Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensinya

Besaran Pokok dan Besaran satuan
Besaran Pokok dan Besaran satuan


Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensinya

Pada artikel ini akan dibawah pengertian besaran pokok, pengertian besaran turunan, contoh besaran pokok dan turunan, serta satuan besaran turunan.

Mempelajari hal ini merupakan hal yang paling utama sebelum melanjutkan pelajaran fisika selanjutnya, karena pengertian dan implementasi nya akan digunakan terus selama mempelajari fisika, terutama agar bisa memperlajari rumus fisika SMA

Pendahuluan



Pendahuluan Besaran Pokok dan Besaran satuan
Dalam mengukur sesuatu, tentu kita harus mempunyai standar dalam pengukurannya, untuk mengukur suatu besaran tentu tidak sama penggunaan standar pengukurannya. Maka setiap hasil dari pengukuran besaran fisika ini mempunyai standar yang unik. Sehingga munculah istilah satuan, Satuan adalah nama unik yang merupakan standar pengukuran suatu besaran fisika.

Misalnya jika kita mengukur suatu panjang, satuan unik yang digunakan adalah Meter, tentu tidak bisa digunakan standar unik dari besaran fisika lain seperti berat, yaitu kilogram atau besaran waktu yaitu detik.

Tanpa satuan tentu akan membuat kita bingung besaran apa yang sedang kita ukur, misal kita mengukur panjang jalan tanpa satuan, dan dicatat dalam angka, maka kita akan bingung standar panjang jalan tersebut bisa jadi dalam satuan kilometer atau dalam satuan meter atau satuan senti

Berikut awalan untuk satuan dalam SI:

Faktor
Awalan
Simbol
10²⁴
yotta
Y
10²¹
zetta
Z
10¹⁸
eksa
E
10¹⁵
peta
P
10¹²
tera
T
10
giga
G
10
mega
M
10³
kilo
k
10²
hekto
h
10¹
deka
da
10¯¹
desi
d
10¯²
senti
c
10¯³
milli
m
10¯
micro
μ
10¯
nano
n
10¯¹²
pico
p
10¯¹⁵
femto
f
10¯¹⁸
atto
a
10¯²¹
zepto
z
10¯²⁴
yokto
y
  
Tentu kita menyadari bahwa besaran fisika itu sangat banyak sekali, maka persetujuan internsional menetapkan besaran fisika yang menjadi standar acuan untuk digunakan mengukur besaran lainnya. Maka munculah istilah besaran pokok.

Pengertian Besaran Pokok dan contohnya


Pengertian Besaran Pokok, Besaran pokok adalah besaran dasar yang berdiri sendiri, tanpa menurunkannya dari besaran besaran lainnya. Besaran ini merupakan standar yang ditetapkan oleh komunitas internasional.

Besaran pokok ini telah ditetapkan, dan menjadi besaran dasar sebagai penyusun dari besaran turunan.

Besaran pokok menggunakan suatu standar yang digunakan, standar ini disebut dengan standar pokok, standar pokok harus seragam di manapun pengukuran dilakukan. Jika mengukur 1 kg massa di tempat A maka di tempat B standar yang digunakan harus sama.

Besaran pokok dapat ditunjukan dengan dimensi, dengan dimensi ini suatu besaran fisika akan mudah ditentukan dari besaran pokok apa ia tersusun

Contoh besaran pokok dan dimensinya

Besaran Pokok
Satuan
Dimensi
Panjang
m
[L]
Massa
kg
[M]
Waktu
s
[T]
Arus listrik
A
[I]
Suhu
K
[e]
Intensitas
cd
[j]
Jumlah zat
mol
[N]

 
Dari ke tujuh besaran pokok diatas, semua besaran fisika lain bisa tersusun atas satu atau lebih dari beberapa nilai besaran pokok tersebut.
Penjelasan
Nama satuan m adalah meter
Nama satuan kg adalah kilogram
Nama satuan s adalah second
Nama satuan A adalah ampere
Nama satuan K adalah kelvin
Nama satuan cd adalah candela
Nama satuan mol adalah mol

 
Kuat Arus listrik tentu berbeda dengan besaran pokok massa atau panjang


Pengertian Besaran Turunan dan contohnya


Besaran turunan adalah besaran fisika yang diturunkan dari besaran pokok. Besaran turunan biasanya terdiri dari beberapa besaran pokok penyusun.

Untuk memudahkan melihat penyusun besaran turunan tersebut, biasanya menggunakan dimensi dari besaran pokok untuk lebih memudahkan

Dengan adanya dimensi, kita bisa mengetahui besaran turunan tersebut apakah setara dengan besaran pokok penyusunnya

Berikut adalah beberapa besaran turunan dan dimensinya

Besaran Turunan
Satuan
Dimensi
Luas
m²
[L]²
Volume
m³
[L]³
Kecepatan
m/s
[L][T]¯¹
Percepatan
m/s²
[L][T]¯²
Daya
W = j/s atau kg.m²/s³
[M][L]²[T]¯³
Usaha
J=N.m atau kg.m²/s² 
[M][L]²[T]¯²
Tekanan
Pa=N/m atau kg/m.s²
[M][L]¯¹[T]¯²
  
Demikian lah penjelasan mengenai besaran pokok beserta satuan, besaran turunan beserta satuan, dan penjelasan dimensi besaran pokok serta dimensi besaran turunan.
isyana media
isyana media IsyanaMedia mempunyai Tujuan untuk memberikan sumber informasi yang bermanfaat, akurat, berdasarkan fakta, dan berusaha selalu berimbang dalam pemberitaannya.

Posting Komentar untuk "Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Dimensinya"