibandingkan dengan margin yang besar setiap produk
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide bisnis Jualan Gorengan"