Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah


Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah
Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah

Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah


Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya bisnis ini cukup berpotensi. Selain masih sedikit pesaing, kebutuhan akan jasa pembersih rumah di kota kota besar sangatlah banyak. Kebanyakan konsumen dari jasa ini biasanya orang orang yang sangat sibuk dalam pekerjaannya yang tidak memiliki kesempatan membersihkan rumah mereka sendiri. Biasanya membersihkan rumah butuh tenaga ekstra dan orang orang yang sangat sibuk tidak bisa meninggalkan pekerjaannya untuk membersihkan rumah

Jasa membersihkan rumah ini beraneka macam jenis pelayanan. Mulai dari membersihkan kamar, kamar mandi, atau pun dapur, dan perhitungan biayanya bisa dihitung per jam anda melakukan pekerjaan, atau per bagian anda membersihkan, misal membersihkan kamar mandi sebesar Rp 50.000, membersihkan ruang tamu Rp 75.000. dan seterusnya

Mematok Harga pada jasa ini tergantung pada kualitas layanan yang anda berikan. Jika hanya menyapu tentu harganya berbeda dengan menyapu dan mengepel atau tugas lainnya. Demikian juga pengerjaan kamar mandi yang biasanya sangat membutuhkan energi. Tentu berbeda biaya membersihkan kamar mandi biasa dengan membersihkan kamar mandi sampai menghilangkan kerak dan jamur yang ada.

 Step 1: Persiapan


Pastikan anda memiliki peralatan yang dibutuhkan. Layaknya pembersih profesional di perkantoran. Gunakan pembersih yang premium dan kualitas membersihkan yang bagus. Karena alat alat ini adalah investasi terbaik anda sebelum memulai tugas ini.

Selain peralatan, anda juga harus menguasai cara membersihkan yang baik dan benar untuk setiap jenis tugas dan layanan yang anda berikan. Jangan sampai anda tidak bisa membersihkan sesuatu karena peralatan dan bahan kimia yang anda gunakan salah. Tentu hal tersebut bisa membuat kepercayaan pelanggan menurun

Surveilah pasar. Cari tahu harga layanan serupa yang ingin anda berikan. Jika harga yang kita tawarkan lebih mahal tentu lebih sedikit pelanggan yang tertarik, apalagi anda baru mau memulai usaha ini.


Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah
Keahlian karyawan yang baik sesuai standar


Jika menggunakan karyawan. Pastikan karyawan tersebut bisa melakukan jasa layanan yang diberikan, artinya butuh ditraining terlebih dahulu. Setelah dirasa bisa melakukan sendiri, maka bisa segera ditempatkan di posisi masing masing

Untuk anda yang baru memulai bisnis ini alangkah baiknya menggunakan tenaga sendiri terlebih dahulu, untuk mengetahui seluk beluk usaha anda sendiri. Tentu beda bos yang mulai dari awal dengan yang langsung memiliki karyawan dalam hal pengalaman yang ia miliki. Diharapkan dengan pengalaman itu, pemilik usaha bisa mengambil kebijakan usaha yang lebih tepat sasaran kedepannya.

Step 2: Pemasaran 

Pemasaran yang dilakukan untuk usaha pemula bisa menawarkan kepada saudara atau teman terlebih dahulu. Berikan harga diskon bagi mereka agar lebih antusias mengambil jasa anda. Jangan lupa ambil testimoni mereka untuk anda gunakan di promosi berikutnya. Kalau bisa, jadikan teman anda dan saudara anda mampu mereferensikan layanan anda kepada orang orang lain disekitar mereka. Tentu saja referensi teman kepada teman kadang bisa lebih dipercaya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan pelanggan tanpa harus bersusah payah.

Untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak tanpa melakukan promosi. Anda bisa melakukannya mulai dari memberikan pelayanan terbaik dalam setiap konsumen anda. Ada kemungkinan bahwa konsumen anda akan melakukan pemesanan jasa anda secara tetap dan lebih sering untuk membersihkan rumah anda serta merekomendasikan layanan anda yang premium kepada teman teman nya.

Untuk promosi, bisa melalui sosial media semisal instagram, buatlah postingan yang menarik beserta testimoni pelanggan anda, hasil pembersihan, dan postingan postingan menarik lainnya. Selain instagram, promosi juga bisa dengan membuat halaman facebook dengan melakukan postingan yang menarik. Untuk terlihat lebih profesional kita bisa membuat web site yang bagus, jika modal terbatas, cukup membuat web site model landing page.

Gunakanlah seragam khusus dan hal hal detail lainnya yang membuat anda terkesan profesional walaupun belum mempunyai kantor khusus, rasanya sangat sedikit pelanggan yang ingin datang langsung ke kantor untuk memesan suatu layanan pembersihan, penulis beranggapan pelanggan biasanya akan langsung menelpon anda atau menghubungi anda lewat whatsapp untuk memesan layanan. Tentu hal ini bisa mengurangi biaya modal awal untuk membuat kantor yang profesional.

Jika modal dirasa sangat terbatas, alangkah baiknya menjadi partner jasa pembersih lain semisal go Clean. Setelah dirasa mengetahui seluk beluk pasar dan memiliki cukup rasa percaya diri. Perlahan lahan mulailah bangun brand anda sendiri sehingga usaha anda bisa lebih berkembang.

Jangan lupa, dalam bisnis ini yang terpenting adalah kepercayaan, jangan sampai ada kejadian pencurian atau rusaknya barang pelanggan di tangan anda atau karyawan anda. Karena tidak hanya reputasi anda yang akan rusak, tetapi akan mendapatkan hukuman dari pihak yang berwajib.



Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah
Pastikan perlenkapan anda lengkap

Step 3: Simulasi  

Modal Awal

Item
Harga
Peralatan pembersih
Rp 2.000.000
Vacuum cleaner
Rp 700.000
Total
Rp 2.700.000

dengan biaya penyusutan 3 persen, kurang lebih 80 ribu per bulan

 Biaya Operasional

Item
Harga
Bahan kimia pembersih
Rp 800.000
Biaya penyusutan
Rp 80.000
Biaya promosi
Rp 200.000
Biaya lain lain
Rp 100.000
Total
Rp 1.180.000

Omset 

Per hari 3 jam bekerja, setiap jam dipatok 50 ribu rupiah, setiap bulan ada 15 pemesanan.
3 x 50.000 x 15 = Rp 2.250.000

Keuntungan 

Omset - Biaya Operasional = Rp 2.250.000 - Rp 1.180.000 = Rp 1.070.000 per bulan

Kesimpulan


Kebutuhan yang tinggi akan jasa ini membuat layanan ini berpotensi untuk dijadikan bisnis. Tetapi ha tersebut berbeda beda untuk setiap daerah. Ada yang memiliki permintaan yang tinggi ada yang tidak. Untuk itu lebih baik melakukan test pasar secara cermat untuk melihat pasar yang sesungguhnya.

isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Ide Bisnis Jasa Cleaning Service / Pembersih Rumah"