Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis: Jual Baju Bayi dan Anak


ide bisnis baju bayi dan anak
Baju Bayi dan Baju anak

Ide Bisnis: Jual Baju Bayi dan Anak


Menjual baju bayi dan anak menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya tingkat kelahiran yang terjadi di Indonesia. menurut data wikipedia.com penduduk indonesia diperkirakan mencapai kurang lebih 268 juta jiwa dengan petumbuhan penduduk pertahun sekitar 1.1 persen.

Itu berarti ada sekitar 2.7 juta bayi yang dilahirkan per tahun. tentu saja 2.7 juta jiwa tersebut adalah target market yang besar. belum lagi setiap bayi rasanya tidak mungkin hanya memiliki 1 buah baju. Mungkin setiap kepala keluarga berbeda, tetapi jika 1 bayi membutuhkan 10 pasang baju. maka ada kemungkinan 27 juta unit baju bayi yang terjual per tahun. Belum lagi jika bayi sudah bertumbuh besar, menginjak usia balita dan semakin besar. Tentunya baju bayi yang dikenakan tidak cukup lagi, dan membutuhkan baju baru. Maka dari itu tidak heran ada banyak toko penjual baju bayi dan baju anak di mana - mana, karena selain merupakan kebutuhan utama manusia untuk mendapatkan pakaian, jumlah bayi yang dilahirkan sangat besar di wilayah indonesia.

ide bisnis baju bayi, produsen baju bayi

Step 1: Mencari produsen baju bayi dan anak


Jika anda merupakan produsen baju bayi dan anak, maka hal ini akan menjadi lebih mudah. karena sudah memiliki efisiensi cost yang cukup untuk menjual baju tersebut. Tetapi jika anda merupakan penjual baju / pedagang, langkah pertama untuk memulai bisnis ini adalah mencari relasi pabrik industri baju. Tidak perlu yang berskala besar. pabrik rumahan juga bisa. Jika dirasa harga bersaing dan kualitas nya bagus mengapa tidak. Lagi pula untuk membeli langsung ke pabrik baju bayi dan anak sekala besar membutuhkan modal awal yang cukup besar. Menurut saya tidak cocok bagi anda yang baru akan memulai bisnis ini.

Menurut pengalaman penulis, mencari pabrik / produsen pembuatan baju bayi dan anak bisa melalui komunitas penjahit atau komunitas jual beli di sosial media. Jika anda telah bergabung didalamnya, anda bisa bertanya apa yang anda cari disana. Biasanya komunitas ini memiliki beberapa relasi ke dalam produsen baju skala besar maupun kecil. Dan produsen pembuatan baju skala kecil ini biasanya juga ikut bergabung dalam grup tersebut.

Jika tidak menemukan produsen baju bayi dan anak yang sesuai dengan kriteria anda. Anda bisa mencari ke tangan kedua yaitu distributor baju bayi dan anak. Walaupun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga produsen pabrik, tetapi jumlah baju anak yang bisa dibeli jauh lebih sedikit dibanding dengan produsen. Jika biasanya pembelian langsung ke pabrik butuh 1000 unit baju, maka tingkat distributor bisa dibeli dengan 100 unit atau bahkan kurang. Sehingga modal awal untuk memulai bisnis ini menjadi semakin sedikit.

Step 2: Pemasaran


Strategi dalam menjual baju bayi dan anak berbeda beda untuk setiap penjual. Hal tersebut mungkin bisa terjadi karena kondisi di lapangan berbeda beda setiap daerah. Ada penjual yang menjual langsung dari mulut ke mulut melalui jaringan tetangga sekitar. Ada yang melalui online dengan tokopedia atau bukalapak dan sebagainya. Semua itu tergantung kondisi yang paling memungkinkan dan menguntungkan di lingkungan masing masing. Tetapi menginjak era industri 4.0, penulis menyarankan untuk menggunakan pemasaran secara online dan offline. Membuat toko fisik atau tempat yang bisa di datangi secara nyata dan bersamaan membuat channel online. Baik melalui Facebook, OLX, Tokopedia, bukalapak, Instagram, Twitter dan sebagainya. Dari channel online tersebut bisa langsung bisa di closing / deal atau juga bisa mengarahkan dari online untuk langsung menuju toko offline yang ada dan melakukan deal secara offline. Sehingga toko anda tidak tertinggal oleh jaman yang semakin canggih dan tidak berhenti ber inovasi. Apalagi sekarang market mulai mengarah kepada sosmed bergambar seperti Instagram dan Youtube. 

Jika modal membatasi untuk membuat toko secara fisik. Bisa juga bagi para pemula untuk membuat toko online saja dan kemudian melakukan deal secara wa / online sosial media. Atau tetap menggunakan toko fisik tetapi memanfaatkan sumber daya yang ada seperti ruang tamu rumah / tempat tetangga yang kosong atau saudara yang bisa membantu. Intinya jangan langsung tergesa gesa sebelum anda mendapatkan pola pemasarannya sembari menggunakan sumber daya yang ada.

Hal lain yang patut dicermati adalah, fashion baju bayi dan anak yang selalu berubah. Dalam kondisi seperti ini, kemampuan penjual dalam membaca trend pasar menjadi sangat penting. Jangan sampai kita terjebak dengan harga murah dari produsen atau distributor tetapi ternyata baju dengan merk lama yang sudah tidak diminati pasar. Sehingga baju yang kita beli sulit terjual berakibat pada mandeknya modal uang dan tidak bisa menghasilkan profit.

Step 3: Simulasi


Modal Awal

Item Harga
Etalase Baju/Tempat Baju Rp 2.500.000
HP / Laptop Rp 2.000.000
Total Rp 4.500.000

dengan biaya penyusutan 100 ribu per bulan

Biaya Operasional

Item Harga
Stok Baju 150 pcs Rp 2.000.000
Biaya penyusutan Rp 100.000
Biaya listrik dan internet Rp 400.000
Biaya lain lain Rp 100.000
Total Rp 2.600.000


    Omset


    1. Perbulan 150 pcs Terjual x 25.000 =  Rp 3.750.000

    Keuntungan


    1. Omset - Biaya Operasional = Rp 1.150.000 per bulan

    perhitungan diatas merupakan simulasi, bisa lebih atau kurang tergantung wilayah dan efisiensi anda menjalankan usaha


    Kesimpulan


    Bisnis Menjual baju bayi dan anak sebenarnya merupakan bisnis yang sangan menguntungkan karena kondisi pasar di indonesia yang sangat besar serta meihat baju merupakan barang yang menjadi salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Cari kelebihan bisnis anda dibanding pesaing lain, dan cerdik membaca trend model fashion terbaru serta membaca peluang di lapangan maka keuntungan bisa didapatkan.




isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis: Jual Baju Bayi dan Anak"