Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Vitamin bagi Tubuh

Fungsi Vitamin
Fungsi Vitamin

Fungsi Vitamin bagi Tubuh


Vitamin merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan manusia untuk hidup sehat. Vitamin beserta zat zat lain bekerja sama saling melengkapi untuk menjaga tubuh kita, dari berbagai penyakit yang mengancam.

Vitamin berasal dari buah buahan, sayur sayuran, atau di produksi oleh tubuh melalui sinar matahari. Serta pada jaman modern ini, fungsi buah dan sayuran sudah bisa diganti dalam hal menyedakan vitamin dengan suplemen vitamin.

Tentu kita sering mendengar kata kata vitamin. Mulai dari macam macam jenisnya, vitamin a, vitamin b, vitamin c, dan sebagainya. Tetapi apakah kita mengetahui fungsi masing masing dari vitamin tersebut. Berikut pembahasannya.

Daftar isi:
  1. Vitamin A
  2. Vitamin B
  3. Vitamin C
  4. Vitamin D
  5. Vitamin E
  6. Vitamin K

1. Vitamin A


Manfaat Vitamin A bisa didapat dari Wortel


manfaat vitamin a ada beberapa macam, yang pertama adalah untuk kesehatan mata, mulai dari meningkatkan pigment pada retina mata hingga kesuluran organ mata itu sendiri. manfaat vitamin a lainnya adalah memungkinkan untuk membuat tubuh tampak lebih muda dengan mengurangi resiko penuaan. manfaat vitamin a yang ketiga adalah membantu kesehatan kulit dan memperbaikinya. Membuat kulit tampak lebih sehat dan terasa lebih muda. manfaat vitamin a yang keempat adalah menjaga kesehatan tulang, gigi, dan jaringan tubuh. manfaat vitamin a yang kelima adalah menjaga sistem imun agar tetap sehat.

manfaat vitamin a ini bisa hilang jika kita mengkonsumsinya berlebihan, secukupnya saja tanpa melewati batas yang dianjutkan. Maksimal 25.000 IU per hari. Dibawah nilai itu manfaat vitamin a masih bisa didapatkan

Beberapa sumber vitamin a diantaranya : Wortel, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap


2. Vitamin B


Fungsi Vitamin B bisa didapat dari Ikan

Vitamin B bukan hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi ada beberapa macam vitamin dalam Vitamin B. Dan masing masing jenis Vitamin B memiliki manfaat dan fungsi vitamin b nya yang berbeda beda.

fungsi vitamin b 1 thiamin penting untuk menjaga fungsi dan kesehatan organ, termasuk organ jantung dan otak.

fungsi vitamin b 2 riboflavin berfungsi untuk memecah lemak dan obat

fungsi vitamin b 3 niacin memiliki peran untuk menjaga kulit, saraf, dan pencernaan menjadi lebih baik.

fungsi vitamin b 5 asam pantothenic penting untuk kebutuhan otak dan jaringan saraf

fungsi vitamin b 6 pyridoxine membantu tubuh membuat sel darah merah baru yang membawa darah keseluruh tubuh. fungsi vitamin b 6 lainnya adalah menjaga sistem imun tetap kuat

fungsi vitamin b 7 biotin sangat bagus untuk rambut, kuku, dan fungsi saraf

fungsi vitamin b 9 asam folic berguna untuk mencegah resiko kelahiran pada ibu hamil

fungsi vitamin b 12 cobalamin dibutuhkan tubuh untuk jaringan saraf dan sel darah

fungsi vitamin b kompleks secara garis besar, bisa membantu untuk mencegah migrain, depresi, luka pada kulit dan mempercepat penyembuhannya, dan berguna untuk ibu hamil.

Beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin b diantaraya adalah ikan, daging, susu, keju, yoghurt, jamur, kacang dan beberapa sereal.


3. Vitamin C


Fungsi Vitamin c bisa didapat dari Jeruk


VItamin c adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh, dan tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin ini. Kebutuhan dosis untuk mendapatkan fungsi vitamin c yang optimal adalah 75 mg untuk perempuan dan 90 mg untuk laki laki.

Beberapa fungsi vitamin c yang pertama adalah mampu mengurangi resiko penyakit berbahaya. Karena vitamin c mampu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah sampai 30 persen.

fungsi vitamin c yang kedua adalah mampu mengendalikan tekanan darah tinggi pada orang yang mengkonsumsinya. Jika anda mengalami tekanan darah tinggi tentu sangat beresiko mendapatkan penyakit lainnya.

Yang ketiga vitamin c memiliki fungsi menurunkan resiko penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi vitamin c secara rutin per hari, mampu mengurangi resiko hingga 25 persen

fungsi vitamin c yang keempat mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan memori mengingat pada manusia. Dan beberapa fungsi lainnya

Vitamin C biasanya dapat ditemukan di buah buahan seperti jeruk, stroberi dan pepaya.


4. Vitamin D


Fungsi Vitamin D bisa didapat dari Sinar Matahari


Sebenarnya meskipun dinamakan vitamin D, senyawa ini merupakan prohormone. Karena definisi vitamin adalah nutrien yang tidak bisa dibuat tubuh secara mandiri, sedangkan vitamin D adalah nutrien yang bisa diproduksi tubuh dengan bantuan sinar matahari.

fungsi vitamin d yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang karena berguna menjaga regulasi kalsium dan level fosfor dalam darah.

fungsi vitamin d yang kedua adalah dipercaya mampu melindungi tubuh dari serangan virus influenza. Walaupun beberapa penelitian lanjutan masih terus dijalankan untuk memastikannya

fungsi vitamin yang ketiga adalah menjaga kesehatan anak anak. Karena dipercaya mampu mengurangi resiko alergi pada anak.

fungsi vitamin d yang keempat adalah membuat ibu hamil menjadi lebih sehat


5. Vitamin E


manfaat vitamin e didapat dari Bayam

Setidaknya dibutuhkan 15 miligram vitamin e untuk menjaga kesehatan bagi orang orang yang berusia diatas 14 tahun. Ibu menyusui diperkirakan membutuhkan lebih banyak vitamin e yaitu sebanyak 19 mg.

manfaat vitamin e diantaranya adalah melindungi sel karena berguna meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Yang kedua manfaat vitamin e adalah mampu melindungi kesehatan penglihatan dan mengurangi resiko katarak. Dan ketiga manfaat vitamin e adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin e, anda bisa mengkonsumsi kacang kacangan dan beberapa tumbuhan berdaun seperti bayam dan brokoli



6. Vitamin K



Vitamin K diketahui dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga kepadatan tulang, osteoporosis, kemampuan kognitif pada usia lanjut, kesehatan jantung. Vitamin k bisa ditemukan pada kedelai, telur, bayam, dan anggur.


isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Fungsi Vitamin bagi Tubuh"